KLUB BURUNG INDONESIA

Seputar Jalak kerbau

Jalak merupakan jenis burung berkicau yang memiliki suara kasar dan keras dengan ragam variasi tembakan yang bisa juga dijadikan masteran bagi burung berkicau lainnya seperti Muray Batu. Banyak jenis-jenis burung jalak yang bisa dijadikan masteran seperti burung Jalak Suren, Jalak Putih, jalak Malaysia, Jalak Kebo, Jalak Cungko ataupun jenis-jenis dari keluarga jalak lainnya semacam Rio-rio dan lainnya.  

Untuk pembahasan kali ini kita akan mengulas tentang burung jalak kerbau atau yang lazim disebut jalak kebo. Burung Jalak kebo adalah jenis burung kicau yang tergolong dalam suku sturnidae dengan ukuran tubuh yang sedang, berukuran antara 20 cm - 30 cm. Jenis burung ini hidup berkelompok dalam jumlah antara 4 hingga 6 ekor dan bersuara bising. 
Bagi kalangan pecinta burung kicauan burung jalak kebo kurang mendapat perhatian khusus, Burung ini hanya dijadikan sebagai burung masteran karena variasi suara serta lengkingannya yang tajam. Tak begitu banyak penggemar burung yang memelihara burung jalak kebo ini, padahal burung ini sebenarnya adalah burung pintar yang bisa menirukan berbagai macam suara bahkan karena kepintarannya burung ini juga bisa menirukan suara manusia walaupun hanya sepatah-patah kata. Burung jalak kebo jika dipelihara lama bisa menjadi burung yang penurut seperti halnya burung kutilang ( cangkurileung ) , memelihara burung ini pun sangat mudah dan tidak merepotkan kita dalam hal pemberian pakannya. Burung jalak kebo bisa disebut sebagai burung yang mau makan apa saja termasuk makanan utamanya yaitu Voer, serangga dan buah-buahan. 
Burung yang terkenal dengan kelincahannya ini sering terlihat di daerah pematang sawah, perkebunan, hutan - hutan primer dan sekunder serta daerah padang rumput.  Berkelompok dan bersarang dalam lubang-lubang pohon besar ataupun dalam lubang pohon yang tumbang. Hidup berkelompok dan suka bertengger sambil memakan kutu-kutu atau parasi yang ada di punggung kerbau karena itulah burung ini dinamakan dengan jalak kerbau. Kakinya yang panjang membuat burung jenis ini lebih aktif berjalan diatas permukaan tanah mencari dan mengais makanan seperti cacing tanah, jangkrik serta makanan lainnya yang ditemukan. 

Daerah Penyebaran Habitat Burung ini mulai dari Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Malaysia, Thailand bahkan hampir di seluruh kawasan Asia Tenggara. Jumlah Populasinya yang cendrung kian menurun karena faktor seleksi alam dan ulah penangkapan yang di lakukan manusia. Membuat Jumlah species burung ini kian di ambang kepunahan, meskipun nasibnya tak separah yang di alami oleh saudara – saudara satu speciesnya yang lain seperti : Jalak Bali, Jalak Suren, Jalak Nias, Jalak Putih dsb.
 
Jalak kerbau atau jalak hitam atau masyarakat sunda menyebutnya dengan sebutan kerak kebo memiliki warna hitam diseluruh tubuhnya dengan sedikit bulu yang berwarna putih di sayap dan pada ekornya. Postur tubuh jantan lebih panjang daripada burung betina tatapan matanya pun lebih tajam, tetapi baik jantan ataupun betina keduanya sama-sama berkicau. 
Ada berbagai cara untuk membedakan burung jantan  dengan betina dan biasanya penggemar burung kicauan melihat jambul yang ada diatas paruhnya, jika jambul tersebut panjang dan berdiri permanen maka dipastikan burung tersebut adalah jantan, cara tersebut masih belum menjadi acuan dalam pemilihan burung jalak kebo yang benar-benar jantan. Ada lagi yang melihat kepintaran menirukan suara burung jalak kerbau dari warna lingkaran matanya jika berwarna putih ( di jawa barat kerap menyebut dengan jalak emas/kerak omas) maka burung tersebut dianggap lebih pintar menirukan suara burung lain dan bisa diajar bicara dibanding yang lingkar matanya berwarna kuning. tetapi semuanya kembali pada kemampuan kita sebagai trainernya.

