KLUB BURUNG INDONESIA

Seputar Ulat Hongkong ( UH ) untuk ciblek

Bicara seputar burung ciblek / perenjak kayaknya gak bakalan ada habis-habisnya, burung kecil ini memang menjadi idola baru kicau mania. ulasan dan perawatannyapun sudah ditulis disini, hanya saja banyak yang bertanya tentang masalah UH ( Ulat Hongkong ) pengaruhnya terhadap burung sekelas Ciblek / perenjak. 
Ulat Hongkong adalah ulat yang berdarah panas mungkin karena makanannya yang selalu diberi Voer dan juga karena kulitnya yang kasar. lalu apa akibatnya kalau burung ciblek diberikan UH secara berlebihan ? 
Tergantung situasi dan kondisi tempat dimana anda berada, biasanya menjelang musim hujan UH ramai digunakan oleh kicaumania untuk menghangatkan burungnya dikala kedinginan dimusim hujan, lalu begitu musim kemarau / panas tak satupun dari kicau mania memberikan UH kepada burung kesayangannya tersebut. 
Sangat dimaklumi karena sifat UH yang panas bisa membuat mata burung ciblek / perenjak katarak atau bahkan meletus seperti yang pernah saya alami. tapi ada beberapa tips ringan seputar UH yang aman untuk burung sekelas ciblek. yaitu :
  • Pilihlah UH yang berkulit putih / baru berganti kulit. 
  • Biasakan memotong terlebih dahulu kepala UH sebelum memberikannya ke burung anda.
  • Selang-seling makanan untuk UH ( jangan terlalu banyak memberikan Voer untuk UH tapi bisa juga diberikan sayur-sayuran semacam sawi untuk mengontrol sifat panas tubuh dari UH agar aman untuk burung kita ) 
Akhirnya langkah terbaik mengenai pemberian UH kepada burung kita kembali kepada kita sebagai pemilik burung, apakah memang burung kita membutuhkan UH atau sudah cukup dengan Kroto dan serangga lainnya. kalaupun kita ragu kita bisa menjalankan metode berikut untuk rawatan harian burung kita, yaitu memberikan UH 2 ekor dipagi hari dan 1 ekor di Sore hari . berikan UH seminggu 3 kali. dan kalau ditempat anda banyak UK ( Ulat Kandang) apa salahnya digunakan sebagai pengganti UH untuk burung anda.
sebenarya untuk burung sejenis ciblek ataupun perenjak pemberian UH tidaklah begitu diperlukan karena kandungan mineral dan protein yang dibutuhkan oleh burung sudah terdapat dalam Kroto dan Jangkrik kecil, karena itulah saya lebih memprioritaskan pemberian kroto dan jangkrik untuk ciblek / pernjak agar lebih gacor dan sehat sepanjang hari.


4 komentar :

Anonymous said...

mhn bantuan bagaimana cara menumbuhkan ekor ciblek?

Anonymous said...

sambung pake lem......

bothie_almighty said...

ƗƗɑ╋╋ムƗƗɑ╋╋ムƗƗɑ╋╋ムƗƗɑ╋╋ム
ƗƗɑ╋╋ムƗƗɑ╋╋ムƗƗɑ╋╋ムƗƗɑ╋╋ム
ƗƗɑ╋╋ムƗƗɑ╋╋ムƗƗɑ╋╋ムƗƗɑ╋╋ム
Setuju...

Anonymous said...

sambung pake bulu jembut azza

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...