KLUB BURUNG INDONESIA
DIDUKUNG OLEH
KLUB BURUNG INDONESIA Pusat Penangkaran dan Agrowisata Burung Shakila Bird Farm

Artikel Populer

Cikrak Daun : sikecil nan lincah

Phylloscopus trivirgatus

Phylloscopus trivirgatus Strickland, 1849
Cikrak Daun, Mountain Leaf-warbler

Cikrak daun atau Burung Tralis yang juga memiliki nama Burung blereng/Pare-pare adalah burung kecil dengan panjang sekitar 11 cm, berwarna kuning dan hijau, serta memiliki strip mahkota dengan alis mata yang kekuning-kuningan yang terlihat mencolok dengan warna punggung kehijauan ,tanpa garis pada sayap.Bahasa latin untuk burung ini adalah Phylloscopus trivirgatus dari keluarga warbler daun.

11:07 AM | 11 komentar | Read More

Cara Menjinakkan Burung Bakalan Liar

Berikut ini Tips Cara Menjinakkan Burung Bakalan Liar :


Secara umum bila burung bakalan kicauan anda hanya diberi makan dan minum tanpa perawatan khusus maka burung kicauan anda akan lama jinaknya oleh sebab itu dibutuhkan tips tertentu agar lebih cepat jinak, diantaranya adalah:
3:17 PM | 44 komentar | Read More

Tips branjangan macet bunyi

Ada beberapa faktor yang bisa membuat burung branjangan ogah berbunyi (macet) baik itu gacor atu ngeriwik. Beberapa penyebabnya antara lain
  • lingkungan dalam kandang
  • Branjangan terkena kutu
  • Makanan yang kurang bagus
  • Kekurangan mineral atau vitamin
  • Burung stress
  • dan sebagainya
Untuk mengatasi masalah masalah tersebut dilakukan perawatan yang berkala (terapy) baik dari pengaturan pola makan dan juga pengaturan lingkungan kandangnya
9:38 AM | 5 komentar | Read More

Seputar Burung Pleci

Burung Pleci Kacamata biasa (Zosterops palpebrosus) adalah nama sejenis burung kecil dari suku Zosteropidae, bangsa Passeriformes (burung petengger). Burung ini merupakan penetap di hutan-hutan terbuka di kawasan Asia tropis, mulai dari India ke timur hingga Cina dan Indonesia. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Oriental White-eye.  Suku burung-burung kacamata (Zosteropidae) mencakup sejumlah burung pengicau (Passeriformes) kecil yang cenderung tersebar di daerah tropika di Dunia Lama (termasuk Australasia). Genus pencirinya adalah Zosterops. Burung-burung anggota suku ini dicirikan dengan lingkaran di sekitar mata berwarna putih (dari sini nama bahasa Inggris white-eye berasal) atau abu-abu.
8:26 AM | 4 komentar | Read More

Tips Seputar Cucak Jenggot

Banyak rekan rekan yang bertanya kepada saya baik itu melalui email, forum ataupun di facebook fan page kicaumaniabogor mengenai perawatan burung cucak jenggot agar menjadi lebih gacor dan tampil ngetrek. Berikut ini adalah salah satu ulasan atau kita sebut saja tips perawatan burung cucak jenggot dengan ramuan tradisional yang dikutip dari forum kicaumania, mudah-mudahan bisa bermanfaat buat anda semuanya. 
1:32 PM | 11 komentar | Read More

Burung salto, penyakit atau kebiasaan ?

Mempunyai burung yang bertingkah laku ganjil seperti salto atau 'jumpalitan' memang merupakan suatu hal yang menjadi masalah utama para penggemar burung kicauan , selain terlihat jelek karena burung yang tidak mau diam, juga kalau tidak diketahui penyebab saltonya malah akan membuat burung tersebut akan mendapatkan masalah besar di kemudian hari. Burung yang terkenal suka salto adalah cendet, robin, ciblek dan kacer. walaupun demikian masih ada juga burung burung lainnya yang mempunyai kebiasaan buruk tersebut. 
9:44 PM | 0 komentar | Read More

Selendang biru

Burung Selendang biru
Burung selendang biru adalah tipe burung fighter yang kurang begitu banyak diminati oleh penggemar burung kicauan, padahal suaranya yang merdu dan mengalun sangat cocok untuk master burung kicauan seperti cucak hijau, dsb. meskipun bertipe burung petarung (fighter) tetapi burung ini kurang begitu atraktif dengan kata lain hanya mengikuti moodnya saja. Namun semenjak ramainya kontes - kontes burung dengan suara yang lebih bervariatif menjadikan burung ini semakin banyak diminati untuk dijadikan burung masteran. perawatannya yang mudah sama seperti perawatan burung sejenis  tledekan lainnya ( tledekan gunung dan tledekan laut ) .

