KLUB BURUNG INDONESIA

Mengenal beberapa jenis kenari impor

Memelihara kenari tidak lepas dari ketertarikan akan suara dan jenis kenari yang beraneka ragam, juga warna warninya yang selalu memikat hati penggemar burung kicauan, selain itu burung kenari juga bisa disebut sebagai ajang buat mengobati penasaran kita tentang ' apa jadinya jika kenari warna ini di jodohkan dengan warna yg lainnya ?' makanya tak heran kalau akhir -akhir ini semakin banyaknya penangkar penangkaran burung dari jenis kenari ini, selain untuk dijual kembali sebagai ladang usaha juga sebagai ajang proyek percobaan 'kawin silang' kenari untuk hobbi dan kontes. 

Beberapa dari jenis kenari memang telah kita kenal namun ada juga beberapa yang termasuk dalam kategori jenis baru. dan dalam artikel ini kita disini hanya akan membahas mengenai kenari impor dari beberapa jenis yang kita kenal dan cukup populer di kalangan penggemar burung kicauan. 

KENARI YORKSHIRE

Jenis kenari ini cukup populer di kalangan kenari mania, selain karena bentuk tubuhnya yang unik ( seperti wortel terbalik makanya sering juga disebut kenari wortel ) juga suaranya yang lumayan sangat kencang dari kenari lokal dan sangat bervariasi. 
Kenari yorkshire dikembangan sekitar pertengahan tahun 1800 dan mendapat julukan " The guardsman" dan juga " The Gentleman of the Fancy" . 
Kenari ini  merupakan salah satu ras yang terbesar dan tertua dari jenis jenis kanri lainnya. termasuk kedalam kenari tipe ( type Canary ), lebih populer dikembang biakan untuk penampilan fisiknya dan bukan suara nyanyiannya. Kenari ini merupakan hasil persilangan dari kenari lokal ( lokal disini artinya lokal dalam negara aslinya ^^ ) dengan kenari Lancashire, Norwich dan Kenari Belgia untuk mendapatkan kualitas dari panjang tubuh, warna yang baik, kualitas bulu bulu , mental dan karakter.
Karena kenari ini berukuran lebih besar dari jenis kenari lainnya maka diperlukan sangkar yang lebih luas dari ukuran sangkar untuk kenari.selain itu untuk kenari yorkshire jantan lebih baik ditempatkan secara terpidah dari kenari lainnya untuk menghormati daerah teritorial mereka (yang menurut mereka adalah wilayahnya) hal ini bisa berpengaruh terhadap mental dan karakter dari kenari jenis ini menjadi lebih baik.
Perawatan harian kenari ini agak berbeda dari kenari jenis lokal, dikarenakan kenari ini termasuk salah satu burung impor ( walaupun sekarang sudah banyak penangkar lokal yang berhasil menangkarkan burung ini) jadi makanannya pun harus diberikan prioritas, dalam hal ini diberi makanan yang sesuai dengan karakter burung tersebut. biasanya pemilik kenari ini akan memberikan makanan kenari impor atau meracik sendiri pakannya atau bisa juga memberikan makanan tambahan seperti CeDe dan buah-buahan yang terjamin kesegaran dan kualitasnya. 

KENARI WATERSLAGER

Kenari jenis ini terkenal karena alunan lagunya yang merdu seperti suara air terjun yang begemuruh dari besar ke kecil dengan alunan gemericik air mengalir, Sesuai dengan perkembangannya waterslager tidak hanya dimaster dengan suara air saja tetapi juga bisa dimaster dengan berbagai macam suara seperti suara dentingan logam, suara koin yang jatuh, suara lonceng/bell dsb. Proses pembentukan suara Waterslager hingga seperti sekarang ini konon memakan waktu hingga lebih dari 150 tahun dalam perkembangannya. 
Kenari waterslager juga dikenal sebagai kenari waterslager belgia, kenari penyanyi waterslager, kenari malinois dan penyanyi air. termasuk dalam jenis kenari pengicau yang sangat berharga dengan alunan lagunya yang seperti air mendidih.
Nyanyian kenari waterslager sangat berbeda dari jenis kenari lainnya. terdengar seprti alunan air dan kadang bisa juga berkicau seperti burung nightingale. dengan panjang suara yang bervariasi bisa panjang ataupun pendek.
Kenari waterslager berukuran sama seperti kenari lainnya dengan paruh yang lebih lancip dam tajam dari jenis kenari lainnya. ketika gembira burung ini akan menaikan bulu-bulu yang ada dibagian belakang kepalanya sehingga tampak seperti jambul.
Postur badan Waterslager senidir hampir menyerupai kenari holland biasa, mayoritas berwarna kuning walaupun sekarang sudah banyak kenari jenis ini yang masuk ke indonesia denganwarna putih atau kadang kuning/putih dan terdapat flek/garis hitam.
Kenari waterslager jarang yang berkicau dengan lantang atau keras karena kecenderungan membawakan lagu-lagu yang panjang jadi akan sangat ideal jika kenari ini ditempatkan dalam ruangan yang sunyi atau terpisah dari suara burung lainnya yang bersuara keras dan berisik. lebih mantap lagi jika digantang di taman dalam rumah dengan alunan air terjun buatan dan gemericik aliran air kolam ( nghayallll ^^ )

