Jangan remehkan kegemukan pada burung

2/23/2013


Kegemukan atau obesitas pada burung adalah hal yang lumrah terjadi pada burung peliharaan, itu bisa terjadi karena porsi makan yang terlalu berlebihan atau tidak teratur misalnya burung hanya diberikan pakan yang tidak bervariasi, 
Banyak kasus burung mengalami kegemukan karena mereka kekurangan energi, maksud dari kekurangan energi adalah burung jarang menggunakan energi yang banyak untuk terbang sehingga pembakaran lemak tidak terjadi didalam tubuhnya, untuk mengatasi masalah kekurangan energi tersebut bisa dengan cara melatih burung dengan menggunakan kandang umbaran.

Makanan yang tidak cocok. Pakan burung yang ada selama ini memiliki kalori yang lebih banyak dibandingkan dengan makanan mereka sewaktu di alam liar. banyak juga pakan burung yang memiliki kadar lemak yang tinggi dan kadang kita pun secara langsung memberikan burung pakan yang mengandung lemak yang tinggi seperti kwaci ( biji bunga matahari), kacang, dll. pemberian buah yang sama seperti pisang dan terus menerus setiap harinya juga bisa memicu obesitas pada burung.

Jika tidak segera ditangani, kegemukan bisa memicu banyak penyakit 
Beberapa burung yang sangat rentan mengalami kegemukan ini adalah kenari, pleci, robin, kacer dan beberapa jenis Anis.
Menurut beberapa ahli kegemukan pada burung juga bisa memicu timbulnya hal hal berikut, jadi jangan anggap remeh kegemukan pada burung anda. 

  • Penyakit hati atau hepatic lipidosis: bisa berakibat sangat fatal. terbentuk dari lemak yang terakumulasi dalam hati mengakibatkan fungsi normal dari hati bisa menurun termasuk kecenderungan pendarahan, hilangnya nafsu makan dan paruh serta kuku kaki yang tumbuh secara berlebihan. 
  • Sulit bernafas dan jadi tidak lincah. burung yang mengalami kegemukan akan mengalami kesulitan bernafas yang diakibatkan oleh menumpuknya lemak didalam tubuh sehingga hanya memiliki sedikit ruang untuk kantung udaranya. selain itu burung mejadi kelebihan berat badan dan bisa berpengaruh pada kelincahannya sehingga burung jadi malas bergerak. 
  • Masalah reproduksi. Burung yang kegemukan akan mengurangi kemungkinannya untuk berkembang biak dan burung lebih rentan terhadap masalah seperti egg binding.
  • Umur lebih pendek. seperti halnya binatang lainnya burung yang memiliki klebihan berat badan lebih cenderung memiliki jangka hidup yang singkat serta kualitas hidup yang buruk. 
Untuk pencegahan dan pengobatan masalah kegemukan ini, burung bisa diatur mulai dari pemberian pakannya dengan makanan yang bervariasi serta memberikan latihan setiap tiga kali seminggu selama satu hingga dua jam didalam kandang umbaran untuk membakar lemak yang menumpuk di tubuhnya.  

Semoga bermanfaat


Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

1 comments:

Write comments