Deskripsi
Berukuran agak besar (16cm). Berwarna biru muda (jantan) atau kecoklatan (betina). Jantan: Tubuh bagian atas biru pirus terang, kekang hitam, tenggorakan dan dada biru lebih muda, perut putih keabu-abuan, penutup ekor bawah putih. Betina : Tubuh bagian atas coklat abu-abu, ekor lebih coklat-merah bata, tubuh bagian bawah coklat keabu-abuan, lingkar mata dan kekang kuning coklat. Remaja : Coklat, berbintik hitam dan kuning kecoklatan.

11:52 AM | 7 komentar | Read More

Natural therapy untuk burung anda

Natural therapy adalah sebuah cara untuk membuat burung yang kita miliki merasa aman dan nyaman sehingga berpengaruh terhadap kondisi mental dan kondisi kesehatannya. Sulit diprecaya memag akan tetapi pemberian natural therapy ternyata bisa membuat burung lebih aktif bergerak dan juga sebagai salah satu media menghilangkan stress pada burung terlebih terlebih jika burung tersebut hasil penangkaran yang mungkin selama hidupnya belum pernah mendengar suara-suara alami yang berasal dari hutan. 
11:29 AM | 0 komentar | Read More

Jalak Rio makin diperhitungkan

RIO-RIO (Grosbeak Starling Scissirostrum dubium)




Alt. Common Name : Grosbeak Myna, Finch-billed Myna, Celebes Starling, Celebes Myna, Latham's Myna, Scissorbill Starling
Bird Family : Sturnini - Starlings & mynas
Bird Group : PASSERIFORMES
Red Data Status : Unspecified
Taxonomic Notes : Species endemic to Sulawesi, Bangka, Lembeh, Butung, Banggai and Togian Islands of Indonesia.

RIO-RIO termasuk dalam keluarga jalak (starling), dahulu burung ini dianggap sebelah mata dengan penampilannya yg jelek suara ngk ngek ngek...paling mahal pun dulu cuma 10 ribu rupiah, namun dengan perkembangannya setelah burung ini dirawat suara yg dihasilkan sungguh mempesona hingga bisa dipakai buat master burung lomba.

Tak dipungkiri memang, sebelum adanya lomba burung-burung masteran nama burung rio-rio tak terdaftar sebagai burung lomba ataupun burung favorite melainkan hanya sebagai burung pelengkap saja yaitu sebagai pemaster burung lomba lainnya.
Akan tetapi sejak adanya lomba khusus masteran, burung asal Sulawesi inipun jadi terangkat pamornya dan mulai dilirik oleh para kicau mania terlebih aksinya di arena lomba sangatlah memukau dan menghibur para kicau mania karena faktor kemampuannya sendiri yang sudah mampu menirukan berbagai jenis suara burung lainnya.
Kini rio-rio sudah sangat ramai dipasaran,bakalanpun laku keras. Tak heran kalau harganyapun jadi melonjak naik. Jangan heran kalau rio-rio berprestasi akan bisa menembus kisaran harga jutaan.
Indah diwarna,hebat disuara serta mudah rawatannya merupakan alasan pokok saat ini mengapa banyak kicaumania yang menyenanginya.
Dengan rawatan mandi ,jemur serta pemberian pisang ataupun buah-buahan yang segar serta extrafoding sedikit sudah mampu membuat burung tersebur siap bertanding.
Kunci utamanya adalah dari pemberian buah yang intensive serta berkala atau terpola bisa membuat staminanya tetap prima.
perbedaan burung jantan dan betina bisa dilihat dari warna full merah  yang ada pada bagian atas ekornya sedangkan untuk betina berwarna oranye kemerah-merahan.
 
sumber: berbagai sumber
12:44 PM | 5 komentar | Read More

sekilas mengenai camperling

Camperling atau orang sunda menyebutnya burung cangkeling dan namanya populer dalam sebuah lagu di daerah sunda adalah burung yang satu keluarga dengan jenis jalak, burung ini makin digemari oleh kalangan penggemar burung sebagai burung masteran dan juga sebagai burung kicauan yang menarik untuk dipelihara. Suaranya yang tajam serta gaya telernya semakin membuat keberadaan burung ini di habitatnya kian langka.
Perawatan burung camperling sama dengan perawatan burung jenis jalak lainnya yang sangat mudah dalam pemberian pakan serta rawatan hariannya, burung ini menyukai buah-buahan misalnya pisang dan pepaya, juga pemberian EF seperti jangkrik dan belalang akan membuat burung ini semakin rajin berkicau dirumah anda.



