KLUB BURUNG INDONESIA

Mengenal ragam jenis kenari import part 2

Menyambung artikel terdahulu mengenai ragam jenis burung kenari impor bagian 1, berikut adalah ulasan mengenai ragam jenis burung kenari impor.

KENARI GLOSTER

Rata rata kenari yang memiliki warna ataupun bentuk tubuh yang unik jarang mempunyai lagu yang bagus , tapi untuk jenis kenari gloster ini dikenal memiliki suara nyanyian yang bagus. Kenari gloster terbagi  kedalam dua jenis spesis yaitu CORONA yang memiliki Crest ( Jambul ) di kepalanya dan CONSORT yang tidak memiliki jambul di kepalanya. 
Kenari jenis ini sangat populer untuk ditangkarkan, dan patut dicatat bahwa mengawinkan kenari jenis gloster in lebih baik dengan memasangkan kenari Corona dengan Consort ataupun Consort dengan Consort untuk hasil yang lebih bagus. berikut ini adalah tabel persilangan dari kenari jenis gloster ini : 
  • Consort x Consort akan menghasilkan 100% anakan dengan kepala rata ( tidak berjambul / Consort )
  • Consort x Crested akan memproduksi 50% anakan dengan kepala rata ( Consort  ) dan 50% anakan jambul ( Crested ).
  • Crested x crested akan memproduksi 25& Anakan kepala rata ( Consort ) , 50% Jambul dan 25% kemungkinan anakannya akan mati jadi sangat tidak direkomendasikan.
KENARI STAFFORD


Kenari stafford  adalah kenari yang diproduksi di stafford inggris , kemunculan pertamanya pada tahun 1987 pada even British National Exhibition dan ditetapkannya kenari stafford sebagai kenari untuk penangkaran pada tahun 1990. Di Amerika sendiri pada pergelaran Pameran burung berkicau ( The National Cage Bird show ) mulai memasukan jenis stafford kedalam salah satu bagian dari pameran burungnya pada tahun 1992. Pada awalnya hanya mempertunjukan burung kenari yang memiliki jambul saja dan sekarang baik kenari jambul ataupun tidak berjambul juga banyak dipertunjukan dalam pameran tersebut.
Staffor adalah jenis kenari dengan warna dasar merah mawar. Jenis ini adalah jenis kenari warna tetapi tidak semua kenari yang berwarna merah dan memiliki jambul adalah kenari stafford, ada juga silangan antara kenari gloster dengan kenari red factor.

KENARI RED FACTOR


Kenari red factor adalah kenari produk silangan yang menghasilkan warna merah pada setiap helai bulu bulunya. kenari jenis ini pertama kalinya dikembangkan oleh Dr. Hans Duncker ( seorang penangkar kenari dari jerman ) pada awal awal tahun 1900an dengan menyilangkan jantan 'red siskin' dengan kenari kuning. ada juga yang mengatakan bahwa kenari kuning yang digunakan adalah jenis kenari 'German Roller' sementara yang lainnya percaya bahwakenari kuning tersebut adalah jenis dari ' Border Canary'. Dalam perawatannya kenari ini membutuhkan makanan yang mengandung beta carotene tinggi untuk menjaga kualitas warnanya, pemberian makanan yang mengandung beta carotene ini diberikan hanya pada saat akan tumbuh bulu baru dan biasanya terjadi pada waktu burung sedang mengalami masa mabung. sekarang ini banyak juga dijual bahan makanan yang mengandung bahan kimia untuk menjaga warnanya akan tetapi jika berlebihan dan terlalu sering digunakan bisa membahayakan dan malah menimbulkan penyakit.