MELATIH JALAK KERBAU

Jalak kerbau yang dipelihara dari muda atau anakan akan lebih cepat menguasai celotehan manusia dibanding dengan burung yang sudah dewasa. untuk melatih burung ini bisa berbicara diperlukan kesabaran serta rutinitas latihan agar si burung benar-benar memahami apa maksud pemiliknya.
Mengajarkan burung bicara harus terlebih dahulu mengetahui karakter dari burung jalak kerbau ini, ingat burung ini bukan sejenis burung beo yang mampu berucap dalam beberapa kalimat, burung jalak kerbau hanya mampu mengucapkan sepatah kata yang pendek tapi tegas dalam penyebutannya, contohnya : bapak, emak, cewek dsb.  jangan dilatih menghapalkan kalimat yang panjang karena keterbatasan penerimaan kosa kata dari burung jalak kebo ini.  ucapkan tiap hari secara berulang dan sebaiknya pada saat mengucapkan kata tersebut jika siburung terlihat memperhatikan kita maka berikan jangkrik atau makanan kesukaannya sebagai hadiah, lakukan terus menerus dan kata yang dilatihpun harus satu kata sampai siburung bisa menyebutkan kata tersebut. setelah itu baru dilatih dengan kata-kata lainnya.  ada beberapa mitos mengenai bagaimana agar burung jalak kerbau ini bisa pintar berbicara yang tentunya hal tersebut diluar nalar kita tetapi masih banyak yang percaya dengan mitos tersebut ialah: 
  • mengusapkan barang yang dibuat dari emas (cincin) ke lidah si burung.
  • memotong  ujung lidah burung jalak kerbau yang bercabang.
  • memandikan burung jalak kerbau pada malam jum'at.
dan lain-lain, saya sendiri belum pernah mencoba dan juga belum pernah mendengar ada rekan-rekan saya yang berhasil setelah melakukan hal tersebut diatas ,apakah kita percaya hal tersebut? sebenarnya kunci dari keberhasilan melatih burung ini adalah kesabaran dan ketelatenan kita sebagai pemiliknya.

33 komentar :

Mr. John said...

sobaat, kira-kira mahal ndak jika ada orang jual burung jalan yang sudah bisa berbicara dengan harga Rp. 350.000 + Sangkarnya??

Anonymous said...

kalo memang burungnya bagus, jinak, suaranya banyak, rajin ngoceh, bisa dilepas kandang, ditambah kandangnya juga bagus dan kekar,, saya rasa harga segitu sudah cukup ... mahal ,, tawar aja bro .. minta 250rb

Anonymous said...

saya mau jual anakkan jalak kerbau sepasang saya sharga 350rb +sangkarnya

Anonymous said...

Prei boz

Anonymous said...

jalak krbau biSa di master suara pa om ?

awanhitam said...

jalak kebo yg bsa ngucap ciri2 sperti apa/

Al_fath said...

jalak kerbau saya cuma itu2 saja suaranya, tapi sering bget, gmgn yah supanya lebih terexplore lge gtu, krena saya bukan orang sabar soalnya.. thx guys...

a.r Arief said...

om biar lebih detail membedakan burung jalak kebo betina dan jantan gimana caranya

SEIS said...

Bagaimana cara mengganti menu makan jalak dari pisang menjadi vur.

Anonymous said...

berapa si bos harganya jalak kebo. kalau di pasaran? pengen punya ne..

ronny said...

Mau nanya nich,gw punya jalak nias kq makin lma mlh takut am gw?!mohon petunjuk'y sob,

Anonymous said...

Aku ada jalak kebo satu..tapi bulu kepalanya belum ganti2..sampe brapa lama baru ganti itu bulunya min..
Soalnya masih anakan...kok lama bener ya min anakannya...
Admin tolong penjelasannya ya

Anonymous said...

aku ada jalak kerbau 2, udah bisa ngomong "ayah...ayah...", kalau berminat hub. 085226430504.

kenankzidane said...

jalk kerbau ane kug sering salto...gimana ngilangin saltonya??bantu ane master2 jalak kerbau..thx..

amstrong indonesia said...

terima kasih atas informasinya. :)

parking said...

artikel yang cukup bagus :)

industry maintenance said...

bagus.

jantung koroner said...

ciyuss ????

motivator indonesia said...

amazing.

rumah said...

mengesankan.