KENARI SPANISH TIMBRADO

Spanish Timbrado termasuk varietas baru dari jenis “song canary”, dikembangkan di Spanyol pada 1940-an dan 1950-an. Bentuk fisik burung ini menyerupai bentuk asli burung kenari alam karena memang merupakan persilangan antara kenari liar dengan burung finch kicauan Spanyol. Kombinasi dari mereka menghasilkan burung yang memiliki nyanyian yang sangat unik. Nama burung ini, seperti halnya suaranya, mengingatkan kita pada ketukan castanyet Spanyol. Meskipun keras, suara burung ini tidak terlalu berisik.
Meski dikenal dengan lagunya yang bagus, burung ini bisa dinikmati pula pada tampilan fisiknya yang cantik. Mereka dikembangbiakkan dari indukan dengan berbagai variasi warna dan memiliki nyanyian yang kristal. Kenari Spanish Timbrado yang baik harus memiliki keseimbangan antara kualitas suara dan variasi lagu. Burung ini memiliki standar suara yang berbeda dengan “song canary” lainnya seperti kenari Roller, American Singer, Russian Singer, maupun Waterslager.

KENARI LIZARD 
Kenari lizard termasuk salah satu keturunan kenari yang paling tua, pertama kali dikembang biakan pada tahun 1700-an. Dinamai demikian karena keindahan dari tanda-tanda: bintik bintik hitam berbentuk sabit yang menelusuri punggung dan dadanya menyerupai sisik kadal. kenari lizard hampir punah pada awal tahun 1900an karena kerusakan yang ditimbulkan akibat perang dunia kedua dan wabah penyakit. kemudian asosiasi kenari lizard dari britania raya (inggris) memulai program penangkaran untuk menyelamatkan kenari jenis ini dari kepunahan. Kenari lizard terdiri dari empat warna : Gold Lizard, Silver lizard, Blue lizard dan Red lizard.
Kenari lizard termasuk populer dan termasuk jenis burung yang mudah ditangkarkan, pola skala karakter yang disebut "spangling" adalah aspek yang paling penting ketika menampilkan burung ini. Kenari lizard juga memiliki 'topi' berwarna kuning diatas kepalanya. termasuk kedalam kenari tipe (type canary) yang artinya kenari jenis ini dikembang biakan untuk penapilan fisik mereka daripada suara ataupun warnanya.

Silahkan lanjutkan disini :
Ragam jenis kenari impor bagian II

11 komentar :

joko santoso said...

Lalu rawatan berbeda yang seperti apa Oom ?

Djibril Zidan said...

ane mau juga tuh burung gan.... piro....???

Djibril Zidan said...

ane mau juga tuh burung gan.... piro....???

Anonymous said...

ISIH GEDE MANUKKU...

Anonymous said...

_D indonesia mn tmpat yg jual indukn kenari ( Spanish Timbrado & Lizard )
tnpa silangan gan,-
thank_

aulia said...


KENARI WATERSLAGER sudah nakring di halaman rumah mantap mas bro

Syehu Gibrael said...

d rmh ane jga dah nangkring

Anonymous said...

woww..wowwww

baharudin yudhi said...

banyak macamnya gan
tiap daerah ada namanya sendiri"

ijin nyomot buat refensi gan
tunablebird.blogspot.com

Danang Dwi Prasetyo said...

Kenari yorkshire gan kesukaan ane, di samping bodynya yang kelihatan lebih wao suaranya juga woao

baharudin yudhi said...

lihat lagi ah kenari emang keren kok (Y)

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...