KLUB BURUNG INDONESIA

Seputar perawatan burung Cipo atau sirtu

Memelihara burung sirpu atau cipo memang gampang-gampang susah ( gampang dipelihara susah bunyinya :P) tapi dengan rawatan yang konsisten serta pemberian makanan yang sesuai bisa membuat seekor sirtu bakalan menjadi gacor. berikut ini beberapa tips perawatan sirtu / cipo bakalan muda hutan hasil rangkuman beberapa sumber. 

Perawatan Cipo Bakalan muda hutan yang belum ngevoer. 

Untuk burung yang masih muda, proses pelatihan agar burung mau makan voer lebih mudah diterapkan juga proses adaptasi burung bisa lebih cepat dengan kata lain burung bakalan yang masih muda hutan masih bisa dibikin jinak dibandingkan dengan burung bakalan yang sudah dewasa. 
untuk perawatan harian serta proses pelatihan agar burung mau makan voer bisa dengan cara:

  • hari pertama burung dikasih full kroto dulu serta makanan tambahan berupa jangkrik atau serangga lain, hal ini untuk menjaga kondisi burung tetap segar dan fit juga mengenalkan cepuk makanan dan minuman kepada burung tersebut, jadi burung tahu bahwa itu adalah tempat makan dan minumnya sehari-hari. 
  • hari kedua cepuk makanan mulai diisi dengan voer setengahnya dan taburi kroto diatasnya.  jangan lupa juga makanan ekstranya berupa jangkrik atau ulat kandang. 
  • hari ketiga cepuk makanan mulai diisi dengan voer dengan porsi lebih banyak dari sebelumnya dan taburi kroto dengan porsi lebih sedikit dari sebelumnya. 
  • hari keempat voer dan kroto diaduk hingga merata dan juga makanan ekstra harus selalu disediakan yaitu jangkrik atau ulat kandang.
  • hari seterusnya voer dan kroto tetap diaduk hingga merata sampai kotoran si burung benar-benar berwarna hijau dan membentuk. 
catatan : untuk burung sirtu pemberian kroto setiap harinya lebih disarankan guna menjaga stamina dan kondisi si burung, karena burung sirtu jika tidak diberi kroto selama beberapa hari malah akan menjadi lemas dan berakhir dengan kematian. untuk mengganti pemberian kroto jika kroto susah didapatkan bisa dengan memberikannya UK ( ulat kandang ). 

Pemberian kroto setiap hari juga bisa merangsang burung bakalan untuk mengeluarkan suaranya. dan dengan pancingan suara burung sejenis yang diperdengarkan melalui MP3 juga bisa membuat burung  mengeluarkan suaranya.  dan biasanya jika burung sirtu sudah mengeluarkan suara pamungkasnya yaitu siiiiiiir....tuuu atau ciiiiiii....poow .. maka burung sirtu dikemudian hari akan bertambah gacor.  tapi kalau burung anda masih belum berbunyi pancinglah terus dengan suara burung sejenis yang diputar dengan suara pelan tapi terdengar jelas. karena bagaimanapun burung sirtu sebenarnya burung yang mudah bunyi jika mendengar suara burung sejenisnya memanggil seperti halnya di hutan-hutan dan di habitatnya. 

Membedakan burung sirtu jantan dan betina
Pada burung jantan ukuran tubuh biasanya lebih panjang dari burung betina.
warna lidah bagian dalam pada burung sirtu jantan berwarna hitam. 
Burung jantan mempunyai suara yang lebih bervariasi dibandingkan dengan burung betina.
Warna bulu pada burung jantan lebih tegas dan tajam dibanding burung betina.

Suara
Burung sirtu jantan sebenarnya memiliki banyak variasi suara, oleh karena itulah banyak penggemar burung kicauan memaster burung ini dengan burung ciblek, prenjak, gelatik batu, dan juga parkit. sementara untuk burung betina lebih cenderung ke Nge'krak' dan suara lain yang monoton.


20 komentar :

Anonymous said...

perawatan tiap hari gimana gan?

kicaumania said...

Rawatan tiap hari harus selalu sedia kroto klo mau cipo cepet bunyi klo gak ada kroto bisa pake UK dan jemur 2-3 jam.

Anonymous said...

om cara perawatan tiap hari burung sirtu yang sudah gacor gmn, supaya tidak macet ?
makasih . . . .

ienour said...

misi om, untuk cipo jantan lidahnya warna hitam pekat atau agak abu2?

ienour said...

kalau cipo betinanya warna lidahnya apa?

Anonymous said...

rata rata harga paling tinggi berapa yaa di pasaran untuk sirtu yang gacor

Dona_5 said...

om mo nanYa ..
Cipow biar cepet bunyi gmana ?
PdhAL udh di ksh kr0to 2hari seX

isbandi alamsyah said...

om ane bru beli cipo bakalan ,boleh langsung d semprot tus d jemur g ?? Mksh .

Imam Fauzy said...

om mau nanya nih ku msh bingung mslh cwo & cwe nya bnyk simpang siur infonya..dan ktnya orang cipo bs bunyi klo dah dirwt smpe 2thn btl ga?thanks

Imam Fauzy said...

klo burung bakalan msh br lbh baik jgn dimandiin gan,ntr stress n g lama ngejengkang alias tewas,tnggu biar dia tnang n ngevur dl 2 mgguan

SPORT EDUCATION said...

gan, berapa lama waktu yang dibutuhkan burung cipo untuk adaptasi. kemarin saya beli dipasar burung udah 1 minggu blm mau bunyi maksimal padahal disana gacor.

Anonymous said...

Cipu jarang dimandikan malah sering bunyi soalnya dia burung jorok.klo dimandikan malah stress.(Berbagi pengalaman aja)

Anonymous said...

dah bunyi tp masih liar jinakinnya gmana

ferri muhdianto said...

punyaku malah dah bisa dangdutan.

Anonymous said...

sirpu betina warnah lidahx putih polos, sirpu jantan lidahx berwarnah hitam (klo msi anakan blom kliatan, tp klo udh ad se . hitam di pangkal bawah lidah bsa d'pastikan jantan muda & semakin tua warnah lidahx semakin hitam & menjalar k'ujung)

Mas broow said...

Mau tanya mas,. Sy punya sirtu bakalan tapi saya loloh sendiri dari kecil, semenjak burung sirtu saya bisa makan sendiri menjadi jarah kyak burung liar,.tapi tetap masih ngriwik,. Tapi aneh ny semenjak mulai ganti bulu sirtu saya jadi pendiam dan seperti ngalamun gtu, itu kenapa dan gmana cara agar bisa mau ngriwik lagi?.. ( dr mas broow )

Patria Prastika said...

mau nanya om kalau burung sirpu yang baru dibeli perlu dikerodong ga agar gampang beradaptasi? n boleh ga kalau tidak di kasih kroto n UK tapi terus dikasih jangkrik?

Anonymous said...

om saya pny sirtu lolohan tp diujung lidah dah ada warna hitam sedikit apa itu sudah bs dpastikan jantan??
trz klo msh lolohan apa semua suaranya cuma cuerr..cuerr baik jantan ato betina

Mamik Salatiga said...

Jgn sekali-kali mengadu sirpu secara langsung berhadapan nanti yg kalah bakalan macet alias susah bunyi lg, mendingan tempatkan burung sirpu secara berjauhan nanti akan bersahutan sepanjang hari ( bagi yg punya burung sirpu lebih dr 1 )

jundra lesmana said...

om.penjemuran sirpu yg bagus brapa lama??saya pernah ngalami jemur 1jam eh sorenya dia udah telentang.

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...