KLUB BURUNG INDONESIA

Cekakak Jawa : si gesit yang menawan

Burung Cekakak atau raja udang bahkan juga dikenal dengan nama tengkek adalah satu spesis burung yang menyebar di beberapa benua termasuk asia, afrika serta australia. Penyebarannya meliputi india hingga asia tenggara termasuk  sumatera dan kepulauan jawa.
Di indonesia sendiri terdapat sekitar 45 jenis dari burung raja udang ini dan yang paling populer adalah burung cekakak jawa [ Halcyon cyanoventris ] .
 Cekakak jawa banyak ditemukan di daerah - daerah  pinggiran sungai di hutan-hutan pulau jawa dan sumatera,  bulunya yang berwarna biru terang dengan bercampur sedikit warna hitam pada bulu sayap menjadi ciri khas dari warna burung cekakak jawa di tambah lagi dengan warna hitam pada kepala dan paruh berwarna merah membuat burung cekakak jawa begitu elok dan menawan.
cekakak jawa hampir sama dengan kerabatnya yaitu cekakak belukar [halcyon smynencis] perbedaanya yang paling menonjol adalah dari warnanya; cekakak belukar mempunyai warna coklat kemerahan dari kepala,leher,perut hingga pantat.
Burung ini termasuk jenis burung predator yang walaupun makanan utamanya berupa ikan, katak, belalang sering juga terlihat burung ini memakan kadal.
Burung ini bersarang di dalam sebuah lubang di pepohonan atau di lubang lubang yang berada di tebing-tebing pinggiran sungai, biasanya tebing yang dipilih mempunyai kemiringan antara 85-90 derajat dengan kedalaman sarangnya 30-50cm dengan ketinggian 5-15cm diatas permukaan air.

Sarang cekakak di tebing pinggir sungai
Burung ini bertelur 2 hingga 4 butir walaupun ada juga yang bertelur hingga 7 butir. pengeraman biasanya dilakukan selama 1 bulan dan dibutuhkan waktu 2-3 minggu untuk anakan burung cekakak untuk bisa terbang sendiri. 
Saat ini burung cekakak merupakan salah satu burung yang banyak dicari pecinta burung kicauan untuk dijadikan masteran bagi burung kesayangannya. suara cekakak yang ber'speed' cepat dan mengalun rapat dan nada di ujung yg menurun . 
suara burung cekakak ini bisa didengar disini; 



sumber :
wikipedia
forum national geographic indonesia
gambar : (c)andyswan | forum nasional geographic indonesia

0 komentar :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...