SI biru yang menawan ( Asian fairy Bluebird )

6/02/2013
Cucak Biru ( Irena puella) si biru yang menawan ini bisa dibilang sangat kontras keindahannya juga kicauannya, dengan warna biru beludru pada bagian punggungnya serta sayap yang hitam dengan dihiasi warna biru dan mata yang berwarna merah ini memang sangat sedikit sekali bisa ditemukan di pasar pasar burung, padahal sebagai burung ocehan cucak biru ini juga memiliki irama yang mirip dengan cucak hijau meskipun kalah dalam variasi lagunya. Akan tetapi jika kita memelihara burung ini dari lolohan atau masih muda maka kemampuan burung ini dalam melantunkan kicauannya bisa lebih banyak dan sangat bervariasi dari burung sekelas cucak hijau. 

Burung yang beberapa tahun lalu banyak dicari oleh kicau mania kita ini semakin berkurang populasinya karena kerusakan hutan dan penangkapan liar serta kurangnya minat yang bersedia menangkarkan burung ini.


Habitat
Cucak biru bisa ditemukan pada ketinggian 1800 M  di daerah Asia selatan dan Malaysia termasuk di hutan hutan primer di sumatera dan Filipina bagian selatan. Mereka lebih menyukai Hutan lebat, Hutan hujan dan dareah hutan di tepi padang gurun dimana mereka tidak terganggu oleh manusia. 

Perbedaan Jantan dan Betina 
Membedakan burung cucak biru jantan dengan melihat warna bulu di tubuhnya yang berwarna biru terang yang  jika dilihat dari atas punggungnya seperti bentuk jam pasir sementara untuk burung betina seluruhnya berwarna biru lembut dnegan bulu primer pada sayapnya sedikit brewarna biru gelap dengan warna hitam terlihat kusam.



Karakter Cucak biru
Cucak biru ini hidup berpasangan atau bersama sama dalam sebuah kelompok kecil dengan jumlah 6-8 burung dan kadang bercampur denan spesis burung lain.  Burung ini biasanya tidak bermigrasi tetapi mereka melakukan perjalanan jarak jauh didalam satu wilayah tergantung musim dimana wilayah baru tersebut memiliki buah buahan yang berlimpah. 
Selama musim panas jika kelompok burung ini ingin mandi maka mereka akan membentuk seperti benteng pertahanan untuk melindungi rekannya yang sedang mandi untuk kemudian secara bergantian sampai seluruh kelompok tersebut mandi semuanya. pertahanan ini dimaksudkan untuk melindungi mereka dari serangan predator. 



Selama musim kawin, kawanan ini akan membubarkan diri masing masing untuk mencari pasangannya dan kemudian akan masuk jauh ke dalam hutan yang lebat untuk membuat sarang dan membesarkan anak anaknya, karena sifatnya itulah sangat sedikit informasi mengenai perkawinan dan perilaku mereka selama berkembang biak. dengan sarang yang berbentuk mangkuk terbuka dan dibuat dari ranting serta akar akaran juga lumut dan daun kering. sarang ini ditempatkan pada ketinggian 20 meter dari tanah di pohon yang sangat rimbun, sehingga membuat mereka sangat sulit untuk ditemukan. 
Sarang dibuat hanya oleh burung betina tetapi setelah menetas baik induk jantan maupun betinanya sama sama memberi makan anak anak mereka, Betina hanya menghasilkan 2 buah telur saja yang akan meneteas sekitar 13 hari. dan setelah piyikan berusia 12 hari mereka bisa keluar dari sarangya dan baru mandiri dan lepas dari kedua orangtuanya pada usia 42 hari. 

Perawatan Harian 

  • Burung diembunkan pada pagi hari dan biar terkena cahaya matahari hingga pukul 08.00 
  • Berikan buah buahan segar seperti pisang, apel, jeruk, dll 
  • Berikan Jangkrik 3 ekor dan Ulat jerman 1 ekor
  • Mandikan burung lalu angin anginkan 
  • berikan lagi jangkrik 1 ekor dan ulat hongkong 1 ekor 
  • jemur hingga pukul 09.30 lalu burung dipindah ke tempat teduh dan sejuk 
  • Sore hari jam 16.00 berikan jangkrik 3 ekor dan Ulat jerman 1 ekor 
  • Jika diperlukan burung bisa dimandikan lagi lalu diangin anginkan 
  • 18.00 burung dimasukan ke dalam rumah untuk istirahat sampai besok paginya 
  • Jika diperlukan burung bisa dikerodong 


Fakta mengenai burung ini: 


  • Tidak seperti burung lainnya, burung cucak biru berkembang biak di tengah rimbunan hutan yang padat dengan pepohonan dan berada di tempat yang paling terlembab dihutan tersebut. 
  • Lumut hijau digunakan untuk meng kamuflase sarang mereka agar tidak terlihat oleh binatang pengganggu. 
  • Burung ini termasuk burung yang mudah ditangkarkan dalam kandang penangkaran seperti halnya cucak rawa. 


Salam kicau.

Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait