Bagaimana menjinakan burung predator

Belajar menjinakan burung yang termasuk dalam salah satu jenis burung predator ini termasuk suatu hal yang gampang tapi susah dan tentunya caranya pun berbeda dari cara menjinakan burung ocehan yang masih giras ataupun menjinakan burung paruh bengkok, kalau kita sudah memahami karakter burung tersebut tentu akan lebih mudah lagi proses penjinakannya. 
disini saya hanya akan membahas masalah atau lebih tepatnya tutorial bagaimana menjinakan burung yang termasuk Birds of Prey ini, dan dalam tutorial ini berlaku untuk semua jenis burung pemangsa seperti burung hantu, elang dan sejenis falcon ( layang layang )

Dalam menjinakan burung ini diperlukan waktu dan kesabaran kita sebagai pelatihnya dikarenakan burung ini termasuk jenis burung yang sangat agresif. Burung pemangsa membutuhkan banyak perhatian dan harus bisa mengerti karakternya dalam rangka mendapatkan kepercayaan dari burung tersebut. Jika anda terlah berhasil meluangkan waktu dan latihan untuk burung ini, bukan tidak mungkin  burung tersebut akan menjadi jinak dan sangat loyal ( patuh ) terhadap anda dan orang orang di sekeliling anda.

Berikut cara menjinakannya

1. Biarkan burung dalam kandangnya dan sebaiknya ditempatkan di ruangan yang menjadi aktifitas anda atau keluarga.

2. Pasangkan gelang kulitnya dan ada baiknya juga ditulis dengan identitas anda agar jika suatu saat burung anda hilang akan dengan mudah ditemukan. 

Peralatan yang dibutuhkan untuk melatih bop

Gelang yang terbuat dari kulit



3. Latih burung setidaknya 30 menit sehari caranya dengan mengangkat burung dan membiarkannya bertengger di tangan anda ( dalam hal ini dibutuhkan sarung tangan khusus dan tali yang akan mengikat gelang di kaki burung dengan kait yang ada di sarung tangannya atau bisa juga sambil dipegangi talinya ) agar burung tidak terbang. berikan makanan sebagai hadiah jika burung sudah mau bersikap tenang di tangan anda. ajari burung untuk mengenali suara anda, bisa dengan cara bicara dihadapannya dengan suara yang pelan lalu suara yang kencang. dengan begitu burung akan mampu mengenali suara tuannya dari kejauhan. lakukan hal tersebut setiap harinya. 

gambar dari google.com

4. Lanjutkan proses tersebut setiap harinya selama dua minggu, dan kemudian sentuh lalu belai belai bagian belakan kepalanya dengan pelan. berikan hadiah sepotong daging yang kecil setiap kali anda di ijinkan untuk membelai bagian kepalanya.

5. Setelah burung merasa sepenuhnya nyaman apabila anda membelai bagian kepalanya selama dua minggu tersebut sekarang waktunya mengajak burung jalan jalan keluar ruangan. pada kondisi ini burung sudah bisa dilepas dari talinya , lepaskan burung maka burungpun akan terbang kembali ke anda. disini anda bisa mengajarinya memanggil namanya lalu berikan makanan setiap kali burung ini balik menghampiri anda. lakukan latihan setiap pagi dan sore hari selama beberapa hari agar burung hafal dengan namanya.

6. Selamat ! Burung sudah sepenuhnya jinak dan patuh kepada anda.
:@ariesmunandi

Peringatan :
-Selama masa latihan jauhkan anak anak dari burung tersebut bila burung belum sepenuhnya dalam kondisi jinak.
-Jangan pernah melepaskan burung yang sudah jinak ke alam liar, karena burung yang sudah jinak akan sulit mencari makan sendiri dan akan lebih mudah diserang binatang lain atau sesama jenisnya ( jadi itu sama saja dengan membunuh burung tersebut) karantina dahulu burung lalu biarkan naluri alamiahnya muncul kembali ( natural instinct baru burung bisa dilepas ke alam liar) selain itu ada juga beberapa kasus burung jinak begitu dilepas di hutan tidak akan balik kembali ke pemiliknya.
-Jangan memelihara burung pemangsa yang dilindungi oleh undang undang, sebaiknya tanyakan dahulu ke departemen terkait mengenai masalah ini jika anda ingin memelihara burung yang dilindungi.

close

KLUB BURUNG INDONESIA