Membedakan camperling jantan dengan betina bisa dilihat dari warna bulunya, untuk burung jantan warna seluruh tubuhnya hitam pekat dengan mata yang memereah hingga terlihat menyeramkan/sangar sedangkan untuk betina mayoritas berwarna burik didadanya dengan sayap yang tetap berwarna hitam. baik burung jantan maupun betina sama-sama bisa bersuara.

12:40 PM | 0 komentar | Read More

Seputar Jalak kerbau

Jalak merupakan jenis burung berkicau yang memiliki suara kasar dan keras dengan ragam variasi tembakan yang bisa juga dijadikan masteran bagi burung berkicau lainnya seperti Muray Batu. Banyak jenis-jenis burung jalak yang bisa dijadikan masteran seperti burung Jalak Suren, Jalak Putih, jalak Malaysia, Jalak Kebo, Jalak Cungko ataupun jenis-jenis dari keluarga jalak lainnya semacam Rio-rio dan lainnya.  
12:27 PM | 33 komentar | Read More

Tips menangani burung yang lepas dari kandangnya

Lepas ! siapa yang tidak akrab dengan kalimat tersebut, semua kicau mania pasti pernah mengalami jika suatu hari burung peliharaannya lepas dari kandangnya. 
bagaimana rasanya ? 
Burung lepas itu banyak disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah karena kecerobohan kita lupa menutup kandang ataupun menggantangnya di tempat yang mudah goyang / jatuh misalnya pada ranting pohon yang kecil atau pada pengait kandang yang sudah mulai longgar bisa jadi juga karena serangan binatang lain seperti tikus atau kucing. 
Lalu apakah yang harus kita lakukan jika suatu saat burung kesayangan kita lepas dari kandangnya, saya akan memberikan tips bagaimana mengatasi situasi yang demikian.  
10:31 PM | 4 komentar | Read More

Kandang Jebakan untuk burung


Kicaumania pastilah sangat phobia dengan yang namanya burung lepas gara-gara sangkarnya jatuh atau gara-gara kelupaan menutup pintu sangkarnya. Sebaiknya mulai sekarang kicaumania harus mulai mengantisipasinya dengan memiliki kandang yang berfungsi sebagai jebakan burung guna mengantisipasi lepasnya burung kesayangan kita. atau siapa tahu ada burung tetangga yang lepas terbang ke rumah kita, sukur-sukur itu burung cucak rawa :) 
Dipasar-pasar burung sudah banyak tersedia kandang - kandang jebakan yang harganya bervariasi antara 40ribu hingga 60ribu tergantung model pintu jebakannya... 


Di indonesia khususnya di pulau jawa ini kebanyakan menggunakan kandang jebakan model pintu yang mengarah ke atas dan model pintu jebakan dengan sistem geser. kandang ini memiliki dua ruang/tingkatan. kandang yg bawah untuk menempatkan jontrot / burung pemikat dan kandang bagian atas adalah kandang untuk menjebak burung. untuk jontrotnya sebaiknya menggunakan burung betina atau burung yang sudah jadi ( rajin berkicau ) dengan tujuan memancing burung lainnya menghampiri kandang. dan sebaiknya di dalam ruang jebakan ( kandang atas ) ditaruh ulat hongkong yang disimpan dalam sebuah wadah kecil. tujuannya agar burung yang terpancing oleh burung pemikat atau burung yang menghampiri kandang jebakan kita begitu melihat ulat akan langsung masuk dan secara otomatis pintu jebakan akan menutup. info lebih jelas dan lengkap bisa anda buka disini
10:31 AM | 1 komentar | Read More

Membedakan Perkutut Jantan atau Betina

Cara mengetahui burung perkutut jantan atau betina tidak hanya ditentukan dari rajin atau tidaknya burung tersebut bersuara, semua tergantung stamina dan mood dari burung tersebut, tetapi yang paling sering menjadi acuan dalam pemilihan burung jantan dan betina burung perkutut yang walaupun masih dipertanyakan ketepatannya adalah dengan cara;
  1. Melihat warna putih di atas paruh perkutut;
    Perkutut jantan biasanya warna putihnya sampai ke pelipis sementara untuk burung betina tidak.
  2. Meraba supit udang dari perkutut;
    Apabila salah satu supit udang terasa lunak sewaktu di sentuh dibandingkan yang satunya  maka burung tersebut kemungkinan besar adalah burung betina.
  3. Postur Tubuh perkutut;
    Burung betina biasanya memiliki postur tubuh lebih kecil dari burung jantan, dan akan sangat sulit membedakannya jika burung masih dalam keadaan piyik seteluran, yg kecil biasanya betina.
  4. Segi suara;
    Perkutut betina pada umumnya memiliki suara dengan volume kecil.
Ini merupakan generalisasi tapi banyak juga ditemui adanya deviasi dari kenyataan yang ada. Perkutut juara juga tidak sedikit yang berjenis kelamin betina. 
 
