KLUB BURUNG INDONESIA

Perawatan Ciblek

Siapa tidak tahu burung Ciblek , si kecil cabe rawit ini kini menjadi pujaan hati para kicau mania , siapa yang tidak jatuh cinta begitu mendengar suara tembakannya ( ngebren ) yang rapat dan berirama cepat itu .. Yup! Ciblek kini menjadi burung nomor satu di kelas menengah sejajar dengan burung burung macam tledekan dan decu , Namun memelihara ciblek ternyata gampang - gampang susah , tapi dengan perawatan yang maksimal dan tanpa melupakan makanan utamanya yaitu kroto dan binatang kecil seperti jangkrik atau belalang kecil akan bisa membuat burung ciblek kita menjadi jagoan di arena - arena lomba . 

Membedakan Ciblek Jantan dan Betina.

Burung Ciblek jantan ataupun betina bisa diketahui dari fisik dan warna paruh bagian bawah , hal ini berlaku juga untuk perenjak dan burung - burung jenis PRINIA . Untuk burung jantan yang masih muda perhatikan pada bagian bawah paruhnya yang berwarna putih apakah ada bagian ujung paruh yang berwarna hitam , karena jika ujung paruhnya berwarna hitam maka sudah dipastikan burung tersebut adalah burung ciblek muda jantan, sedangkan yang betina bagian bawah paruhnya berwarna putih polos. Untuk jantan dewasa bagian bawah paruhnya berwarna full hitam dan mata yang memerah menandakan bahwa burung tersebut sudah dewasa. Perbedaan Jantan dan betina juga bisa diketahui dari suara yang dikeluarkan burung ciblek tersebut , seperti misalnya burung jantan akan mengeluarkan suara yang bervariasi namun monoton dengan tembakan ciri khasnya ' ciklak .. ciklak .. ciklak ' dan biasanya diselingin dengan tembakan rapat ' crecetetet... " dan burung jantan akan langsung bereaksi begitu melihat burung lain sesama jenisnya. sedangkan burung betina bersuara monoton dan hanya membalas tembakan dari sang jantan 'ciap..ciap..ciap' dan sering bersuara memanggil ' ci .. ci.... ci ' . 

Bagaimana jika kita mendapatkan burung ciblek yang baru ditangkap dari hutan. tentunya agak susah karena burung tersebut masih belum terbiasa makan voer , juga karena tingkat stres yang tinggi sehingga kerap membuat burung ciblek yang baru kita dapatkan menjadi susah makan sehingga akibatnya menjadi fatal. burung akan sakit dan mati. 
Untuk mengatasi masalah tersebut , hal pertama yang harus kita lakukan saat baru mendapatkan burung ciblek yang masih liar adalah dengan memberikannya full kerodong untuk hari pertama dengan tidak lupa memasukan makanannya seperti kroto dan ulat hongkong kedalam cepuk makanannya. tujuannya agar burung tersebut belajar terbiasa makan dari cepuk makanan yang sudah kita sediakan. 
hari kedua setelah burung agak tenang , kita buka kerodongnya dan kita rawat dengan cara - cara berikut ini : 
Hari Pertama masukan Voer halus kedalam cepuk makanannya jika tidak punya voer halus ( voer yang biasa  / voer ayam di giling dengan blender ) taburi kroto secukupnya diatas permukaan voer tersebut dengan perbandingan 3:1 kroto 3 sendok dan Voer 1 sendok kecil. 
Hari kedua masukan voer basah (yang sudah dicampur dengan air bersih) kedalam tempat makanannya lalu tamburi permukaannya dengan kroto dengan perbandingan 3:2 kroto 3 sendok dan Voer 2 sendok kecil. 
Hari ketiga masukan kembali voer basah kedalam tempat makanannya dan kali ini kroto di aduk aduk bersama voer basah dan taburi kroto diatasnya . 
Hari keempat masukan kembali voer basah dan aduk dengan krotonya .. cuma kali ini jangan taburi kroto diatas permukaannya biarkan voer dan krotonya tercampur. 
Hari kelima masukan voer kering lalu aduk dengan kroto. 
Hari keenam berikan voer kering dengan campuran krotonya dan siapkan satu buah cepuk lagi untuk menaruh kroto di tempat terpisah. jadi total ada 3 tempat makan dan minuman didalam kandangnya. 
Berikutnya anda bisa memisahkan tempat untuk voer halus dan tempat untuk kroto, dengan harapan jika kroto habis maka si burung akan mau makan voer halus yang suidah disediakan dalam tahap ini anda bisa menggunakan voer halus dengan merek yang biasa anda pakai. 
Untuk mengetahui apakah burung anda sudah murni makan voer atau belum bisa diketahui dari kotoran burung tersebut yaitu jika kotorannya sudah membentuk dan berwarna kehijauan berarti burung anda sudah full makan voer tetapi jika kotorannya masih berupa cairan dan bercampur hijau dan putih beraarti anda tinggal selangkah lagi menerapkan metode diatas. Ok! 
Yang terpenting adalah biarpun burung anda sudah murni makan Voer jangan sekali - kali melupakan kroto dan jangkrik kecil ! karena kroto dan jangkrik kecil adalah makanan utama dari burung sejenis ciblek. panduan lain bisa dibuka disini

