KLUB BURUNG INDONESIA

Solusi Kacer mogok bunyi sehabis mabung

Apakah anda memiliki burung kacer yang kini jadi jarang bunyi setelah selesai mabung, padahal sebelumnya burung tersebut bisa dibilang termasuk gacor atau rajin bunyi. permasalahan tersebut biasanya terjadi karena ada gangguan metabolisme dalam tubuh burung tersebut yang membuat kacer tidak dalam kondisi sebelum mabung.




Sewaktu mengalami masa mabung burung akan lebih memfokuskan pada usahanya untuk merontokan bulu lama dan untuk itu burung membutuhkan nutrisi dan makanan yang penuh protein termasuk vitamin untuk mendukung aksinya tersebut, dan dalam masa itu sebenarnya burung merasa 'sakit' jadi sangat tidak bagus dan tidak ada manfaatnya kalau sewaktu burung dalam kondisi mabung kita paksakan untuk terus berkicau apalagi dipaksa keluar sifat fighternya misalnya dalam sebuah lomba atau kontes. sebaiknya pada saat burung mabung tersebut diberikan perawatan mabung seperti :
  1. Full Kerodong untuk membuat burung lebih tenang menghadapi masa mabungnya dan melucuti bulu-bulunya dengan sempurna. 
  2. Stop Mandi dan Jemur selama bulu mulai rontok. 
  3. Full ekstra Fooding yang lebih dari biasanya.
  4. Pemberian Vitamin yang sesuai selama masa mabung misalnya BirdVit dan BirdMoltPre untuk membantu burung mengatasi masa mabungnya. 


Setelah burung melewati masa mabung dan bulu-bulu baru mulai tumbuh, waktunya kita beralih ke perawatan pra mabung. yang antara lain :

  1. Full kerodong untuk membuat burung lebih tenang dan pertumbuhan bulu yang lebih sempurna dan lebih cepat.
  2. Mandi dua kali sehari dengan penjemuran yang secukupnya, lalu setelah itu burung kembali di kerodong.
  3. Full Ekstra Fooding yang lebih dari biasanya.
  4. Pemberian Vitamin yang sesuai selama masa pertumbuhan bulu baru seperti BirdVit dan BirdMoltPost [BMT Post] untuk membantu burung menumbuhkan bulu-bulu barunya dengan sempurna.
Dan untuk mengembalikan stamina dan kondisi burung setelah mabung selesai, pengaturan rawatan dan pakan yang penuh protein juga hendaknya tetap diberlakukan. misalnya pemberian vitamin harus selalu disiapkan sebelum burung benar-benar dalam kondisi FIT setelah mabung, hal ini agar burung akan masuk pada TOP FORM nya setelah bulu-bulu barunya sudah FULL atau tuntas. perawatan yang tidak tepat akan membuat burung menjadi kurang kondisi dan malah setelah mabung selesai burung menjadi tidak gacor ataupun berkurang frekuensi gacornya atau tidak bunyi sama sekali.

Berikut adalah perawatan untuk mengatasi burung kacer yang menjadi macet bunyi, atau berkurang kegacorannya setelah masa mabung selesai :

  1. Pemberian pakan ekstra fooding yang lebih ditingkatkan misalnya pemberian jangkrik yang harus konsisten setiap harinya contohnya pagi dan sore 7 ekor. 
  2. PEmberian Ulat hongkong yang juga ditingkatkan dan harus konsisten setiap harinya misalnya 7 ekor pagi dan sore.
  3. Pemberian Kroto diberikan satu sendok teh saja yang diberikan setiap pagi hari. 
  4. Pemberian Mandi sore 2 hari sekali setiap minggunya.
  5. Bersihkan dan jaga kebersihan kandang
  6. Jemur secukupnya dikarenakan sekarang sedang musim penghujan.
  7. Berikan tambahan EF yang lain seperti belalang hijau, kelabang, cacing tanah, ulat bambu dan lain sebagainya.
  8. Berikan Vitamin misalnya BirdVit yang dicampurkan dengan airminumnya setiap harinya.

Dengan perawatan yang konsisten tersebut burung kacer akan kembali ke kondisi seperti sebelum saat mabung. semoga bermanfaat.

-->

Artikel terkait : 


2 komentar :

MASTERz Seo said...

cucok banget gan artikelnya,semua yang ane cari ada di sini..sekedar berbagi informasi gan barang kali pengen bertenak ikan cupang untuk bisnis bisa baca panduanya DI SINI salam kenal ane blogger dari madiun

Sewa Mobil Jakarta Selatan said...

vitamin emang harus perlu sekali yes

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...