Tapi di kalangan peternak biasanya akan mengatakan sulit untuk mencarikan jodoh untuk perkutut juara yang bersuara kristal tembus karena betina yang bervolume besar yang cocok nggak mudah untuk diperoleh dan tentunya harganya mahal.

Dengan demikian bisa jadi perkutut betina bervolume besar sulit diperoleh oleh kalangan peternak dan apabila mereka memilikinya pasti tidak akan dijual dengan mudah atau dijual dengan harga tinggi. 

9:30 AM | 0 komentar | Read More

Peracikan pakan untuk Perkutut

Merawat burung perkutut harus dilandasi dengan perasaan kasih sayang agar burung selalu sehat dan juga rajin berbunyi seperti yang diharapkan. Perawatan utamanya seperti pemberian pakan selain harus betul-betul dan juga harus dalam keadaan bersih. Burung perkutut pada umumnya menyukai makanan sejnis biji-bijian, dan jika burung sudah mulai berbunyi pemberian pakannya bisa diberikan berupa millet dan gabah saja dengan makanan olahan yang bahannya terdiri dari campuran ketan hitam, millet, canary seed, jewawut, dengan beberapa macam bumbu seperti kencur, jahe, bawang putih, madu, kuning telur ayam kampung, lada putih dan garam dapur beryodium. Makanan olahan tersebut bisa dibeli di pedagang - pedangan burung atau toko binatang peliharaan. tetapi anda juga bisa mengolah sendiri makanan perkutut dengan resep seperti berikut: 

9:29 AM | 0 komentar | Read More

Perjodohan perkutut

Berdasarkan pengalaman dari beberapa rekan peternak perkutut serta bersumber dari informasi lainnya seputar perkutut, bahwa proses penjodohan perkutut bisa dibilang gampang-gampang susah, karena proses penjodohan ini harus didukung dengan beberapa faktor yang antara lain
  • Suara kedua Indukan yang cocok/pas.
  • Usia kedua Indukan yang serasi.
  • Menentukan jenis kelamin dari kedua Indukan yang benar.
  • Sifat-sifat kedua Indukan yang baik.
  • Menggunakan sistem yang tepat.
  • Kendala-kendala lainnya.
9:23 AM | 0 komentar | Read More

Kiat membeli Perkutut Piyik dan merawatnya untuk lomba


Tidak semua piyik perkutut akan mempunyai suara bagus dan bisa menjadi juara pada setiap lomba pada waktu umurnya sudah dewasa. Termasuk piyik-piyik dari kandang favorit, bahkan anakan dari perkutut jawara sekalipun. Sebaliknya, tidak jarang seekor piyik dari kandang pasangan biasa-biasa saja tidak mempunyai trah juara dan produk dari sebuah peternak kecil, malahan bisa menjadi juara pada saat setelah dewasa nanti. Jadi untuk mendapatkan perkutut juara yang dibeli sejak piyik bukanlah pekerjaan mudah, selain unsur kejelian rupanya keberuntungan juga akan menjadi faktor penentunya.

9:14 AM | 5 komentar | Read More

Fungsi Kerodong Bagi Perkutut

Kerodong, merupakan kain yang dibentuk dan dijahit untuk keperluan menutup sangkar burung. Kerodong yang baik terbuat dari bahan kain yang cukup ketebalannya. Karena jika kain agak tipis, maka burung yang didalamnya akan tetap terganggu karena melihat bayangan-bayangan benda atau manusia atau binatang yang bergerak disekitar.
Tentunya selain bahan yang cukup tebal, juga bentuk (ukuran kerodong ) terhadap sangkarnya harus baik, sehingga walaupun resletingnya sudah ditutup rapat, ada sirkulasi udara yang cukup dari luar ke dalam sehingga burung di dalamnya tetap nyaman.

Kerodong dipergunakan untuk menutup sangkar burung dengan berbagai tujuan yaitu :

1. Menenangkan burung

diperlukan untuk burung yang baru dibeli dalam beradaptasi terhadap lingkungan baru, terutama jenis burung yang rentan terhadap stress. Selain itu juga untuk keperluan pengangkutan (transportasi) dari satu tempat ke tempat lain, misalnya pada saat dibawa ke arena lomba dll.

2. Menghindari burung dari angin kencang dan udara yang dingin.

Kerodong biasanya juga digunakan untuk menutup sangkar burung pada malam hari, terutama jika tempat mengantung sangkarnya angin sering berhembus dengan kencang, apalagi pada malam anginnya lembab dan akan mengurangi kondisi fitness dari si burung.