Anonymous said...

apakah bisa jalak kerbau dilatih bisa berbicara dalam setengah tahun?

joko umboro212 said...

saya py jalak kebo 2ekor piara dah 1thnan,1mata kuning 1 mata putih! kalu untuk prilaku n kecerewetan 2-2nya hampir sama, perbedaannya hanya pada kemampuan menirukan suara yg saya ucapkan! yg mata kuning hanya bisa berkicau khas suara jalak sdgkn yg mata putih mampu mengucapkan kata CEWEK..ASSALAMU'ALAIKUM..SELAMAT SORE..N SELAMAT PAGI!!saya sndri jg heran knp 2 ekor burung yg sama tp py kemampuan berbeda? mgkin krn yg kuning beli dah gede di tukang burung, sdgkn yg putih hsl beli dr temen yg lg butuh doit pdhl wktu dtg hy bs ngucapin cewek+assalammualaikum dg suara yg lirih n g jelas atau emang krn perlakuan sy yg beda?? untuk yg kuning tdk prnh sy ajak bicara tp yg putih hmpr tiap hari sy sempetin ajak ngomong!!! tiap pagi jk saya keluarin ato mau tggl kerja sy blg selamat pagi/assalammualaikum sdgkn klu pulang saya bilang selamat sore!!! untuk perawatan seh biasa saja cm sering saya mandikan krn jalak kebo trmask burung yg doyan mandi kalu di sediakan air yg banyak mskpn mlm hr kdg jg mandi klu kndg di taruh air byk, mgkn biar slalu trlht keren, krn bulu dikepala si kebo kan spt disisir di salon klu abis kena air..heheheee...!! burung jg jinak bgt krn srg saya lepas dr kandang tp tdk prnh prgi jauh plg2 cm jalan di tanah d sekitar rmh, sayang skrg byk org lalu lalang bw senapan angin jg kucing, akhirnya si kebo tdk pernh saya bebasin lagi di luar kandg takut celaka...heheheheee..( kuncinya agar jalak bisa menirukan ucapan kita hrs rajin2 di ajak ngomong tp dgn kosakata yg simple n berulang2, krn sprt tulisan diatas jalak kebo g sepinter beo tp bukan berarti tdk bisa di ajarkan ucapan kita!!! saya butuh sktr 4-6bln agar si kebo bs bicara mskpn terbatas, tp hslnya dah byk org tertipu krn klu rmh kosong srg dkira ada org pdhl itu ulah si kebo..hehehehe..)

www.entankcell.co.id said...

gan ada vitamin atau apa gt biar nurut ga bringasan burung y . soal y gw punya JK yg udah gede ga dari kecil openan y

@pjr_rt15 said...

KENAPA SIH JALAK KEBO W G PERNAH BUNYI,CUMA KRIWIK2 DOANG......PDHL VITAMIN TERUS DIBERIKAN TRS HRS GMN LG BRO,,,,,,,,,DTGGU INFONYA YO

agung hellylintar said...

Mau nanya abang' saya ada jalak hitam ngocehnya lumayan sering, nah pas saya bawa burung baru jalak hitam ini berhenti ngoceh malahan sudah 1 minggu ini dia ngga ngoceh sama sekali, boleh minta penjelasannya, tx

agung hellylintar said...

Kalo boleh minta ada yang mau ngasih saran add BB saya 3157E5D4
Tx

iwan hermawan said...

agar sering kicou jalak bukan dengan vitamin .yang penting kita sering latih kalau saya sihh setiap 2jam nyetel lagu lewat hp dengan ditaruh diatas sangkarnya sekarang jalaku jadi pandai kicou

ito said...

Beli jalak kerbau di jkt di mana yah?

Irwan Setiawan said...

mikum gan. . saya mau numpang comen. .
saya juga punya jalak kebo. 3 ekor di rumah. . cuman gk ada yg bsa bcra satu pun, awalnya seh cuma 1 ekor. . cuman entah knapa jalak2 liar pda dateng ke rumah saya, klo gk salah saya pernah jual jalak kebo ke pasar dalam setahun sekitar 8 ekor. . emang seh dari suaranya yg satu ne kenceng bnget. . tpi gk bsa bcra. . gmana seh min supaya jalak kebo saya bsa bcra? mksh. .

dhay said...

Saya baru di kasih bahan jalak kebo ..
Perawatannya susah juga yah ??

Farhan Ajh said...

sip gan ma ksih info nya,,?

Anonymous said...

Saya baru beli jalak kebo di pasar burung emang sh pinter ngomong tp kata2 yg keluar gak sepantasnya.. "Jancuk, jancuk, jancuk" benar2 memalukan saat ada tamu tiba2 si kebo ngoceh gt...

Anonymous said...

Pedagang semua nih pura2 g ngerti heheheh

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...