KLUB BURUNG INDONESIA

Mengenal ragam jenis burung FINCH

Finch termasuk jenis burung yang populer di pelihara di seluruh dunia, burung ini bisa ditemukan diseluruh dunia tentunya dengan beraneka ragam jenis, bentuk dan warnanya yang mencapai ratusan spesies. kalau di indonesia mungkin kita sudah terbiasa dengan burung sejenis pipit ini yang memiliki bermacam corak dan warna serta namanya yang tersebar di berbagai daerah di indonesia, tapi kali ini kita akan mengenal ragam jenis dari burung finch ini yang berasal dari luar / impor. 


Gouldian finches


Burung Gouldian finches atau Lady Gouldians ini dianggap oleh banyak kalangan sebagai salah satu burung finch (pipit) yang paling indah dengan bulu yang brewarna warni dari jenis finch lainnya,
Walaupun finch jenis Lady Gouldians ini tidak terlalu sulit untuk dipelihara, akan tetapi harganya cukup mahal dan biasanya hanya dipelihara oleh penggemar yang sudah berpengalaman saja, burung ini sangat mudah untuk dikembang biakan dan akan berproduksi dengan baik baik melalui sistim koloni ataupun sepasang saja dalam kandangnya.

Zebra Finch


Zebra Finch mungkin inilah burung  dari jenis finch yang sangat sesuai dipelihara oleh pemula ataupun penggemar burung, burung jenis ini dikenal lincah dan aktif juga merupakan salah satu jenis burung yang paling mudah dipelihara juga dikembang biakan, zebra finch bisa berumur panjang dengan rentang hidup dalam sangkarnya sekitar 12 tahun.
Zebra finch ii juga merupakan salah satu burung yang paling populer selama lebih dari 100 tahun. berasal dari Australia dari keluarga estrildidea. dalam habitatnya burung ini lebih senang berkoloni  dan berkembang biak dalam koloni tersebut, habitat mereka meliputi padang rumput atau daerah bersemak rendah, daerah terbuka dan ladang perkebunan.

Strawberry Finch


Strawberry Finch dikenal juga sebagai Avadavat merah, sebutan strawberry diberikan karena warna bulu burung jantan yang seperti buah strawberry selama musim kawin. Burung ini sangat menarik untuk dipelihara, dan mudah berkembang biak dalam sebuah sangkar aviary (umbaran) dan sangat cocok untuk pemula yang ingin mengembang biakan burung jenis ini, mereka cukup lincah dan jika anda ingin memelihara burung ini di luar ruangan pastikan suhu dalam sangkarnya selalu hangat .


Spice Finch


Spice Finch sering juga disebut Nutmeg Mannikins dan tentu tidak asing bagi kita, sangat baik dipelihara untuk pemula , burung ini mudah beradaptasi dengan sangkar ataupun dalam lingkungan aviary, burung ini termasuk burung yan gmudah dipelihara dan bisa hidup lama.
Dihabitatnya burung Spice Finch ini senang bekumpul dalam kelompok kelompok kecil dalam sebuah koloni dan kadang bercampur dengan kelompok jenis lain atau kelompok burung lain, Di India dan Indonesia burung ini terkenal karena dijual dengan bulu yang di sipuh berwarna warni.

Fawn-Pied Society Finch


Sebutan Society (Sosial) sangat cocok diberikan untuk finch jenis ini, karena burung ini memang hidupnya sangat mudah bersosialisasi dan bisa menyatu dengan berbagai jenis kelompok burung.  finch jenis ini sangat mudah dipelihara dan juga burung yang sangat produktif.Finch jenis ini juga merupakan salah satu spesis yang paling menarik perhatian, burung ini diyakini telah dikembang biakan di negara negara asia lebih dari 300 tahun yang lalu oleh peternak china dan jepang.



0 komentar :

Post a Comment