close
close


Menyiapkan burung derkuku untuk lomba


Perawatan burung derkuku lomba tentulah berbeda dengan perawatan derkuku rumahan, untuk perawatan derkuku yang dikhususkan lomba ini memerlukan rawatan lebih agar burung mau tampil maksimal di lapangan dan bisa meraih predikan jawara.  bahkan persiapannya pun berbeda antara derkuku untuk lomba dengan derkuku yang untuk lomba tetapi juga disiapkan untuk diternakan . 
Berikut ini adalah tips dari om Dekoe dari LMS Bird Farm Solo mengenai bagaimana merawat derkuku untuk lomba , sebagaimana tertulis dalam sebuah forum kicau mania. 
Perawatan derkuku yang akan digunakan untuk lomba dimulai sewaktu burung masih berusia 3 bulanan dimana piyikan derkuku ini sudah mulai bunyi. lebih dahulu kita pilih mana yang bersuara bagus dan memenuhi kriteria untuk menjadi juara ( feeling dan hearing disini menentukan ) .



Setelah burung kita dapatkan, setiap sore harinya mulai pukul 1500 hingga 17.30 burung wajib kita kerek tentu saja sambil melihat cuaca, jangan sampai pas hujan burung nekad dikerek atau lupa diturunkan, yang ada bukan jadi jawara tapi malah semaput, he he he 
Setelah burung mulai gacor seteleh berusia 6 bulanan ( ada juga burung yang gacor pada usia 4 bulanan), Setiap Pagi hari burung dikerek dimulai pukul 09.00 hingga pukul 12.00 dan hanya dilakukan dalam waktu 4 kali saja selama seminggu. sesekali burung dibawa jalan jalan ke latberan ( info latberan bisa didapatkan dari peternak perkutut / derkuku yang ada didaerah anda) kalau sudah mau jalan di arena latberan baru burung kita persiapkan untuk lomba. 

Persiapan lomba bisa diberlakukan semenjak 1 minggu sebelum lomba ( H-7) disinilah perawatan mulai intensif, dimana penggantangan mulai dilakukan tiap hari sampai H-1 menjelang lomba. dan pada H-1 menjelang lomba burung cukup dijemur saja, Jika burung dilombakan hari minggu maka pada hari jum'atnya buurng bisa kita mandikan ( walaupun tidak mutlak harus selalu hari jum'at, bisa hari sabtunya atau kamis, nah disinilah setingan mulai dimulai kita bisa melihat burung gacor di lomba bila dimandikan pada hari apa ), mandi untuk derkuku diperlukan untuk membersihkan bulu dari kotoran dan mencegah burung menyisir bulu bulunya sewaktu lomba dimulai atau sedang berjalan (didis), Air untuk mandinya bisa menggunakan air bekas cucian beras atau juga ditambahkan dengan obat kutu. setelah mandi burung diangin anginkan. 

Mulai dari H-7 pemberian pakan juga mulai berubah, jika hari biasa diberikan makanan secara bebas dimana burung dapat memakan semua makanan kesukaannya . Setingan pakan untuk  derkuku yang bersuara besar bisa diberikan banyak beras merah karena beras merah dipercaya bisa menambah power derkuku yang bersuara besar ini  menjadi lebih ngebass dan bersuara bagus dan panjang. sementara untuk setingan derkuku yang bersuara kecil (kristal) maka porsi beras merahnya dikurangi dan porsi miletlah yang ditambah agar powernya berkurang, karena kalau derkuku suara kecil (kristal) ini powernya berlebih maka suara ujungnya akan menjadi mati dan menjadi kurang menarik sehingga mengurangi keindahan suaranya terlebih pada saat dinilai oleh juri.

Pada Hari H menjelang lomba, bawa burung dengan sangkar yang dikerodong rapat agar burung bisa tenang selama dalam perjalanan dari rumah ke tempat lomba. sampai dilokasi lomba dekatkan dengan derkuku lain agar "mbekur2" dengan tujuan mengurangi stressnya sambil dijemur jika ada panas dan langsung digantang saat lomba dimulai. tetapi jika tidak ada panas , setelah burung mbekur2 tadi burung bisa langsung kembali dikerodong dan baru dibuka setelah lomba akan dimulai dan langsung digantang. 

Demikian tips perawatan derkuku untuk lomba yang saya tujukan khusus pecinta derkuku dimananpun berada. 
untuk mengetahi informasi katuranggan serta seluk beluk burung derkuku yang bagus bisa dibuka disini .semoga bermanfaat. salam kicau
Katalog Produk Omkicau

Silakan ajukan pertanyaan maupun komentar seputar tulisan di atas