Kenali burung cucak hijau semiran

2/04/2013
Banyak penggemar burung kicauan yang akhirnya harus menerima kenyataan bahwa burung cucak hijau yang baru dibelinya ternyata berjenis kelamin betina, hal ini terjadi kalau kita terlanjur membeli burung cucak hijau semiran.


burung cucak hijau semiran

Cucak hijau adalah burung kicauan yang sangat populer di kalangan kicaumania. Burung ini dikenal cukup cerdas, bersuara variasi, dan bisa dimaster dengan suara kicauan burung lainnya. Jantan dan betina pun memiliki suara kicauan yang tidak jauh berbeda. 

Karena kesamaan gaya dan suaranya, pedagang yang berniat tidak jujur tentu dengan mudah merubah penampilan burung betina jadi mirip burung jantan dengan cara disemir atau ada juga yang sekedar menorehkan noda hitam pada bagian leher atau dagunya lalu menjualnya sebagai cucak hijau trotolan.

Nah, dengan mengenali ciri-ciri burung cucak hijau jantan dan betina, serta bagaimana ciri-ciri burung cucak hijau hasil semiran maka kita bisa terhindar dari segala unsur penipuan yang dilakukani penjual yang tidak jujur.  Berikut tips mengenali burung cucak hijau semiran: 


Ciri-Ciri khusus Burung Cucak Hijau betina
Burung betina yang masih berusia muda memiliki ukuran tubuh yang lebih panjang dan langsing dibanding ukuran tubuh burung jantan yang cenderung lebih bongsor. sedangkan ciri khusus yang bisa diamati adalah sebagai berikut:



Perbedaan mencolok antara burung betina muda dan burung betina dewasa 
  • Warna lingkar mataPada bagian lingkaran mata. pada burung yang masih sangat muda lingkar mata akan berwarna seperti halnya burung jantan yaitu kuning, dimana warna ini akan memudar dan berganti warna menjadi keputihan setelah berganti bulu dewasa. Sedangkan pada burung jantan lingkar mata tersebut akan berubah menjadi kehitaman setelah berusia dewasa. 
  • Warna bawah dagu dan leherBegitu juga dengan warna bulu pada bagian bawah dagu dan lehernya yang berwarna kuning terang dan setelah berganti bulu warna kuning pada bagian tersebut berangsur angsur memutih. sedangkan pada burung jantan warna kuning ini akan berganti menjadi warna hitam setelah burung dewasa. 
  • Warna di bawah paruh. Warna paruh pada burung betina adalah coklat terang sedangkan burung jantan berwarna hitam. 

Kenali burung semiran

Untuk mengenali bagaimana ciri-ciri burung semiran bisa diamati dari : 

  • Warna hitam yang cenderung lebih berwarna doff atau tidak mengkilat seperti warna asli burung jantan. 
  • Warna garis kebiruan yang ada dipangkal paruh tidak tampak. 
  • Burung betina yang disemir hingga berbentuk topeng/nopeng, jika diperiksa pada bagian kulit lehernya pun akan berwarna hitam akibat hasil semiran tersebut. 
  • Paruh yang dicat hitam baik dengan spidol atau pewarna lain bisa dihapus dengan menggunakan jari tangan yang diolesi minyak kayu putih atau air, kalau jari kita turut berwarna hitam berarti warna paruh tersebut adalah hasil semiran dan burung tersebut adalah burung betina. 
  • Burung cucak hijau jantan biasanya akan memiliki tubuh yang berwarna hijau kekuningan, tentunya untuk membedakannya dibutuhkan dua ekor atau lebih maka pilihlah tubuh yang berwarna hijau kekuningan dengan warna kuningnya lebih terang. 
  • Untuk suara burung cucak hijau betina ada yang bersuara kencang seperti halnya jantan, tetapi suara nya lebih cenderung ngeban atau di ulang-ulang dan lebih rajin ngeriwik serta lebih sering mengeluarkan suara aslinya. 
Itulah beberapa tips bagaimana mengenali burung cucak hijau semiran serta beberapa tips mengenali perbedaan burung jantan dan betinanya. semoga tips ini bisa bermanfaat bagi anda semua terutama pemula yang masih bingung menentukan burung cucak hijau jantan dengan betinanya. 

Salam kicau.
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close