Barn Owl burung hantu yang makin populer


barn owl
Bagi penggemar BOP atau Birds Of Prey burung ini mungkin tidak asing lagi, bahkan bisa jadi ini merupakan ikon bagi mereka. Barn Owl sejenis burung hantu yang cantik dengan segala kelebihannya yang tentu saja mengundang kita untuk memiliki dan mencoba menangkarkannya.  Nama ilmiah barn owl berasal dari bahasa yunani tyto yang mengacu pada burung hantu dan alba (bhs latin yang bermakna putih), sedangkan nama populer "Barn Owl" itu sendiri mengacu pada bangunan buatan manusia yang kerap digunakannya untuk bertelur yaitu Barn ( lumbung ) , Burung hantu ini juga mendapat julukan lain yaitu Monkey-faced Owl ( Burung hantu berwajah monyet), White Owl (burung hantu putih), Ghost Owl dan Night Owl

HabitatBarn Owl bisa ditemukan di area dekat pemukiman, di Amerika utara dan selatan, Eropa, Afrika, India, Asia termasuk indonesia dan Australia. Penyebaran mereka dibatasi oleh tingkat keparahan dari musim dingin dan ketersediaan makanan. Burung hantu ini lebih memilih dateran rendah terbuka dengan beberapa pepohonan termasuk di lahan pertanian, perkebunan, daerah perkotaan dan hutan hutan.
Makanan
Makanan utama burung hantu ini adalah mamalia kecil tetapi burung ini juga senang berburu mangsa lainnya seperti burung, ikan, reptil dan serangga. Barn Owl berburu dengan cara bertengger di dahan untuk mengamati sekelilingnya dan akan langsung menukik tanpa suara untuk menangkap mangsanya dengan memanjangkan cakar cakar mereka.
Reproduksi
Barn Owl tidak membuat sarang seperti burung lainnya, tetapi ia memanfaatkan lubang di pohon, tebing dan gua gua bahkan sering juga ditemukan bersarang dalam struktur bangunan buatan manusia seperti lumbung, atap rumah, cerobong asap , box sarang buatan dan struktur lainnya. Burung betina bertelur dengan jumlah 4-7 telur kadang bisa lebih, yang akan menetas dalam waktu 29-34 hari. Barn Owl muda akan menjadi dewasa pada usia 7-10 minggu setelah menetas dan siap untuk mandiri pada sia 3-5 bulan. yang harus diperhatikan jika kita berniat menangkarkan burung ini adalah usia pasangan ini harus berumur minimal 1 tahun agar bisa cepat bertelur.
Fakta menarik mengenai Barn Owl
  • Barn Owl sering dihubung hubungkan dengan pertanda mistis, sihir dan kematian. sepanjang sejarah manusia mereka sering dikait kaitkan dengan simbol, mitos dan digunakan sebagai bahan ramuan sebagai syarat mistis.
  • Barn Owl menggunakan indera pendengarannya yang tajam untuk berburu didalam area yang sangat gelap gulita.
  • Dari semua jenis burung hantu, Barn Owl termasuk burung yang paling pintar baik dalam berburu mangsanya juga dalam sifat dan karakter burung itu sendiri.

Menangkarkan Barn Owl.
Untuk menangkarkan burung jenis ini diperlukan kandang yang luas agar burung bisa leluasa bergerak untuk tempat sarang bisa menggunakan kotak sarang yang terlebih dahulu dibuat dari papan yang dibentuk persegi panjang ataupun model lainnya dengan ukuran yang disesuaikan dengan ukuran tubuhnya.

kandang penangkaran barn owl dari conservationcentre.org

model tempat sarang burung untuk burung hantu
Jika burung sudah cukup umur ( 1 tahun ) maka akan lebih mudah untuk dikembang biakan, yang menyulitkan disini adalah membedakan jenis kelaminnya karena keduanya sama sama memiliki kemiripan, namun ada beberapa panduan untuk membedakan burung jantan dengan betinanya yaitu dengan cara melihat pola dan warna bulunya. dimana warna bulu burung betina lebih cenderung berwarna gelap sedangkan jantan lebih cenderung berwarna cerah.

Perbedaan bulu pada jantan dan betina barn owl

Keberadaan burung hantu inipun semakin populer di indonesia , seiring semakin banyaknya penangkar burung ini dan juga pertanian yang memanfaatkan jasa burung hantu ini untuk membasmi hama tikus di lahan pertaniannya, bogor(c)2012.ariesmunandi
If You Enjoyed This Post Please Take 5 Seconds To Share It.


close