Burung cabe sahabat pleci

6/29/2013
Burung kemade atau burung cabe-cabean termasuk salah satu burung yang bisa dijadikan pendamping pleci sebagai teman paduan suaranya. selain suara uniknya yang nyerecet bercampur suara lengkingan yang khas, burung ini juga sering terlihat bergabung bersama koloni pleci dialam liarnya. 

Meskipun bertubuh kecil tetapi manfaat burung kemade atau cabe-cabean ini sangat besar terutama peranannya dalam ekologi dimana burung ini turut membantu menyebarkan biji-bijian dari buah-buahan yang menjadi makanannya, terutama tanaman / pohon yang penyebaran bijinya memerlukan bantuan burung (Ornithokori).  


Burung yang memiliki nama ilmiah Dicaeum trochileum ini memang sering terlihat di perkebunan dan pepohonan tengah atau pinggiran kota. keberadaan burung ini dihabitatnya bisa dibilang memiliki nasib yang lebih baik dibanding burung pleci, mungkin karena mereka jarang berkelompok dalam jumlah besar seperti pleci, dan sering kali ikut bergabung dan terlihat bersama-sama mencari makan dengan burung pleci di pepohonan yang ada di halaman kita. 

Burung ini memang merupakan burung endemik indonesia,terutama di pulau Jawa dan bali,  juga sebagian sumatera dan pulau lombok, oleh karena itulah sangat disayangkan kalau sampai keberadaan burung inipun memiliki nasib seperti halnya burung pleci dan ciblek.

Jenis Kelamin dan Makanannya

Membedakan jenis kelamin burung yang juga memiliki nama inggris Scarlet-headed flowerpecker ini sangat mudah dengan melihat warna bulu di sekujur tubuhnya. 


  • Burung Jantan :
    Kepala, Punggung, Tunggir dan dada berwarna merah padam atau agak jingga. Bagian perut berwarna putih keabu-abuan, serta adanya bercak putih pada lengkung sayap.
  • Burung Betina :
    Tungir berwarna merah, Tubuh bagian atas berwarna coklat, ersapu warna merah pada kepalanya serta tubuh bagian bawah berwarna putih kusam.


Burung cabe-cabean jantan ( kiri ) dan burung betina ( kanan )
Makanan utama burung ini adalah buah-buahan serta serangga-serangga kecil. dan dalam perawatan hariannya pun burung ini tidak bisa lepas dari buah-buahan , meski telah makan voer dengan total, namun kebutuhan nutrisi yang didapatkan dari buah-buahan tersebut bisa membuat burung ini lebih segar dan selalu dalam kondisi yang fit. 

Burung ini memang terkenal sangat rentan jika terlepas dari pakan buah-buahan tersebut satu hari saja. 

Melatih burung cabe-cabean makan voer akan menjadi lebih mudah dengan bantuan burung pleci yang sudah duluan makan voer, dengan menyatukan mereka dalam satu kandang, akan membuat burung cabe-cabean ini mengikuti kebiasaan pleci makan voernya, lalu dipisahkan jika burung ini telah total makan voernya. 

Namun seperti yang sudah disebutkan diatas, meskipun sudah total makan voer tetapi kebutuhan burung ini akan buah-buahan harus tetap diperhatikan. 


Untuk menemani dan memaster pleci tentu tidak harus menggunakan burung aslinya, kasihan, jangan sampai mereka memiiki nasib seperti pleci dan ciblek yang mulai jarang ditemukan, gunakan saja audio mp3 yang diputarkan dari handphone atau mp3 player milik anda oke ?!

Berikut adalah suara dari burung cabe-cabean yang bisa anda dengar dan download untuk memaster burung pleci anda.




DOWNLOAD
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close