Kedua kegunaan di atas merupakan fungsi mendasar dari kerodong, walaupun demikian karena menutup sangkar burung dengan kerodong akan berefek membuat burung menjadi tenang tetapi sekaligus si burung menjadi mengurangi kicauannya dalam keadaan tertutup, maka hal ini menjadi suatu fungsi lanjut dari kerodong yang banyak dipergunakan oleh para penghobi burung untuk persiapan burung jagoannya dalam menghadapi lomba.
Fungsi Kerodong bagi Perkutut
Kerodong juga berfungsi sebagai sarana untuk menenangkan perkutut dan menghindari tiupan angin pada malam hari atau pada waktu sedang sakit. Pada lomba-lomba, burung perkutut yang terlalu gacor, sengaja dibiarkan kerodongnya dalam keadaan tertutup, sampai pada detik-detik terakhir sebelum lomba dimulai, tujuannya agar si perkutut tidak langsung manggung sebelum pertempuran dimulai, karena justru akan drop staminanya pada saat lomba sudah dimulai dari juri mulai memberi nilai (perkutut yang terlalu gacor setelah banyak bunyi akan menurun kualitas anggungannya, sehingga penilaiannya akan turun).

Selain itu pada persiapan lomba, 1 seminggu sebelum lomba terutama 2-3 hari menjelang lomba, ada penghobi yang sengaja mengerodong perkututnya agar tenang beristirahat sehingga stamina tetap terjaga. Tentu saja si perkutut sudah pernah dilatih dengan pengerodongan sebelumnya dan kombinasi perawatan tersebut dikombinasikan dengan jadwal latihan terpadu mulai dari jenis dan porsi makanan, lama dan waktu penjemuran, pengerodongan (istirahat), pemberian vitamin dll.

Latihan terpadu bagi perkutut tersebut termasuk pengerodongan sebaiknya dilakukan secara rutin bahkan sebelum seekor perkutut siap untuk lomba. Perawatan begitu penting seperti halnya seorang manager sepakbola sebuah klub dalam memberikan latihan fisik dan tehnik bagi pemainnya. Dalam hal ini si perkutut bukan hanya siap dalam stamina yang prima, juga mental yang siap pula.
Tehnik pengerodongan burung kicauan memang agak berbeda dengan perkutut, kalau pada kicauan kelihatanya porsi kerodong memang sangat dominan, seolah-olah kerodong berfungsi sebagai tombol saklar, sehingga ketika saklar dibuka, maka si burung akan langsung berkicau dengan lantang (karena senang).

Pada perkutut pengerodongan dilakukan pada waktu-waktu tertentu saja dan tidak dilakukan sepanjang hari, mengenai lama dan waktu kerodong dan training lainnya tentunya disesuaikan dengan strategi dari masing-masing pemilik perkutut.

9:09 AM | 0 komentar | Read More

Perawatan Perkutut pada Musim Hujan

Musim pancaroba seperti sekarang ini yang merupakan musim peralihan dari kemarau ke musim hujan memang merupakan saat yang paling banyak menyebabkan penyakit, terutama penyakit gangguan pernafasan seperti flu, batuk, influensa dan pilek.
  Bukan hanya manusia yang banyak mengalami penyakit gangguan pernafasan seperti itu, tapi juga burung perkutut. Sehingga seringkali Bird Farm (peternak perkutut) terutama yang berskala besar dalam jumlah kandang, cukup repot karena banyak perkututnya yang terkena influensa yang dapat mengakibatkan kematian. Burung perkutut yang terserang flu, pada awalnya tampak sering diam saja dan bulu muka serta bulu badannya berdiri. Hal ini disertai pula dengan mata yang mengantuk dan hidung yang berlendir. Setelah memasuki hari kedua dan ketiga, perkutut yang sakit tersebut kondisinya semakin buruk. Selain hanya diam dan mengantuk, perkutut yang sakit flu juga tidak mau makan dan minum, sehingga badannya menjadi kurus dan lemas. Jika tidak segera diobati, biasanya pada hari ketiga ini atau paling lambat hari ke-4, perkutut yang terserang flu ini akan mati.

Untuk mengobatinya dilakukan dengan cara pemberian kapsul terafit yang banyak dijual di pasar burung. Caranya: 5-7 butir kacang hijau direndam dalam air hangat hingga agak lunak (direndam sekitar 20 menit), kacang hijau yang sudah lunak itu ditiris dan direndam dalam mangkok kecil yang berisi bubuk kapsul terafit yang dicairkan dengan 1 sendok makan air matang dan biarkan selama 5 menit.