KENARI BELGIA (BELGIAN FANCY CANARY)


Kenari belgia ini tidak hanya merupakan salah satu jenis keturunan kenari yang paling tua tetapi juga salah satu yang paling khas dan sangat berpengaruh.
Belgian Fancy Canay adalah jenis yang paling penting dalam perkembangan sejarah dari beberapa varietas kenari populer sekarang ini. pengaruh yang paling utama adalah dalam pengembangan "frilled" dan "posisi" dalam setiap jenis keturunan. sebagai kenari tipe jenis ini dikembang biakan untuk bentuk dan ukuran fisiknya saja dibandingkan lagunya. jenis ini kerap disebut kenari postur karena bentuk dan fisik dari kenari ini menyerupai bulan sabit, burung jenis lain yang sama yang juga dikembang biakan adalah Kenari Scotch Fancy dan Italicus Gibber italia. kenari fancy belgia butuh memrlukan cukup banyak latihan untuk bisa dipertunjukan dengan baik, kenari bertubuh kurus dengan bentuk panjang ini kerap dilatih untuk bisa berdiri dengan posisi membungkuk .


KENARI BORDER

 Apa kesan pertama begitu melihat kenari jenis border ini, tentulah pikiran kita akan teringat pada karakter kartun animasi anak anak  "Tweety" !
Kenari Border adalah jenis burung yang paling populer sekarang ini, sebagai kenari tipe kenari jenis ini dikembang biakan untuk penampilan fisik dibanding lagunya, setelah sempat dijuluki "Wee Gem" karena ukurannya yang kecil dengan penampilan yang sedikit chubby dengan bulu yang sangat mengkilap, meskipun kebanyakan berwarna kuning akan tetapi ada juga yang memiliki warna lannya. Informasi mengenai latar belakang kenari ini masih sangat sedikit jumlahnya, selain dikatakan telah berkembang dengan pesat diakhir 1700an atau awal 1800an dari kenari yang biasa di sepanjang perbatasan utara inggris dan skotlandia. Namanya sendiri diadopsi tahun 1889 di langholm sebuah kota yang dekat dengan perbatasan skotlandia dan inggris dan semenjak itu pembentukan klub kenari border ini diresmikan pada 5 juni 1890.


KENARI JAMBUL (CRESTED CANARY)
 
Kenari Crested (jambul) awalnya dikenal sebagai 'Turncrown (putaran mahkota)" adalah salah satu kenari tertua yang masih ada. kenari jenis ini juga memiliki sejarah yang stabil dikarenakan fluktuasi baik dari popularitas maupun pengembangan varietas kenar ijambul lainnya. Kenari jambul ini mungkin adalah kenari yang paling populer diakhir tahun 1800an dan digambarkan sebagai "The King of Fancy", dan imbas dari kepopuleran tersebut membuat kenari ini menjadi salah satu kenari yang paling mahal harganya dan hanya dimiliki oleh orang orang yang sangat kaya pada jamannya.
Kenari jambul adalah kenari tipe dikembang biakan untuk penampilan fisik daripada warna atau suaranya, ciri khasnya memiliki jambul pada bagian atas kepalanya ,kenari sejenis yang populer diantaranya adalah kenari gloster, kenari stafford jambul, kenari norwich jambul dan kenari lancashire.


KENARI NORTHERN DUTCH FRILLED


Kenari Northern Dutch Frilled yang cantik ini sering disamakan dengan kenari Parisian Frilled yang membedakan adalah ukurannya saja yang berbeda. meskipun mirip dengan ras parisian frilled dengan pola bulu yang panjang berurai sementara bulu pada kenari ini lebih berjumbai dan kurang padat dengan ikal kecil dan hanya meliputi setengah bagian saja dari tubuhnya.
Kenari ini adalah kenari tipe, dikembang biakan untuk penampilan fisik daripada warna ataupun lagunya.
Ada ragam varietas dari kenari berjumbai ini termasuk diantaranya : French Frill, Fiorina Frill, Milanese Frill, Gibber italicua, Giboso Espanol, japanese Frill,Parisian Frill, Southern Dutch Frill, Munich Frill, Scotch Fancy Frill, Swiss Frill, Roebekian Frill, Hunchback Frill, Brazillian Frill dan beberapa dari jenis kenari jambul seperti Padovan Frill dan Florin Frill.