RAWATAN HARIAN BURUNG CIBLEK


Burung Ciblek adalah burung yang senang berpanas - panasan , jadi usahakan agar burung tersebut terkena sinar matahari paling lama 2 s/d 3 jam untuk daya tahannya. Setelah dijemur anda bisa menggantang di tempat yang sejuk. 
Jika dirumah anda terdapat beberapa jenis burung ciblek maka usahakan agar mereka tidak saling melihat satu sama lain karena dikhawatirkan akan membuat salah satunya menjadi Drop atau malah semuanya menjadi tidak berbunyi. jadi jika anda mempunyai banyak burung kicauan dirumah anda maka tempat gantangannya pun bisa diselang seling dengan burung lain agar ciblek tidak saling melihat satu sama lainnya, ingat ciblek adalah burung tempur yang akan bereaksi begitu melihat lawan jenis / sesama jenis. juga usahakan jika anda memelihara burung sejenis cendet/pentet jauhkan kandangnya dari kandang ciblek anda karena burung cendet/pentet akan langsung menyambar dan ini bisa mengakibatkan ketidak nyamanan bagi burung ciblek. ingat ciblek adalah makanan utama cendet di alamnya . @ariesmunandi
internet, sim card, hp

30 komentar :

tunggal said...

om,,,saya punya ciblek tp bunyinya cm pagi/semaunya....gmn yh biar gacor...
padahal saya jg ada ciblek betina tp tetep aja ga mau gacor..

Bagas_Adenk82yaho.co.id said...

gan saya punya cb 3 ada 1 yg ga gacor gimana ya biar gacor
pdhl di pisah bahkan ngga kelihatan.....makasih gan

Apit Suheri said...

Terima kasih atas informasinya, semoga bermanfaat bagi saya yang baru saja menggemari burung cikblek.

Anonymous said...

Hidup

dhe2 said...

bos ane mau nanya nie,master buat ciblek apa???terus ciblek ane jarang bunyi skrng2 nie padahal udah ngebren,ga pernah di track juga karna masi muda.mohon bantuannya

Amierqhasmier said...

Maaf bang ane punya ciblek dah nggacor,tapi suaranya gak kurang keras ,gimana bang solusinya,makasih.

Anonymous said...

Ciblek (Kcici) mmg burung kecil bersuara besar dan melengking aplg kalo ngebren buat sakit telinga, brung bakalan jenis lain pada brhenti blajar bunyi. I love you so much Chinmi (9 tahun).

Anonymous said...

bng ane pny ciblek yg msh liar... ...,gman crny supany bisa gacor.. boleh g di kasih vit yg untk gacor..maksih sblumny..

Anonymous said...

Ciblek cebok

resthu said...

bang,,ku pngen ciblek ku kicauan breenn nyq mnjdi smpurna dan volume suara jdi stbil,,gmna cra nyaa bang,,tlong kasih ku msukan trhadap prwatan ciblek ku/ si jago ayu,,mkasihhhhh

DeN Toto said...

Saya punya ciblek, muda bakaln sudah makan voer total, sdh satu minggu ini belum keluarin bunyinya, padahal perawatan sdh sesuai pakemnya. gimana biar cepet bunyi ? selain itu saya jg punya prenjak dan cendet yg sdh gacor, apa karena burung gacor tersebut, ciblek bisa jadi down ?

MENGENAL CIBLEK SI KECIL CABE RAWIT said...

nice info gan, ane juga pernah nih maha burung yg satu ini

blue gaz jember said...

suara masteran apa yg pas buat ciblek kristal ya om?

OD said...

Sangat suka dengan karakter burung ini, selalu terlihat enerjik dan mantab dengan body tubuhnya.
karater suaranya yang khas juga nyaring terdengar.

aderoy said...

saya pnya ciblek kristal,,,tadinya gacor gara2 jatoh jd stres,,gmana ya om biar gacor lg...thanx

muji yanto said...

gan saya punya ciblek tapi masih liar n ngak mau diem,
supaya cepet makan voer gmna ea....????
mohon jawaban nya....

Anonymous said...

Ciblek punyaku gacor,tp kok gmw tarung.knp y?

john said...

bos gmna ni ciblek saya .. kok kyak mbalon gtu yach .. alias bdny tu kyak kdinginan gt loh

pemeliharaan mesin said...

terimakasih atas tipsnya

security services said...

gimana caranya membedakan betina sama jantan pak?

Armstrong Indonesia said...

burung saya udah 2 bulan lebih kok masih aja liar ya pak?

motivator indonesia said...

semoga bermanfaat pak

sipanjang said...

Gan ciblek sy g mau berkicau j tuh... Gimana gan.

Anonymous said...

harga ciblek berapaan ya? soalnya sy ditawari hrganya 25rb, kmahalan gk? umurnya msh muda, msh rmaja..

Anonymous said...

Numpang jualan gan
saya ada ciblek udah jadi PIKAT.
dan udah pernah di latber masuk terus
minat Hub di FB Budenx MPC

Jihan Safira said...

om sy mo nanya,sy pnya ciblek semi bhn,gmn y biar cpt bunyi ngrwt ny,ama jngkrik blh di ksih?,tlg solusi nya y..

trisno said...

info nya sangat bermanfa'at gan.thxs

Mohamad Yahdi Rosyadi said...

Sekarang bahkan ciblek, prenjak, burungn kacamata pun sudah sulit ditemui di pepohonan di tengah kota. Sekitar thn 80-an, masih banyak ciblek, prenjak, burung kacamata beterbangan di pohon mangga di halaman rumah saya yang berada di tengah2 kota cirebon. Sekarang??? Ke mana perginya mereka? Dalam sangkar?? Menjadi burung pengisi suara muray, anis, kacer??? Ulah siapa ini?? Dua tiga tahun lagi pun anis, kacer, tledekan dll akan habis di alamnya. Hutan kita akan sepi dr kicauan burung...

Yudi Sebilla said...

om..mo nanya, boleh dimandikan gak burung ciblek tsb..Tks

tunablebird.blogspot.com said...

ciblek yang rontok perawatannya gmana ya?

Post a Comment