Seluk beluk perawatan Cucak Jenggot

4/11/2013

Cucak jenggot burung yang memiliki ciri khas bulu-bulu berwarna putih yang akan mengembang seperti jenggot ini, merupakan burung peliharaan populer di Indonesia, selain untuk di lombakan yang rata-rata menggunakan burung betina, juga suara tembakan burung cucak jenggot inipun sering dijadikan sebagai masteran untuk burung sejenis murai batu dan cucak hijau. 

Tidak jarang pula dalam perawatan burung cucak jenggot ini sering dijumpai beberapa kondisi yang membuat burung yang tadinya rajin bunyi mendadak macet karena mengalami beberapa hal yang lazim menimpa burung peliharaan dalam sangkar, dan untuk membahas permasalahan tersebut kali ini kita akan membahas segala permasalahan yang sering dialami oleh burung cucak jenggot ini, misalnya mengatasi masalah burung yang terlalu over birahi, macet bunyi, perawatan masa mabung dan setelah mabung juga perawatan harian agar burung lebih rajin bersuara atau gacor. 

Ciri-ciri Cucak Jenggot yang Over Birahi. 

Ciri ciri burung kapas tembak atau juga Cucak Jenggot yang  Over Birahi bisa dilihat dari sifat dan karakter yang jauh berbeda dari biasanya. misalnya :

Burung jadi jarang berbunyi dengan posisi kedua Sayap yang selalu diturunkan dan kadang sambil ngeleper

Burung Cucak Jenggot jantan sewaktu mengalami kondisi OB tersebut jika dipertemukan dengan burung lainnya apalagi kalo melihat burung jantan akan berusaha menyerang burung lain disampingnya sambil mengeluarkan bunyi 'pik-pik-pik' atau 'cuit-cuit'. 

Sedangkan untuk Cucak Jenggot Betina sewaktu mengalami kondisi OB tersebut jika dipertemukan dengan burung lainnya apalagi kalo melihat burung jantan akan mengeleperkan sayap-sayapnya sambil naik turun tangkringan dan juga mengeluarkan suara "pik-pik-pik' dan 'cuit-cuit' , dan dalam kondisi tersebut biasanya burung betina keesokan harinya akan bertelur.


Penyebab dari Over Birahi ini sendiri bisa bermacam-macam , bisa dari pemberian pakan berkalori yang berlebihan misalnya pemberian Jangkrik dan Kroto yang terlalu banyak, penjemuran yang terlalu lama dan juga sering berdekatan dengan burung lain yang berbeda jenis kelamin juga bisa membuat burung tersebut mengalami kondisi Over Birahi. 

Lalu bagaimana menangani burung Cucak Jenggot  yang sudah mengalami kondisi Over Birahi tersebut?  Bisa diatasi dengan mengurangi jatah Ekstra Foodingnya, mandi malam, dan berikan buah-buahan seperti pear , timun dan tomat

Penanganan Burung Cucak Jenggot yang Macet Bunyi

Dalam kondisi tertentu kadang sering juga burung cucak jenggot dan kapas tembak ini yang mulanya bersuara rajin atau gacor tiba -tiba beberapa hari setelahnya jarang berbunyi atau macet bunyi, nah untuk masalah ini sebaiknya dicari terlebih dahulu apa penyebab kemacetan dari burung tersebut. 

Beberapa penyebab burung macet tersebut bisa disebabkan oleh kondisi burung seperti berikut ini: 
  • Burung memang sedang akan masuk masa mabung atau pergantian bulu.
  • Burung dalam kondisi yang kurang sehat atau tidak fit.
  • Burung yang sedang dalam kondisi stress karena kaget atau ketakutan.
  • Burung yang sedang dalam kondisi kalah mental.
Berikut ini adalah beberapa cara menangani burung yang macet tersebut. 
Burung sebaiknya dipisahkan dahulu dari burung lain dengan cara digantung ditempat yang tenang dan sepi.
  • Berikan makanan seperti biasa dengan buah-buahan yang full variasi, dan bisa juga pemberian buah tersebut dibarengi dengan mengoleskan tipis madu asli pada buah-buahan tersebut sebelum diberikan.
  • Pemberian Ekstra Fooding seperti Jangkrik atau Ulat Hongkong bisa diberikan dalam porsi 2 ekor saja Pagi dan Sore harinya.
  • Untuk sementara burung tidak perlu dimandikan terlebih dahulu
  • Jika memungkinan cobalah ganti sangkar dengan sangkar yang lebih luas agar burung menjadi aktif dan lebih cepat ke kondisi normal. 

Perawatan Cucak Jenggot selama mabung

Perawatan burung Cucak Jenggot selama masa mabung atau rontok bulu ini membutuhkan perhatian ekstra selama perawatannya , untuk kelancaran dan membantu burung mengatasi masa mabungnya dengan sempurna.

Dalam perawatannya burung cucak Jenggot atau kapas tembak yang mabung ini bisa diberikan cara sebagai berikut : 

  • Selama masa mabung burung sebaiknya diberikan full kerodong dan dibuka hanya sewaktu mengganti makanan dan minum juga membersihkan kotorannya.
  • Pemberian mandi sebaiknya dijarangkan atau bisa juga denan memandikan burung tersebut tiga hari sekali lalu diangin-anginkan dan setelah itu burung kembali dikerodong.
  • Pemberian pakan dan EF seperti biasa 
  • Berikan vitamin dan suplemen untuk membantu burung mengatasi masa mabungnya dengan kondisi yang sehat dan fit. 

Perawatan setelah masa mabung selesai

Setelah burung melewati masa mabungnya dimana saat ini burung tersebut mengalami pertumbuhan bulu-bulu barunya, bisa diberikan perawatan seperti berikut ini:  

  • Burung masih tetap diberikan full kerodong.
  • Bersihkan kandang setiap harinya. 
  • Pemberian mandi bisa dilakukan dengan porsi yang lebih banyak dari sewaktu mabungnya yaitu bisa diberikan dua hingga tiga kali sehari.
  • Setelah dimandikan burung diangin-anginkan lalu kembali diberikan full kerodong. 
  • Pemberian pakan dan Ekstra Foodingnya diberikan dengan porsi yang lebih banyak dari hari biasanya. 
  • Berikan Vitamin dan Suplemen khusus untuk membantu burung memiliki energi untuk menumbuhkan bulu-bulu barunya. 

Perawtan Harian Cucak Jenggot

Perawatan harian untuk burung cuak jenggot atau kapas tembak ini tidak lah jauh berbeda dengan jensi burung kicauan lainnya, seperti pemberian mandi dan jemur yang cukup, pemberian makan yang bergizi serta pemberian Ekstra Fooding yang harus rutin diberikan setiap harinya termasuk buah-buahan dan serangga.  

Dalam prakteknya banyak kicau mania indonesia yang juga memberikan resep khusus untuk burungnya agar menjadi lebih rajin berbunyi, khususnya burung bakalan. 

misalnyadengan cara memasukan potongan kecil atau irisan kecil jahe yang dimasukan dalam tubuh jangkrik sebelum diberikan pada burung tersebut, dan ada juga yang rutin memberikan mandi malam untuk burungnya tersebut dan dikeluarkan pada pagi-pagi hari sambil diberikan telur kroto setiap pagi hari. 

Untuk pemasteran cucak jenggot ini bisa menggunakan suara masteran dari burung burung seperti Cililin, Tengkek dan Gereja tarung atau suara masteran berspeed rapat yang suaranya bisa anda download disini.

Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close