Burung yang sakit flu diberikan kacang hijau rendaman obat terafit dan pastikan setiap butir kacang hijau tersebut sudah masuk ke dalam temboloknya , kemudian sisa larutan terafit juga diberikan kepadanya hingga habis. Maksud dari pemberian kacang hijau dan air yang dicampur dengan obat terafit adalah sebagai makanan, minuman sekaligus obat, karena seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa burung perkutut yang terserang penyakit flu, tidak mau makan dan minum.

Pada sore hari, burung perkutut yang sakit flu diberikan 2-3 potongan kecil bawang merah dan bawang putih, serta hidung dan badannya kita usapkan dengan bawang merah yang sudah ditumbuk halus supaya badannya menjadi hangat. Setelah diberikan bawang, berikan pula 7 butir kacang hijau yang sudah direndam air hangat tanpa obat terafit. Dan sangkarnya digantung di dalam rumah atau di teras rumah dan di dekatkan dengan lampu supaya hangat.
Perlakuan seperti di atas dilakukan selama 3 hari berturut-turut, pada hari ke-4 hingga hari ke-7, pemberian obat terafit dihentikan, karena perkutut yang sakit flu sudah membaik dan bisa makan - minum sendiri. Tetapi pada sore harinya masih perlu diberi bawang merah dan beberapa butir kacang hijau rendaman dengan tujuan membantu proses pemulihan kesehatan.

Untuk mencegah penyakit saluran pernafasan, maka yang harus diperhatikan adalah :
  1. Jaga kebersihan sangkar / kandang serta tempat makan dan minum.
  2. Berikan makanan tambahan berupa ketan hitam dan sedikit godem pada musim hujan.
  3. Jangan sampai perkutut terkena air hujan.
  4. Jangan memandikan perkutut pada saat cuaca tidak mendukung.
  5. Berikan setiap minggu, beberapa potong kecil bawang merah dan bawang putih serta 5 s/d 7 butir kacang hijau yang sudah direndam hingga lunak untuk memperkuat daya tahan tubuh.
  6. Segera pisahkan perkutut yang sakit untuk menghindari menularnya penyakit.
Semoga Tips perawatan dan pencegahan penyakit flu pada perkutut di atas dapat berguna dalam merawat perkutut kesayangan.
9:04 AM | 4 komentar | Read More

Makanan yang harus dihindari untuk burung kicauan

Memiliki binatang peliharaan semacam burung kicauan tentu adalah sebuah hobbi yang sangat mengasyikan, disamping bisa memandang burung kicauan kita yang berloncatan didalam sangkar dengan warna bulunya yang indah juga hal yang penting adalah kita bisa mendengarkan nyanyiannya. salah satu hal mengapa kita begitu menyenangi burung kicauan adalah pengalaman merawat burung bakalan menjadi burung jadi/gacor disitulah suka dukanya kita sebagai penggemar burung kicau, dalam merawat burung kadang kita begitu terlalu antusias untuk melihat burung kita cepat berkicau dengan memberikannya makanan atau juga buah-buahan yang tidak kita ketahui apakah makanan atau buah-buahan tersebut baik bagi burung kita. 
12:31 PM | 0 komentar | Read More

Perbedaan burung jantan dan betina

Sewaktu membeli burung dengan maksud ingin mendengarkan kicauannya kadang kita sering kali di 'tipu' mentah-mentah oleh pedaganga burung yang mengatakan bahwa burung yang dijualnya burung 'pejantan tangguh', oleh karena itulah menanggapi permintaan beberapa rekan-rekan semua serta berdasarkan pengalaman saya membeli burung betina yang dikatakan sebagai burung jantan ,disini akan saya rangkum semua perbedaan jantan dan betina masing-masing burung yang saya dapatkan dari berbagai sumber :
9:02 PM | 25 komentar | Read More

Beo si pintar yang gemar bicara

Beo, mamiang, atau tiong emas (Gracula religiosa) adalah sejenis burung anggota suku Sturnidae (jalak dan kerabatnya). Wilayah persebaran alaminya adalah mulai dari Sri Lanka, India, Himalaya, ke timur hingga Filipina dan Jawa. Burung ini dapat ditemukan di dataran rendah hingga dataran tinggi lebih dari 2000m. Karena kemampuannya menirukan bahasa manusia, burung ini menjadi hewan peliharaan populer.

