close
close


Inilah cara unik burung bertahan dari cuaca panas

Burung sepeti yang kita ketahui adalah hewan yang berdarah panas tapi walaupun begitu burung akan selalu berusaha menjaga bagian dalam tubuh mereka pada suhu yang konstan atau dingin. biasanya mereka mengambil udara melalui mulutnya dan mengembangkan bulu bulunya untuk mengatur sirkulasi udara didalam tubuhnya atau mengangkat sayapnya untuk mengalirkan udara, mencari tempat yang teduh dan bahkan mandi.
Berikut ini adalah beberapa cara unik yang digunakan oleh burung untuk mengatur hawa panas didalam tubuhnya atau cara burung menghindari suhu yang panas :
  1. Burung pelikan akan mengepakan kantong di paruhnya untuk mendinginkan tubuhnya.
  2. Beberapa burung sengaja membasahi bulu bulu mereka untuk melembabkan sarangnya atau sambil berbaring di tanah.
  3. Beberapa burung akan memanfaatkan lubang bekas binatang lain untuk menghindari panas dan menormalkan suhu tubuhnya.
  4. Burung burung yang ada dalam habitat gurun pasir akan mencari serangga buah buahan untuk dimakan, karena mereka berisi air yang bisa mendinginkan tubhnya.
  5. Burung bangau ( wood storks ) dan burung bangkai akan mengencingi kaki kaki mereka dengan tujuan membuat nya tetap dingin.
  6. Burung kolibri akan terbang melalui air yang bergerak seperti sprinkler atau sprayer yg biasa ada di taman taman untuk membuatnya tetap dingin.
  7. Burung Cormorant dan Burung Bangkai bersantai dengan bertengger dan menjulurkan kedua sayapnya lebar lebar dengan tujuan menangkap angin.
  8. Burung burung lepas pantai akan lebih sering berdiri diatas air sementara burung camar akan menaikan kedua sayap merekan untuk menaungi anak anaknya dari panas teriknya matahari.
  9. Beberapa burung memilih terbang tinggi ke angkasa dengan tujuan mendapakatkan arus atau suhu yang dingin ( cool thermals )
  10. Beberapa burung memilih mandi debu atau pasir untuk mendinginkan mereka dengan menyerap kelembaban dari pasir atau debu tersebut.
  11. Ada juga burung yang menggali tanah atau pasir yang penuh kotoran lalu masuk kedalamnya atau menyelimuti tubuhnya dengan pasir kotor tersebut. 
  12. Double-crested cormorants mengangkut air dalam paruh mereka untuk memandikan atau memberi minum anak anaknya.
  13. Beberapa burung akan menggetarkan otot dan tulang di leher mereka yang disebut dengan kepakan gular, hal itu untuk menurunkan panas.
  14. Burung lainnya mengangkat lebih sering salah satu kaki mereka untuk mengatur suhu panas dalam tubuhnya. (ariesmunandi)
Katalog Produk Omkicau

Silakan ajukan pertanyaan maupun komentar seputar tulisan di atas