Vitamin B-Complex: gejala kekurangan dan sumber makanan penghasil vit b

4/28/2013

Dalam artikel berikut kita akan mengetahui sejauh mana fungsi vitamin B pada burung dan apa effek yang timbul jika kekurangan vitamin B tersebut terhadap burung peliharaan kita .


Mengenai kekurangan vitamin B ini saya sendiri kurang yakin apakah hal ini adalah penyebab dari mata burung katarak atau bukan,akan tetapi saya sedikit percaya kalau sifat dan bawaan burung juga penjemuran yang berlebih bisa menyebabkan katarak pada beberapa burung seperti murai batu. Vitamin B2 memang sudah dikenal sebelumnya dipergunakan oleh manusia untuk mencegah katarak pada mata dan apakah mungkin juga bisa digunakan untuk mengobati katarak pada burung.


Jadi dengan kata lain vitamin B complex ini sangat penting sebgai kebutuhan harian burung kicauan selain resiko yang rendah karena pemberian yang berlebihan (over dosis) dikarenakan cepat larut dalam air dan kelebihan dari vitamin ini tidak disimpan dalam organ organ seperti halnya vitamin larut lemak.

1. VITAMIN B1 (thiamine) 
Kekurangan zat ini bisa menyebabkan polyneuritis bagi burung seperti kejang kejang, burung menjadi lemah dengan kepala menghadap ke atas. 
Sumber makanan yang kaya akan vitamin ini sebagian besar berasal dari sumber tanaman, kacang tanah, kacang polong, gandum dan biji bijian yang sudah kering.

2. VITAMIN B2 (riboflavin)
Kekurangan vitamin ini pada burung bisa mengakibatkan jari jari kaki menjadi bengkok, sedangkan untuk burung burung tangkaran bisa menyebabkan kualitas telur yang buruk. vitamin B2 ini sangat dibutuhkan selama masa berkembang biak khususnya untuk penangkar murai batu dan harus selalu disediakan setiap harinya. selain itu vitamin B2 ini kerap digunakan pada manusia sebagai obat pencegah dan mengobat katarak karena seperti yg kita tahu bahwa murai batu sangat rentan terhadap katarak. 
telur, kacang hijau dan kacang kacangan merupakan sumber yang baik untuk vitamin B2

3. VITAMIN B3 (niacin)
Kekurangan dari vitamin b3 bisa menyebabkan pembesaran sendi, kaki bengkok (membungkuk), radang pada mulut, diare dan bulu bulu yang tidak tumbuh dengan sempurna. 

4. VITAMIN B5 (pantothenic acid)
Kekurangan vitamin B5 pada burung bisa disebut sangat jarang terjadi, kemungkinan yang berkaitan adalah penyakit kulit seperti dermatitis dan kulit yang mengelupas di sekitar mata dan paruh burung. 

5. VITAMIN B6 (pyridoxine)
Murai Batu dan burung pemakan serangga lainnya membutuhkan Vitamin B6 yang cukup untuk mencernakan asam amino didalam kandungan pakan yang berprotein tinggi.

Kebutuhan burung setiap harinya tidak lepas dari vitamin B yang sudah disebutkan diatas, kekurangan vitamin tersebut tentu bisa mengganggu aktifitas dan kelincahan burung juga menghambat kicauannya. banyak produk obat-obatan dan multi-vitamin yang mengandung vitamin B-kompleks tersebut misalnya produk dari om Dutto ( omkicau ) seperti  BirdVit, BirdMineral, TestobirdBooster, dsb yang sudah terbukti kualitas dan banyak digunakan dan direkomendasikan oleh kicau mania di nusantara. 

Berbagai produk omkicau khusus perawatan burung kicauan
Jadi jangan tunggu burung anda sakit dahulu baru mengobati, tetapi sebaliknya pencegahan adalah sebuah tindakan yang bijaksana yang bisa diberikan pada burung rawatan anda.



Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close