10:01 AM | 9 komentar | Read More

Seputar Burung Blackthroat

Blackthroated canary atau Yellow-rumped Seedeater [serinus atrogularis] adalah burung kicauan dari jenis fringilidae [ kenari ] yang termasuk dalam kelompok serinus, burung ini berasal dari benua afrika. sebutan blcakthroat diambil dari warna fisik dari burung ini yang berwarna hitam pekat di bagian tenggorokannya yang terlihat seperti menggunakan dasi dilehernya serta terdapatnya noktah hitam pada bagian leher. Blackthroat yang ada di Indonesia terdiri atas dua macam yaitu ; Blackthroat yang memiliki warna coklat serta yang berwarna putih ke abu-abuan [kelabu]. Burung blackthroat yang berwarna kecoklatan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan burung blackthroat yang berwarna putih kelabu. Sementara penggemar burung lebih memilih burung blackthroat yang berwarna putih kelabu karena warna yang lebih bersih sehingga indah dilihat dengan proporsi tubuh yang serasi. 
Suara dari kedua jenis burung ini tidak ada perbedaan keduanya bisa bersuara dengan keras, ngeroll dan kristal, sebenarnya cukup sulit jika kita harus membedakan apa kelebihan dan kekurangan dari dua jenis yang berbeda warna ini. 
9:42 AM | 3 komentar | Read More

Jenis - Jenis Burung Muray Batu

Burung murai batu (Copychus malabaricus) adalah anggota keluarga Turdidae. Burung keluarga Turdidae dikenal memiliki kemampuan berkicau yang baik dengan suara merdu, bermelodi, dan sangat bervariasi. Kepopuleran muray batu tidak hanya dari segi suaranya yang menarik tapi juga dari gaya bertarungnya yang bisa atraktif dengan tarian ekornya.
Burung muray batu terbagi kedalam beberapa jenis tergantung habitat asli serta asal daerah dari burung tersebut berasal. sementara jenis - jenis muray batu yang kita kenal di sini adalah :
9:11 PM | 2 komentar | Read More

Tips memilih dan membedakan burung bakalan

Memilih Burung bakalan

Sewaktu kita berada di pasar burung kita acapkali ditawari dengan burung jadi , burung bakalan dan burung bakalan muda hutan . tapi apakah kita mengerti maksudnya , untuk penggemar burung kicauan yang sudah malang melintang di dunia perburungan tentu hal tersebut sudah dapat dengan mudah membedakan antara burung bakalan muda , burung jadi dan burung bakalan muda hutan.  Tapi bagi pemula tentunya tentunya akan sulit untuk membedakannya. Sekarang topik kita kali ini adalah membedakan antara Burung jadi , Burung bakalan serta burung muda hutan serta tips dan bagaimana memilih burung bahan yang bagus dan mempunyai prospek kedepannya. 

12:48 AM | 9 komentar | Read More

Beberapa penyakit pada burung kenari

Ini adalah beberapa jenis penyakit yang sering terjadi pada Burung Kenari, diantaranya :

1. GANGGUAN PERNAPASAN
Penyakit gangguan pernapasan sering menyerang burung kenari, baik jantan maupun betina. Penyebab penyakit pernapasan adalah adanya infeksi sekunder pada saluran pernapasan oleh E. coli dan virus sejenis Mycoplasma gallisepticcum yang lebih terkenal dengan nama CRD (Chronic Respiratory Desease). Jika sudah kronis, penyakit ini sangat sukar disembuhkan dan biasanya lama kelamaan burung kenari yang terinfeksi penyakit ini akan mati. Penyakit pernapasan bersifat menular. Penularan penyakit ini dapat terjadi melalui kontak langsung antara kenari yang terinfeksi dari kenari yang sehat. Misalnya, indukan yang terinfeksi penyakit dan menyuapi anaknya, maka anak-anak burung yang disuapi akan tertular oleh penyakit tersebut. Penularan penyakit pernapasan juga dapat terjadi melalui keturunan. Anakan kenari yang berasal dan indukan yang sudah terkena penyakit akan mewarisi penyakit yang dimiliki oleh induknya tersebut. Penularan penyakit pernapasan dapat juga terjadi melalui makanan, minuman, lingkungan kandang yang kurang bersih, dan makanan/minuman yang tercemar kotoran burung yang terinfeksi penyakit.
12:26 AM | 1 komentar | Read More

Kisah mengharukan dari sepasang burung

Burung adalah juga makhluk Tuhan yang paling eksotis , dengan keindahan warna dan bulu-bulunya juga keindahan nyanyian yang disuarakannya, tetapi ternyata dibalik semua itu Burung juga memiliki hati-nurani, terlebih kepada pasangannya. Gambar berikut membuktikan bahwa pasangan burung ini adalah pasangan yang setia kepada pasangannya.
10:15 PM | 5 komentar | Read More

Hwamei | Riwayatmu kini ...

Hwamey (Leucodioptron canorum, formerly Garrulax canorus) atau lebih akrab dikenal dengan sebutan wambi adalah burung yang pernah populer di kalangan pecinta burung kicauan indonesia di tahun 90an, sejajar dengan burung burung lain yang juga memiliki banyak penggemar dizamannya yaitu Poksay, Samho, Robin peking, dan Jalak hongkong. Populasi hwa mey saat itu cukup banyak dipasaran maupun di habitatnya di negeri china sehingga burung hwamey yang diambil dari bahasa china ( hua-mei ) yang berarti 'alis yg dicat' itu banyak di ekspor ke negara-negara tetangga termasuk Indonesia dan malaysia. namun semenjak terjadinya kasus flu burung pertama kali yang mewabah di negeri china , pemerintah indonesia menutup pintu masuk burung-burung serta unggas-unggas impor dari negeri china dan ini termasuk burung hwamei, poksay, robin peking, jalak hongkong dan samho. bahkan kelangkaan burung hwamei ini pun terasa hingga saat sekarang ini. 
6:09 PM | 9 komentar | Read More

Mengapa burung bernyanyi

Burung pengicau bisa diibaratkan seperti halnya seorang Penyair dan juga Musisi. Kicauan suaranya merupakan salah satu fenomena yang paling indah yang dihasilkan oleh alam. Dan ini menjadi kenikmatan tersendiri bagi pecinta burung kicauan , Lagu lagu mereka yang terdengar merdu di telinga kita sebenarnya merupakan hasil dari 'animal instinct' mereka terhadap predator, pasangannya, dan juga burung sejenisnya untuk menunjukan kekuasaan atas wilayahnya. jika diartikan kedalam bahasa kita, kicauan burung sama dengan ' Pergi kau' dan " Datanglah kepadaku'. 
Lagu-lagu yang dinyanyikan mereka terbentuk oleh lingkungannya, seperti halnya musisi Rap yang memiliki 'nada intonansi/tune' berbeda dengan aliran musik lainnya, misalnya dangdut dsb. misalnya burung nightingdale yang menyanyikan lebih dari 300 lagu yang berbeda dalam setiap kicauannya, Burung kenari mampu bernyanyi selama 30 detik dengan menahan nafasnya, Bahkan salah seorang musisi dari inggris David hindley mengeksperimen suara burung  dengan memperlambat intonasi kicauannya dan menemukan persamaan antara kicauan dari burung tersebut dengan orkestra symphoni beethoven kelima.
Rata-rata burung bernyanyi untuk menunjukan 'kepribadian' mereka atau 'untuk menarik minat' burung betina dan selain dari nyanyiannya burung juga memiliki cara dan gaya yang berbeda dalam membuat si betina tertarik. 
6:21 PM | 0 komentar | Read More

Tips Perawatan Kacer

Kunci dalam bermain Kacer di lapangan adalah rawatan harian.
Kenapa ?? Seperti yang seringkali di ulas bahwa yang paling penting kita atur adalah mental, emosi dan birahi Kacer .
Burung fighter seperti Kacer memang diibaratkan petarung yang harus komplit memiliki; mental, stamina dan killing puch.
mental kurang = mbagong
stamina kurang = mbagong (awal kerja separoh jln mbagong)
killing punch = ga menang (ngerol aja ga punya tembakan,puayaahhh....)

Makanya sering muncul istilah “jalani rawatan pemilik sebelumnya” yang
menjadi solusi singkat walau belum tentu jitu. Kenapa ?? Apakah kita yakin betul dengan rawatan pemilik sebelumnya Kacer tersebut telah stabil, atau hanya kebetulan saja pada saat tsb dia mau nampil.

2:14 PM | 31 komentar | Read More

Cekakak Jawa : si gesit yang menawan

Burung Cekakak atau raja udang bahkan juga dikenal dengan nama tengkek adalah satu spesis burung yang menyebar di beberapa benua termasuk asia, afrika serta australia. Penyebarannya meliputi india hingga asia tenggara termasuk  sumatera dan kepulauan jawa.
Di indonesia sendiri terdapat sekitar 45 jenis dari burung raja udang ini dan yang paling populer adalah burung cekakak jawa [ Halcyon cyanoventris ] .
 Cekakak jawa banyak ditemukan di daerah - daerah  pinggiran sungai di hutan-hutan pulau jawa dan sumatera,  bulunya yang berwarna biru terang dengan bercampur sedikit warna hitam pada bulu sayap menjadi ciri khas dari warna burung cekakak jawa di tambah lagi dengan warna hitam pada kepala dan paruh berwarna merah membuat burung cekakak jawa begitu elok dan menawan.
4:23 PM | 0 komentar | Read More
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...