KLUB BURUNG INDONESIA

jangan manjakan pentet anda

Buat agan-agan semua tentu tahu burung Pentet , cendet atau toet adalah burung yang menarik untuk di pelihara, selain karena suaranya yang nyaring juga keindahan bulunya. burung ini termasuk jenis yang mudah beradaptasi seperti halnya dengan burung kutilang ( cangkurileung ) dan trucukan ( jogjog) .
Burung ini termasuk burung predator yang selain memakan serangga burung ini juga memangsa burung - burung kecil sekelas emprit ,kacamata ,prenjak dan malah anakan ciblek kadang juga memangsa kadal ataupun binatang kecil lainnya. karena nafsu makannya yang begitu besar membuat burung ini cepat manja. dan akan lebih manja lagi jika kita selalu membiasakan memberi makanan langsung dari tangan ke burung ini.celakanya lagi ternyata bukan hanya burung muda yang bisa terkena penyakit manja ini burung dewasa yang sudah jadipun cepat menjadi manja dalam waktu sekejap apabila kita sengaja memberikan makanan kesukaannya lewat tangan kita ke burung ini. jadi jangan biasakan memberi makan burung ini langsung dari tangan anda! karena jika pentet kita menjadi manja maka burung ini akan menjadi malas bersuara dan akan langsung turun begitu melihat yang empunya.. tentunya hal ini berpengaruh pada kualitas dari burung tersebut. tapi kalau anda memang lebih menyenangi burung ini untuk bermain-main dengan anda karena kemanjaannya , anda bisa melewati tulisan dibawah ini :)



Lalu bagaimana mengatasi burung pentet yang terlanjur manja ( berbunyi ngek-ngek sambil sayapnya ngleper jika melihat orang). 
  • Hal pertama adalah memberi rasa takut pada burung ini ,jangan khawatir burung ini akan stress ,justru kemanjaannya malah membuat pemiliknya bertambah stress :P . Caranya dengan menyemprotkan sprayer yang sebelumnya di isi dengan air bersih yang sudah disimpan dalam lemari es ( bukan freezernya )  pada burung ini setiap kali burung ini turun dari tangkringannya dan merengek meminta makanan pada kita. lakukan berulang kali setiap hari. jika kita ingin memberinya EF semisal jangkrik kita bisa memberi cepuk makan tambahan untuk jangkrik atau serangga lainya, dan masukan makanannya hanya diluar kandang ! lalu masukan kembali cepuk berisi makanan/EF ke kandangnya.
  • Hal kedua adalah mengkarantina burung ini dari pandangan kita. kita bisa menempatkan burung ini di belakang rumah atau tempat lain yang jarang orang lewati. 
  • Hal ketiga adalah full krodong .
  • Hal ke empat adalah kombinasi dari semua cara diatas . 



Dan menurut pengalaman saya burung pentet manja akan kembali berangsur normal dalam waktu beberapa minggu jika kita telaten memberi terapi tersebut diatas . Jadi jika cara - cara tersebut tidak mempan untuk pentet anda, mungkin sudah saatnya anda mengiklaskan pentet anda berpindah tangan , hehehe 
semoga berhasil dengan perawatan pentetnya.

20 komentar :

Anonymous said...

saya baru beli cendet anakan kemarin. belum bisa makan sendiri, jadi saya bantu makan jangkrik pake tangan. cuma saya gak tahu berapa kali dalam 1 hari memberinya makanan? dan sekali makan berapa ekor jangkrik yang diberikan? dan bagaimana caranya agar cendet saya cepat bisa makan sendiri?
thanks utk yg sedia jawab

Anonymous said...

2 jam sekali aja jangkrik ny 2 ato 3 ekor. .
Biasanya kalo ekornya udah agak panjang bs dilatih bwt mkan sndiri gan. .
Taruh aja jangkriknya di cepuk, nanti kalo laper bkal di patuk kok. .

Ari Azzadip said...

01,kalau di kasih kaca gimana karena banyak teman bilang begitu sama saya
02, bagaimana perawatan cendet mulai piyek sampai dia dewasa

Anonymous said...

gan setelah ane coba cendet malah krisis mau mati tuh....Waduh..knapa ya???

Derry said...

burung toed sya ujung paruhnya agak bengkok x, kira - kira bisa normal lagi ga?

Anonymous said...

PENTETKU BAGONG I

satwa bird said...

sy pelihara cendet dari trotolan,, sudah terlanjur manja dan akan turun klo melihat orang...apakah klo siang cendet boleh di taruh di tempat gelap???

Hudaya Anwar said...

pentetku gacor lek

bambang sulaksono said...

Punya artikel tentang kenari gan +cara penangkaran yang sudah terbukti berhasil,trimakasih

Anonymous said...

pentetku dah laku 150rb

puguh setiawan said...

JenggotQ ucul

Anonymous said...

Masteran apa yang paling gampang d tiru ma toet gan...?? Punya 3 bahan semua, toet madura...

eko dipo said...

beri contoh gambar peerbedaan antara cendet jantan & betina.

Anonymous said...

pantek tu pentet kagak mau diem,lama lama tak banting,stressss gwe,pentet pentet tolong lah hibur diriku

Anonymous said...

pentet gwe liat cewek malah salto mulu,knapa ya?

Anonymous said...

pentetmu genit mas...sirem air panas saja biar kagak salto .....oke.

Anonymous said...

I blog frequently and I genuinely thank you for your information.
Your article has really peaked my interest. I'm going to bookmark your blog and keep checking for new information about once per week. I subscribed to your Feed as well.

Feel free to visit my web-site checkweigher

aris miyung said...

gan knpa klo pentet manja gak mau ngceh..???

Anonymous said...

saya pelihara trotolan pentet,baru satu bulan,dua hari kebelankang,dia suka muter2 lari didalam kandang seperti mengejar serangga kecil padahal tidak ada serangga,mohon pencerahannya.

Anonymous said...

Bagaimana cara menghilangkan suara nyik-nyik pada burung pentet...

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...