Merawat Kenari mabung

2/18/2013

Masa Molting atau mabung bagi burung kenari ibaratnya adalah sebuah cobaan yang berat bagi burung tersebut, bayangkan saja pada masa itulah burung akan merontokan serta menumbuhkan kembali bulu-bulu barunya yang berjumlah lebih dari 2000 helai bulu! dan berikut ini adlaah beberapa langkah yang bisa anda terapkan untuk meminimalisir Stress akibat mabung tahunan ini terhadap burung peliharaan anda.

Burung kenari akan mengalami masa pergantian bulu sekali setiap tahunnya, dan biasanya berlangsung pada musim panas ataupun pada awal musim gugur, namun ada kalanya juga perubahan cuaca dan suhu juga bisa membuat masa mabung mereka datang lebih awal, dan masa mabung yang seperti inilah yang bisa berpengaruh banyak terhadap kesehatan dari burung.

Karakter dan Kondisi selama mabung

Jika burung kenari mengalami masa mabung lebih cepat dari biasanya atau masa mabung diluar jadwal tahunannya, misalnya karena perubahan cuaca atau suhu maka cobalah untuk membatasi masa aktif burung kenari menjadi selama 8 hingga 10 jam setiap harinya, selebihnya adalah memberikannya kerodong atau disimpan ditempat yang tenang untuk beristirahat, serta pencahayaan yang diberikan juga haruslah yang Full Spektrum, agar bis amembantu dalam menormalkan siklusnya dan juga mendukung fungsi kekebalan tubuhnya.
Kenari yang mengalami kondisi Stress bisa menyebabkan mabung yang tidak tuntas, beberapa penyebab stress ini bisa berasal dari bermacam-macam sebab diantaranya ketakutan ( karena kebisingan, hewan lain yang ada disekitarnya, sering dipindah/diangkat sangkarnya ) serta penyebab lain yang secara umum bisa berpengaruh terhadap periode mabung burung kenari.

Dalam kondisi normal, Kenari akan selesai melewati masa mabungnya dalam waktu 6 hingga 12 minggu, selama waktu itu bulu-bulunya akan longgar dan tampak berantakanm dan burungpun akan terlihat lebih lesu dan menjadi kurang aktif dari biasanya, dan berhenti berkicau. Hal tersebut merupakan reaksi normal dari masa mabung tersebut yang jelas-jelas menguras energi dari burung tersebut, energi yang tersisa itu digunakan burung untuk menumbuhkan bulu-bulu barunya , sehingga pada kondisi tersebut akan sangat buruk akibatnya jika burung dipaksakan untuk berkicau. selain itu burung yang sedang mabung ini juga mengalami penurunan kondisi fisiknya dimana ia akan kurang merespon dan juga tidak dapat menghindari dari binatang predator yang akan mengganggunya.

Perawatan selama mabung

Meskipun terlihat tampak kurang aktif, tetapi kebutuhan burung akan protein dan lemak akan meningkat dua kali lipat dari biasanya, terlebih pada masa mabung ini dimana bulu-bulu itu sendiri merupakan bagian burung yang terdiri dari 88% - 85% protein. Berikan pakan yang penuh gizi sepreti Egg Food ( makanan telur yang kaya gizi ), Biji-bijian yang kaya minyak seperti Niger Seed,Hemp Seed serta Telur Kroto ataupun Jika kenari anda terbiasa bisa diberikan tepung jangkrik atau Ulat Hongkong, semua pakan tersebut adalah pakan tambahan yang sangat penting selama periode molting ini. Selain pakan tersebut kebutuhan kenari akan sayuran berwarna hijau gelap pun sangat diperlukan.
Salah satu hal yang paling penting dalam merawat kenari yang sedang mabung adalah pemberian multivitamin yang diperlukan, karena tidak semua vitamin an protein yang diterima oleh burung kenari ini didapatkan dari pakan hariannya, jadi pemberian multivitamin seperti BirdVit dan BirdMineral merupakan sebuah tindakan yang sangat bijaksana.

Pemberian Mandi selama masa mabung bisa diberikan, terlebih pada masa pertumbuhan bulunya, hal itu diperlukan untuk menyegarkan kulit dan membantu menumbuhkan bulu-bulu baru tanpa burung mengalami rasa nyeri.

-->

Demikian tips singkat mengenai siklus mabung dan perawatan burung selama mabung ini, semoga bermanfaat bagi kicaumania di indonesia. salam kicau
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
kicau senja
AUTHOR
December 31, 2015 at 5:33 PM delete

Ulat hongkong kering sebagai EF untuk merawat kenari. Praktis, higienis, mudah dicerna dan telah teruji kandungan nutrisinya

Klik link dibawah ini untuk detailnya
Ulat hongkong kering sebagai EF untuk merawat kenari

Reply
avatar

Komentar spam akan langsung kami hapus

close