close
close


Tips memilih kenari ombyokan

Sering kita jumpai di pasar-pasar burung dimana dijual burung kenari hasil tangkaran dalam kandang ombyokan, hampir rata-rata kenari yang dijual di kandang ombyokan tersebut berusia dua hingga tiga bulan, sehingga harganya pun masih sangat terjangkau dan tentu saja dengan resiko bisa mendapatkan burung kenari yang berjenis kelamin betina kalau kita tidak cermat dalam memilihnya. 



Harga burung kenari bakalan yang murah meriah ini lah yang menggoda dan memicu ketertarikan dan minat banyak pemula atau kicau mania yang ingin merawat dan memelihara burung yang memiliki warna yang cantik-cantik ini. 

Dan untuk membantu kalian yang hobi membeli burung bakalan khususnya kenari ombyokan ini, berikut ini adalah beberapa tips atau panduan bagaimana cara memilih dan membedakan burung kenari bakalan yang memiliki prospek bagus. serta bagaimana membedakan kenari jantan dengan betina.


Tips memilih kenari bahan di ombyokan 


  • Dalam memilih kenari bahan ini kalau anda ingin kenari yang lebih cepat berbunyi maka sebaiknya pilihlah kenari yang berwarna campuran atau bond karena kenari tersebut lebih cepat berbunyi dibanding kenari berwarna polos seperti kuning atau putih. 
  • Pilihlah kenari yang sehat dan lincah apalagi yang terlihat sering bersuara disemua tempat dalam kandang ombyokan tersebut.
  • Pilih kenari yang memiliki paruh yang tebal.
  • Perhatikan apakah kenari tersebut memiliki cacat fisik baik di kaki, sayap, mata , badan dan kuku jarinya.
  • Perhatikan apakah ada kenari yang sangat agresif atau jika ada yang mendekati langsung dipatuk atau langsung berbunyi, maka kenari tersebut berarti memiliki mental yang bagus. 
  • Kenari ombyokan biasanya berusia dibawah 5 atau 3 bulanan, jadi ada salah satu tips bagaimana memilih kenari jantan dengan melihat kesejajaran antara garis paruh dengan lingkar matanya. kalau sejajar maka kemungkinan besar burung kenari tersebut adalah burung jantan.
  • Pilihlah kenari yang berleher besar dan agak gembung atau menggelembung sewaktu berbunyi, karena dari situ kita bisa menilai bahw kenari tersebut akan mampu berkicau dengan suara yang panjang.

Panduan membedakan kenari jantan dengan betina secara umum

Membedakan kenari jantan dan betina sangat mudah dilakukan pada saat burung masih berusia piyik atau masih muda dengan bulu bulu jarum yang baru tumbuh.  tekan saja sarangnya dengan jari maka akan ketahuan mana burung betina dan mana burung jantan, yaitu burung betina akan diam saja ditempatnya dan hanya melihat saja sedangkan burung jantan akan mengangkat pantat atau ekor mereka keudara dan menurunkan kepalanya. itulah cara yang 100% akurat dan sangat mudah. karena burung yang menundukan kepala sewaktu sarang ditekan adalam burung jantan.




Secara umum juga,  burung kenari jantan akan berkicau dan burung betina tidak berkicau dan hanya bisa memanggil-manggil saja  tetapi terkadang kita juga tidak bisa membedakan kenari jantan dan betina jika kenari tersebut sudah berusia dewasa dan dalam masa siap berkembang biak kalau hanya mendengarkan suaranya saja. karena burung betina juga ada yang memiliki kemampuan berkicau seperti halnya burung jantan akan tetapi dengan variasi dan jarak yang pendek atau kicauannya lebih sering terputus ditengah.


Cara yang paling ampuh adalah melihat bagian ven dari burung tersebut ven dari burung betina akan berbentuk bulat bengkak dan memerah yang menadakan burung dalam kondisi siap berproduksi sedangkan pada ven burung jantan akan terlihat menonjol dan memerah yang menandakan burung siap kawin.


Katalog Produk Omkicau

Silakan ajukan pertanyaan maupun komentar seputar tulisan di atas