KLUB BURUNG INDONESIA

Seputar Cucak Gunung

Cucak Gunung atau lebih populer disebut dengan Cucak wilis adalah burung kicauan dari suku Pycnonotidae [ Pycnonotus bimaculatus] dan dalam bahasa inggris dikenal dengan nama Orange-spotted bulbul ; mengacu pada bintik-bintik berwarna jingga di kepalanya.
Suara burung cucak gunung terdengar monoton karena lebih sering mengeluarkan suara aslinya dan mungkin karena hal ini pulalah burung cucak gunung kurang begitu populer di kalangan pecinta burung kicauan yang menyukai burung - burung yang bersuara variatif.
Cucak gunung seperti halnya kutilang dan trucukan, sangat mudah dalam perawatan karena makanannya yang gampang didapat dan tidak membutuhkan rawatan ekstra karena sifat dari burung-burung ini yang mudah jinak. 
Makanan cucak gunung adalah buah-buahan dan serangga, dan habitat burung ini di daerah-daerah pinggir hutan ataupun tempat terbuka di dalam hutan juga sering ditemukan pada pinggiran sungai di hutan. 
Penyebaran burung cucak gunung terbatas pada pulau Sumatera, Jawa dan Bali walaupun sekarang sudah sering ditemukan burung jenis ini di pulau lainnya. 
Rawatan harian burung ini hampir sama dengan rawatan pada burung sekelas cucak-cucakan. pemberian pakan dan buah-buahan serta Ekstra Fooding yang membantu menjaga stamina dan juga mandi serta jemur.

3 komentar :

bisnis tiket pesawat said...

burung apa tuh ?
kok baru pernah liat yah ?

aries said...

Di jawa barat orang menyebutnya cucak wilis.

Anonymous said...

ane punya 1 cucak gunung di rumah,beli cuma 50rb, kalo di jawa disebutnya rengganis,rajin bunyi,lumayan buat isi suara di rumah

Post a Comment