Beberapa faktor yang menentukan anis merah tampil maksimal

12/12/2011
Rawatan harian anis merah agar tetap tampil maksimal dilapangan kuncinya ada pada perawatan burung ini oleh pemiliknya, jika kita membeli burung ini dari pemilik sebelumnya maka tanyakanlah bagaimana rawatan harian yang sering diterapkan kepada burung ini. Burung Anis Merah bagaimanapun memiliki karakter dan masing-masing sifat yang berbeda dan itu menjadi sebuah tantangan bagi kita bagaimana mengetahui karakter dan sifat burung kita agar bisa diperoleh rawatan harian yang benar-benar memaksimalkan penampilan serta gaya dan suara burung Anis merah.
Selain dari rawatan harian, banyak faktor yang menentukan apakah burung anis merah akan bisa lebih optimal atau tampil maksimal, diantaranya adalah:
Penjemuran
Burung Anis Merah adalah tipe burung yang senang berada ditempat-tempat rimbun/sejuk biasanya dipinggir-pinggir sungai/kolam. Oleh karena itulah keadaan dialamnya sangat berbeda dengan keadaan di sekitar rumah kita yang notabene panasnya bisa bikin kita kegerahan. oleh karena itulah sangat dianjurkan untuk menjemur burung ini paling lama 1/2 jam sampai 1 jam sehari. walaupun ada beberapa penggemar burung ini yang menjemur burung anis merah mereka lebih dari satu jam dengan tujuan membiasakan diri dengan suasana di lapangan (kontes/latber). 


Pemandian
Mandi bagi burung anis merah adalah keharusan , oleh karena itulah diperlukan mandi setidaknya 1 kali selama setiap hari. karena mandi bagi burung anis merah bisa menenangkan mereka dan bisa menambah performa. 

Suara Burung Lain
Birahi burung ini sangat mudah dipengaruhi oleh burung - burung sejenisnya, oleh karena itulah anis merah lebih cepat naik birahinya dan kadang tidak terkontrol jika melihat ataupun mendengar ada burung anis merah lainnya. ada beberapa anggapan yang mengatakan bahwa  Cucak Ijo juga sanggup menaikan birahi dari burung ini, juga suara - suara dari burung yang mirip dengannya seperti Kacer dan tledekan. dan karena itulah banyak penggemar burung kicauan yang juga memelihara burung-burung ini dengan tujuan agar anis merahnya cepat ngeplong. 

The Bird Shed

Makanan 

Makanan Tambahan ( EF ) 


1. Buah - buahan ; Untuk mengontorl birahi anis merah dan juga untuk menjaganya dari kegemukan makanan tambahan berupa buah-buahan sangat cocok untuk diberikan, biasanya beberapa jenis buah-buahan yang lazim diberikan pada burung anis merah adalah: 
Pisang : diberikan sebagai penambah nutrisi serta karbohidarat untuk pertumbuhan burung muda.
Pepaya ; banyak kalangan meyakini pemberian buah pepaya ini juga bisa menurunkan birahi ataupun emosi dari siburung. juga tidak membuat kegemukan.
Apel ; ada juga yang mengatakan kalau buah ini bisa menaikan birahi dan menambah nyaring suara. makanya banyak penggemar anis merah yang memberikan buah apel selama beberapa hari sebelum diturunkan kelapangan.


2. Jangkrik ; Banyak diberikan untuk menguatkan suara ( Power  ) Anis Merah ( bukan mengencangkan suara )  disamping itu juga jangkrik ternyata mampu mempengaruhi birahi dan emosi dari anis merah, biasanya penggemar anis merah akan memberikan jatah jangkrik yang lebih menjelang turun kelapangan dibandingkan dengan jatah hariannya. 


3. Cacing ; Cacing biasanya diberikan untuk mengatur birahi dari anis merah, tetapi dampaknya akan menjadi berbeda jika kita terlalu sering memberikan cacing kepada burung anis merah kita, karena itulah disarankan untuk lebih dijarangkan pemberian cacing ini kecuali pada burung - burung muda karena biasanya burung muda masih belum memiliki birahi yang stabil dan emosi yang masih standar. 


4.  Ulat Bambu ; berfungsi untuk mendinginkan dan menurunkan birahi pada anis merah. 

5. Kroto dan Ulat Hongkong ; Untuk makan tambahan sejenis ini, sangat jarang penggemar burung ini yang memasukan ef ini kedalam menu makanan dari anis merah. mungkin karena efek yang ditimbulkan atau karena hal lainnya, semua berpulang pada anggapan masing-masing. 

Selain dari faktor diatas ada faktor lain yang juga menentukan keberhasilan dalam perawatan harian burung anis merah ini yaitu Kandang dan tangkringannya . ( bogor 2011)




Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait