Tanya jawab seputar masalah cucak ijo

6/17/2013
Pada umumnya penggemar burung cucak hijau pasti akan lebih memilih burung cucak hijau yang berasal dari daerah Jawa Timur, meskipun semua tergantung karakter, mental dan isian dari burung tersebut. Secara umum memang burung cucak hijau adalah burung yang sangat pintar, tetapi kepintaran dan kemampuan dari burung juga sangat tergantung pada perawatan pemiliknya. Meskipun burung cucak hijau yang populer adalah dari daerah jawa Timur, tetapi jika perawatannya tidak maksimal maka burung tersebut tentu tidak akan menunjukan kualitas yang berarti. 

Dewasa ini di pasar-pasar burung banyak dijual burung cucak hijau dari daerah Sumatera, kalimantan dan Pulau Jawa. perbedaannya memang bisa terlihat dari perbedaan fisiknya, misalnya: 

  • Cucak ijo Sumatera : memiliki warna kuning pada dahinya sehingga kerap disebut CI kepala kuning
  • Cucak ijo Jawa Timur : Untuk burung Cucak hijau yang berasal dari jawa timur bagian barat biasanya memiliki warna yang agak kebiru biruan , burung muda biasanya berwarna hijua terang akan tetapi seiring bertambahnya usia warna hijaunya akan menjadi kusam atau gelap (kebiru biruan), untuk burung cucak hijau yang berasal dari selatan Caruban memiliki postur badan yang besar sedang yang berasal dari Malang memiliki postur tubuh yang lebih kecil dari burung asal caruban, untuk Cucak hijau asal daerah ini warnanya akan tetap hijau terang meskipun bertambah usianya. 

Cucak ijo dari Jawa dan Sumatera (kanan)
Dari pemantauan di pasaran, burung Cucak hijau yang paling banyak dicari adalah yang berasal dari daerah Banyuwangi, Jember dan Caruban. Tetapi tergantung daerah dan wilayah persebarannya, di luar pulau Jawa misalnya burung cucak hijau asal Sumatera dan kalimantan justru lebih banyak peminatnya.

Diluar permasalahan daerah asal dari burung ini, tidak sedikit juga pemiliki cucak hijau baik itu dari Jawa Timur ataupun Sumatera, mengeluhkan kondisi burung mereka yang mendadak menurun performanya. dan berikut adalah beberapa ulasan tanya jawab yang didapatkan dari sumber di forum kicaumania.or.id:


Tanya: CI dirumah gacor dan banyak mengeluarkan suara isian dengan volume lumayan tetapi kalau diadu kenapa tidak njambul padahal sayapnya ngentrok, dan juga kalau sedang bunyi bulu badannya agak mekrok?
Jawab: CInya terlalu birahi , setelan hariannya terutama EFnya terlalu tinggi, coba diumbar dahulu dan buahnya diselingi buah jambu yang matang (daging merah yang bijinya dibuang), masalah ngejambul apa tidak, tidak akan menjadi masalah kalau dari awalnya karakter CI emang tidak njambul selama lagu, suara dan gaya ngentroknya bagus itu yang dinilai.

Tanya: Berapa kali CI Top Form dalam setahun, dan apakah CI yang sering ngentrok itu sudah Top Form?
Jawab: CI Top Form dalam setahun hanya sekali yaitu setelah mabung besar dalam beberapa bulan, untuk siklusnya hampir sama dengan burung MB bisa dilihat disini dan hal itu bergantung pada rawatan hariannya juga, kalau CI sering ngentrok itu karena birahi saja bukan dalam kondisi TOP FORM

Tanya: Apakah CI harus dimaster setiap hari walaupun lagu lagu wajibnya sudah ada?
Jawab: Ci termasuk burung yang mudah menirukan dan mudah melupakan, tempel saja dengan burung masterannya tiap hari agar suara isiannya yang sudah ada lebih awet namun untuk dimaster lagi sebaiknya hindari pemasteran menjelang lomba. 

Tanya: Bulu ekor CI saya sudah hampir setahun ini tidak bisa tumbuh dengan sempurna, kalaupun tumbuh hanya 1-2 helai saja dan selanjutnya rusak lalu rontok, apa yang harus saya lakukan?
Jawab: Mandikan burung dengan air beras dicampur dengan rebusan air daun sirih yang sudah didinginkan ,jangan disemprotkan ke burung tetapi masukan kedalam wadah bak mandinya yang bisa dimasukan kedalam sangkarnya

Tanya: CI saya setiap diadu selalu gembos padahal rawatan sudah sesuai dengan rawatan untuk lomba? 
Jawab: Biasanya kalau CI maen pertama bagus dan berikutnya langsung gembos itu dikarenakan staminanya kurang baik, sering seringlah dilatih di kandang umbaran dan jika diperlukan porsi penjemuran bisa ditambah.

Tanya: CI saya sewaktu di trek ngejambul dan ngentrok tetapi suaranya kecil dan setelah lebih dari 20 menitan baru keluar tembakannya.
Jawab: CI belum dalam kondisi top form, untuk bisa mencapainya harus jeli dalam setingan rawatan hariannya, juga harus sering dilatih untuk melatih mental fighternya atau bisa juga karena burung terlalu sreing digoda jadi burung rada telat mainnya. sebaiknya sebelum penggantangan burung jangan dulu ditrek dengan rekan satu lomba karena nanti jadi kebiasaan.

Tanya: CI saya akhir akhir ini sring menjulur julurkan lidahnya (melet melet) apakah CI saya Over birahi? 
Jawab: CI sudah pasti OB, jauhkan dari burung disekitarnya dan jangan dulu digoda, banyak hal yang bisa mempengaruhi OB pada CI seperti terlalu dekat dengan burung lain yang gacor atau terlalu dekat dengan burung anis merah ( CI pantangan dengan AM). untuk mengatasinya bisa dengan menyendirikan CI dari burung lainnya.

Tanya: CI sebelum saya beli suaranya sangat gacor dan kencang tetapi sudah beberapa minggu ini dirumah hanya ngeriwik kecil dan pelan saja. ada apa dengan CI saya?
Jawab: Kemungkinan ada gangguan pada tenggorokan Cinya, biasanya  disebabkan karena pemberian EF yang cukup banyak dan bersifat panas seperi Ulat Kandang, kelabang atau Ulat Hongkong. Cobalah obati dengan pemberian air larutan, multi vitamin atau ramuan obat kimia (untuk obat kimia bisa konsultasi dahulu dengan ahlinya) 

Tanya:Rawatan untuk CI macet yang kayak gimana?
Jawab: CI macet sebaiknya diasingkan dari burung lain (disendirikan), jangan sering dikerodong kecuali pada malam hari, Porsi jangkrik ditambah 5/5, Burung sering diembunkan. 

Tanya: CI sudah maen bagus ditengah jalan malah didis atau nyisir bulu? 
Jawab: kurang jemur, coba pada hari H CInya dijemur dulu sekitar 30 menit atau bisa juga sebelum diturunkan  burung disemprot ringan tapi jangan terlalu basah sambil kerodongnya dibiarkan terbuka beri kesempatan burung untuk didis / nyisir dulu sebelum lomba, atau juga bisa dimandikan dengan air rebusan daun sirih yang bisa juga dicampur dengan shampo bayi sedikit. 

Tanya: CI gacor cuma diem dan ngeriwik begitu ditrek padahal sebelumnya CI sering main bagus dilapangan? 
Jawab:  coba beri UH sebanyak 10 ekor dan lihat apakah ada bulu yang rontok, kalau ada berarti kemungkinan CInya sedang tidak dalam kondisi fit karena mau mabung. 

Tanya: CI saya dilatihan selalu nagen, tetapi begitu diikutkan lomba hanya jalan dipertama saja kesananya hanya loncat loncat saja ?
Jawab:  Banyak faktor yang menyebabkan CI tidak nagen lama, bisa dikarenakan adaptasi dengan kandang yang baru, mental fighter yang belum mapan, setelan EF yang kurang sesuai, lamanya durasi yang berbeda antara latihan dan lomba, atau juga tangkringan yang tidak nyaman. 

Tanya: CI saya suaranya menjadi serak?
Jawab:  CI suara menjadi serak sangat tergantung pada pola rawatan misalnya kurang jemur atau kemakan serangga liar seperti kupu kupu, capung, dsb dan bisa jadi juga karena telat air minum atau cepuk minum sudah berjamur. 



Semoga bermanfaat. Salam kicau. 


Sumber dari forum kicaumania.or.id
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Anonymous
AUTHOR
October 9, 2013 at 6:49 PM delete

bos ci saya ngruji trus gmana cra ngatasinya mksh...

Reply
avatar
Denny Muzela
AUTHOR
June 17, 2014 at 10:12 PM delete

Mau nanya gak...CI kuning saya punya byk variasi bunyi kalau di rumah,tetapi setelah saya coba bawa lomba irama bunyi nya 1 macam saja...Tpi mental nya bgus gacor trus..tlong bantu gan gimana solusi nya....Thank u

Reply
avatar

Komentar spam akan langsung kami hapus

close