Merawat kapas tembak bakalan agar rajin berbunyi

6/09/2013
Kapas tembak yang memiliki bentuk dan ukuran seperi halnya burung cucak jenggot, merupakan salah satu burung favorit untuk masteran. suaranya yang seperti tembakan itulah yang membuat burung ini semakin banyak peminatnya, apalagi jika sudah dalam kondisi gacor, meski demikian, banyak juga burung kapas tembak yang ternyata sudah terisi dengan suara burung lain misalnya cililin, tengkek udang, platuk, lovebird dan sebagainya. 

Memang, selama ini burung kapas tembak yang banyak dicari untuk masteran adalah burung kapas tembak yang bersuara aslinya, yang mirip menembak-nembak dengan speed yang rapat. Namun tidak sedikit pula penggemar burung ini yang lebih menyukai burungnya    sudah terisi / temaster oleh burung lainnya, sebagai burung klangenan dirumahnya.


Untuk membuat kapas tembak rajin berbunyi, memang bukan perkara mudah. terlebih jika burung tersebut didapatkan dari hasil tangkapan hutan ( muda hutan ) yang perlu tahapan penjinakan dahulu sebelum mulai dilatih ke tahapan gacor. 

Burung kapas tembak akan mulai rajin berbunyi setelah berusia diatas 7 - 8 bulan, karena pada usia tersebutlah burung kapas tembak ini memiliki kematangan baik dalam organ seksual maupun pita suaranya, dan pada usia satu tahunan mereka sudah benar-benar gacor dan siap untuk berkembang biak.

Dalam perawatannya, sebenarnya salah satu rahasia agar burung peliharaan dirumah semakin rajin berbunyi / gacor adalah mengatur kondisi birahi dari burung tersebut, karena semua jenis burung akan mengalami masa ' puber ( meminjam istilah manusia ) ' setelah mengalami kematangan dalam organ seksualnya, pada saat - saat itulah burung jantan akan lebih sering berkicau untuk menarik perhatian betinanya dan akan semakin rajin berkicau setelah mereka merasa siap untuk berkembang biak. 

Untuk merawat kapas tembak agar menjadi rajin berbunyi ini bisa dilakukan dengan mengatur birahi dari burung, dan pengaturan birahi tersebut bisa dilakukan dengan pemberian pakan yang tepat dan penjemurannya. 

Berikut adalah beberapa cara yang bisa diterapkan agar burung kapas tembak bakalan semakin rajin berbunyi dan jika konsisten atau rutin menerapkan tindakan dibawah ini, bukan tidak mungkin burung kapas tembak akan menjadi semakin gacor. 

1. Pengaturan pakan dari segi buah-buahan :

Apel dikenal memiliki kandungan yang bisa menaikan birahi burung, oleh karena itulah pemberian apel ini bisa diberikan dengan cara divariasikan pemberiannya dengan pisang kepok yang merupakan makanan utama dari burung kapas tembak ini, caranya:
Buah apel diberikan selama 4 hari ( misalnya hari senin - selasa - rabu - kamis ) , setelah itu diganti dengan pisang kepok yang diolesi denan madu asli selama 3 hari ( misalnya hari jum'at - sabtu - minggu ), atau bisa juga membuat pakan racikan seperti yang diberikan pada burung cucak jenggot yang sudah saya tulis artikelnya disini : http://omkicau.com/2013/06/07/pakan-racikan-untuk-menggacorkan-cucak-jenggot/

2. Pengaturan pakan dari segi Extra Fooding  berupa serangga  :

  • Kroto diberikan setiap hari dengan porsi setengah sendok teh, dan diberikan pada pagi harinya. 
  • Jangkrik bisa diberikan 5 ekor setiap harinya pagi dan sore hari.
  • Ulat hongkong diberikan dalam jumlah 1 - 2 ekor saja setiap harinya.

3. Penjemuran bisa dilakukan selama 1 - 2 jam. 

Dengan perawatan yang rutin, kapas tembak bakalan akan cepat berbunyi dan semakin rajin berbunyi. untuk menjaga kondisi birahi dan kondisi kesehatan mereka agar selalu rajin berkicau, pemberian BirdVit bisa diberikan setiap 3 kali seminggu. 



Salam Kicau .
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait