KLUB BURUNG INDONESIA

Makanan yang harus dihindari untuk burung kicauan

Memiliki binatang peliharaan semacam burung kicauan tentu adalah sebuah hobbi yang sangat mengasyikan, disamping bisa memandang burung kicauan kita yang berloncatan didalam sangkar dengan warna bulunya yang indah juga hal yang penting adalah kita bisa mendengarkan nyanyiannya. salah satu hal mengapa kita begitu menyenangi burung kicauan adalah pengalaman merawat burung bakalan menjadi burung jadi/gacor disitulah suka dukanya kita sebagai penggemar burung kicau, dalam merawat burung kadang kita begitu terlalu antusias untuk melihat burung kita cepat berkicau dengan memberikannya makanan atau juga buah-buahan yang tidak kita ketahui apakah makanan atau buah-buahan tersebut baik bagi burung kita. 
Dibawah ini adalah beberapa daftar makanan yang se'harus'nya dihindari sebagai pakan tambahan untuk burung yang diambil dari berbagai artikel dalam dan luar negeri : 

Keterangan : 
sebenarnya daftar makanan berikut dihindari pemberiannya untuk burung jenis paruh bengkok, akan tetapi bukan tidak mungkin makanan ini juga bisa mengganggu kesehatan burung jenis insectivora (pemakan serangga). 














ALPUKAT:  Buah alpukat sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh burung karena zat yang berada didalam buah ini bisa dengan cepat membunuh burung peliharaan anda, Alpukat bisa menyebabkan burung kehilangan nafsu makan sehingga membuat burung cepat mati, juga membuat jantung berdetak kencang serta nafas yang tersengal diselingi sesak nafas.










RHUBARB: tanaman ini memiliki akar pendek, daun dan batangnya berbentuk segitiga. Daunnya lebar dan beracun, namun batangnya nikmat disantap , tanaman ini mengandung sejumlah tinggi asam oksalat, zat yang beracun. Memasaknya tidak otomatis menghilangkan racun asam yang terkandung didalamnya sehingga harus dihindari pemberian sebagai makanan untuk burung anda.














ASPARAGUS: Bisa menyebabkan burung anda sakit perut.


KAFEIN: Jika diberikan pada burung bisa menyebabkan masalah jantung dan hiperaktivitas, burung menjadi semakin susah dikontrol karena burung menjadi tidak mau diam terkadang bisa menyebabkan burung mendadak gacor. pemberian makanan atau minuman yang mengandung kafein tidak dianjurkan kecuali kalau anda ingin burung anda bertingkah seperti itu.



BIJI BUAH: Seperti kita tahu bahwa buah-buahan adalah sumber asupan nutrisi untuk hewan peliharaan anda, namun biji-bijinya harus terlebih dahulu dibuang sebelum anda memberikan buah tersebut, ini meliputi buah-buahan sejenis apel, aprikot, ceri, nectarine, peach dan buah plum.


 
 










BAWANG MERAH DAN BAWANG PUTIH: Beberapa pakar burung merekomendasikan untuk menghindari pemberian bawang merah dan juga bawang putih untuk burung peliharaan.













COKLAT: Coklat mengandung senyawa yang disebut theoboromine, yang merupakan stimulan. Senyawa ini sangat mematikan bagi burung dan bisa menyebabkan gangguan jantung, depresi, kerusakan hati, kejang hingga kematian. Karena burung adalah binatang kecil maka secuil gigitan pada coklat bisa memberikan kematian bagi mereka.


 

  









GARAM DAN MAKANAN / MINUMAN YANG MENGANDUNG GULA BERLEBIH: Jangan memberikan burung anda makanan atau minuman yang dicampur dengan garam atau yang mengandung kadar gula yang berlebihan. bahkan untuk burung sejenis serindit pemberian garam bisa menyebabkan kematian. selain itu hindari pemberian makanan yang mengandung lemak tinggi. Makanan yang mengandung lemak tinggi bisa mengganggu kesehatan burung anda dan juga hindari pemberian acar karena acar mengandung garam yang tinggi. Jika anda memang harus menggunakan gula untuk burung anda maka gunakan secara bijak jangan sampai malah membuat burung anda menjadi tidak sehat.
  












 KACANG KACANGAN: Untuk burung berparuh bengkok sebaiknya hindari pemberian kacang ini, karena kacang tanah kadang mengandung zat beracun yang disebut aflatoksin, yang diyakini bisa menyebabkan kanker. Jika anda memang harus menggunakan kacang tanah sebagai makanan burung anda maka pastikan anda sudah terlebih dahulu mengupas 20% cangkangnya untuk menjamin tidak mengandung jamur dan tidak terkontaminasi. sebaiknya membeli kacang kacangan dari produsen yang memang khusus pakan burung bukan sebagai makanan manusia ,hal ini untku mengurangi tingkat kontaminasi aflatoksin.


semoga bermanfaat bagi kicau mania

0 komentar :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...