KENARI ROLLER 

sebuah survey di negara negara eropa menyebutkan bahwa salah satu kenari jenis penyanyi yang paling populer adalah kenari roller .
Kenari Roller atau biasa disebut kenari roller jerman atau The hartz mountain roller canary adalah kenari yang paling dihargai selama ratusan tahun karena keindahan lagunya. tidak hanya memiliki lagu yang bagus tetapi juga memiliki kemampuan meniru yang cukup baik dibanding kenari lainnya.  dari jaman dulu kenari jantan muda yang baru melewati masa mabung pertamanya di gantung didekat kenari jantan dewasa yang memiliki lagu yang sempurna dan variasi dengan tujuan pemasteran, kenari muda akan belajar dan menirukan lagu yang berulang kali dinyanyikan oleh kenari dewasa tersebut, dewasa ini pemasteran lebih banyak dilakukan dengan menggunakan media rekaman.
Kenari Roller adalah salah satu yang terkenal dari beberapa jenis kenari penyanyi, yang banyak dikembang biakan untuk lagunya daripada warna atuapun penampilan fisiknya, kenari penyanyi ini termasuk kenari waterslager, russian singer, american singer dan spanish timbrado.


4 komentar :

Anonymous said...

Produk dijamin asli
TILLA SHOP : Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang Asli Original Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM .
Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
BERMINAT HUB-SMS:0896-9198-6275 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://tilla-shop.blogspot.com/
BlackBerry>Samsung>Nokia>Apple>Acer>Dell>Nikon>DLL

Dijual

Ready Stock !
BlackBerry 9380 Orlando - Black
Rp.900.000,-

Ready Stock !
BlackBerry Curve 8520 Gemini
Rp.500.000,-

Ready Stock !
BlackBerry Bold 9780 Onyx 2
Rp.800.000,-

Ready Stock !
Blackberry Curve 9320
Rp.700.000,-

Ready Stock !
Samsung Galaxy Tab 2 (7.0)
Rp. 1.000.000

Ready Stock !
Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si
Rp.1.500.000,-

Ready Stock !
Samsung Galaxy Note N7000 - Pink
Rp.1.700.000

Ready Stock !
Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White
Rp.500.000,-

Ready Stock !
Nokia Lumia 800 - Matt Black
Rp.1.700.000,-

Ready Stock !
Nokia Lumia-710-white
Rp. 900.000,-

Ready Stock !
Nokia C2-06 Touch & Type - Dual GSM
Rp.450.000,-

Ready Stock !
Nokia Lumia 710 - Black
Rp. 900.000,-

Ready Stock !
Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) - Black
Rp.1.200.000,-

Ready Stock !
Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel)
Rp.1.200.000,-

Ready Stock !
Apple iPod Touch 4 Gen 8GB
Rp.700.000

Ready Stock !
APPLE iPod Nano 8GB - Pink
Rp.500.000,-

Ready Stock !
Acer Aspire 4752-2332G50Mn Core i3 Win7 Home
Rp 1.300.000

Ready Stock !
Acer Aspire S3-951-2364G34iss
Rp. 1.200.000,-

Ready Stock !
Acer Aspire 5951G Core i7 2630 Win 7
Rp. 2.500.000,-

Ready Stock !
Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Win 7 Home Premium Green
Rp. 2.500.000,-

Ready Stock !
Nikon D7000 kit 18-105mm
Rp.1.700.000

Ready Stock !
Nikon D90 Kit 18-105mm Vr
Rp 1.300.000

Ready Stock !
Nikon Coolpix L 120 Red
Rp. 900.000

Ready Stock !
Nikon Coolpix P 500 Black
Rp 1.000.000

Anonymous said...

Apaan tuuh?

Didiet Rtc said...

Bos klo mo beli kenari roller gimna caranya.dan harganya berapa.thnk's

Didiet Rtc said...

Bos klo mo beli kenari roller gimna caranya.dan harganya berapa.thnk's

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...