KLUB BURUNG INDONESIA

Tips menyilangkan kenari dengan finch

Persilangan antara finch dengan burung kenari sering juga disebut dengan 'kenari mule' atau yang pada dasarnya dikenal dengan sebutan kenari hybrid. Persilangan kenari dengan finch ini akan menghasilkan burung dengan nada yang lebih merdu dan irama yang lebih panjang, dan biasanya lebih aktif atau lincah dibanding burung kenari biasa. Finch hijau ( Green Finch ) dan Finch emas ( Gold Finch ) adalah jenis finch yang paling populer yang seringkali berhasil berkembang biak jika disilangkan dengan burung kenari biasa. Di Eropa dan negara negara lain di barat banyak yang menggunakan tekhnik menyilangkan kenari dengan finch seperti tertulis disini, oleh karena itu jika anda berminat mengembang-biak kan kenari hybrid ini silahkan simak tips dibawah ini.

Berikut tips bagaimana menyilangkan kenari dengan finch
  1. Pastikan kedua burung dalam kondisi yang sehat sebelum dikembang biakan. Masukan burung dalam masing masing sangkarnya karena mereka memakan biji bijian yang berbeda jenisnya. untuk kenari bisa dikondisikan dengan memberikan makanan yang tepat sementara finch membutuhkan sayuran hijau, telur rebus dan biji kecambah ( biji yg sebelumnya dibasahi dg air).
  2. Gunakan kandang penangkaran yang bersekat ( dibagi dua dengan sekat yang bisa di buka tutup ) agar keduanya bisa saling melihat sampai siap untuk di kembang biakan, pada awalnya kenari betina akan menolak pejantan dari jenis finch.
  3. Mempersiapkan tempat untuk bersarang dan bahan bahan pembuat sarang untuk kenari betina membangun sarang ketika sudah siap. gantungkan kenari jantan yang sudah rajin bunyi di dekat kandang kenari betinanya, tetapi tidak terlihat ( ditutup sekat ) hingga betina mulai membangun sarangnya, ini adalah tanda bahwa kenari betina sudah siap untuk kawin.
  4. buka sekat yang menutupi kenari jantan agar terlihat oleh kenari betina. buka juga sekat dari kandang penangkarannya agar finch bisa bergabung dengan kenari betina dan bisa memulai ritual kawin.
  5. Karena finch adalah burung pemalu apalagi pada waktu hendak kawin, maka saya sarankan anda segera meninggalkan kandang penangkaran atau setidaknya berada jauh dan tidak terlihat ( sembunyi2 )oleh burung tersebut. agar proses perkawinan bisa berjalan dengan sukses. 
  6. Segera pindahkan finch ke sangkarnya begitu ritual kawin selesai, sekarang tinggal menunggu kenari betina  bertelur dan mengerami telurnya hingga menetas. biasanya telur akan menetas dalam waktu dua minggu dan siap meninggalkan sarangnya setelah 16 hingga 19 hari dan bisa mandiri setelah berumur 1 bulan.
Kenari mule ( hybrid ) hasil persilangan finch dengan kenari biasa
Setelah anakan kenari bisa dipisahkan dari induknya waktunya memaster dengan suara burung yang indah, agar nantinya calon anakan tersebut bisa berkicau dengan lebih variasi dan merdu karena itulah tujuan dari kawin silang kenari dengan finch ini.
selamat mencoba. @ariesmunandi

0 komentar :

Post a Comment