close
close


Dasar-dasar penangkaran parkit (bag 1)

Menangkar parkit tentu akan lebih mudah jika daerah kita memiliki suhu yang panas, memang ada beberapa daerah di Indonesia yang memiliki suhu yang selalu dingin apalagi sering diguyur hujan setiap harinya yang berakibat pada berkurangnya poduktivitas dari penangkaran parkit. Namun hal tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan memasang lampu penerang yang berfungsi sebagai pemanas di kandang penangkaran yang digunakan untuk menangkarkan parkit tersebut. 

Berikut ini adalah panduan dasar mengenai bagaimana beternak parkit untuk pemula. 


Perkit yang akan diternakan ini harus berusia minimal satu tahun untuk jantan dan 8 bulan untuk burung betina agar proses perjodohan dan perkawinan bisa lancar sesuai dengan keinginan kita. Untuk membantu masalah perjodohan maupun percepatan proses perkawinan , pasangan parkit tersebut bisa diberikan dengan suplemen khusus penangkaran yaitu BirdMature

membedakan burung jantan dengan burung betina adalah melihat warna yang terdapat pada bagian cere / hidungnya. pada burung jantan dewasa warna cere mereka akan berubah menjadi sangat biru / biru tua sedangkan pada burung betina dewasa warnanya akan berubah menjadi putih atau pink, atau bercampur dengan warna lain misalnya ada sedikit warna biru atau ungu. 

Perbedaan jantan dengan betina dari burung parkit
Sepasang burung yang sudah siap ditangkarkan tersebut disimpan dalam kandang ternaknya baik itu dikandang aviary ataupun didalam kandang harian atau juga kandang batere. Bagaimana menentukan usia dan jenis kelamin dari parkit ini bisa buka kembali artikelnya disini.

Kandang yang digunakan


Kandang penangkaran yang digunakan bisa menggunakan kandang aviary jika parkit tersebut berjumlah lebih dari satu pasang atau menggunakan kandang ternak seperti pada gambar diatas.

Kotak sarang yang digunakan adalah glodok yang berukuran kecil, dengan alas dari permukaannya memiliki cekungan yang akan digunakan sebagai tempat bertelurnya, tak lupa juga memasukan beberapa cukilan bekas serutan kayu kedalam kotak sarang atau glodok tersebut.

Kotak sarang / glodok yang digunakan

Makanan selama penangkaran

Makanan yang diberikan selama penangkaran parkit haruslah yang mengandung banyak nutrisi yang sangat diperlukan burung parkit selama masa berkembang biaknya, makanan ini bisa terdiri dari sayuran dan campuran biji-bijian. 

Makanan yang disediakan selama penangkaran
Jangan lupa pula untuk selalu menambahkan BirdMineral kedalam makanan atau minumannya selama masa penangkaran. 

Penempatan kotak sarang / glodok ini bisa diposisikan didalam kandang ataupun diluar kandang untuk memudahkan pengontrolan terhadap telur dan anak-anaknya. 



Setelah semua tersedia parkit bisa dimasukan kedalam kandang penangkarannya dan siap untuk diternakan. 

Salam kicau





Katalog Produk Omkicau

2 comments

Write comments
24 November 2014 at 08:30 delete

nice article,

gan isi yang ada di box itu apa yaaa?

Reply
avatar
Aries Munandi
AUTHOR
24 November 2014 at 17:08 delete

Saifudin Hajar @
isi di box sarang bisa menggunakan limbah parutan/cukilan kayu yang banyak dijual untuk kandang hamster.

Reply
avatar

Silakan ajukan pertanyaan maupun komentar seputar tulisan di atas