Cross breeding antar kenari

7/25/2013
Cross breeding atau perkawinan silang antara jenis kenari yang saling memiliki keunggulan termasuk salah satu cara yang sering dilakukan oleh para penangkar kenari untuk meningkatkan mutu dan kualitas dari burung kenari tersebut atau dengan kata lain untuk tujuan menghasilkan keturunan yang memiliki kualitas dan kecerdasan dan tidak mudah untuk kembali pada suara asli kenarinya (ngeleder).

Jika dalam kawin silang ini penangkar ingin kenari dengan postur yang baik serta suara yang bagus, maka kenari yorkshire bisa digunakan sebagai salah satu indukannya, kenari yorkshire memang biasa digunakan sebagai salah satu indukan, karena selain memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, bentuk tubuhnya sangat ideal sebagai burung penyanyi yaitu ramping, tegak dengan gelembung suara di tenggorokannya yang besar. Dan untuk mendapatkan keturunan yang memiliki postur dan suara yang bagus, biasanya yorkshire ini di pasangkan dengan kenari sejenis border, frill, norwich, waterslagger ataupun kenari fusan. 

Yorkshire juga biasa digunakan sebagai indukan jika penangkarnya menginginkan kenari yang bersuara bagus dengan bulu-bulu yang indah, biasanya penangkar akan mengawinkan yorkshire dengan kenari warna misalnya, merah, kungin, hijau dan putih. dan hasil dari persilangan tersebut akan menghasilkan keturunan yang berwarna bon atau warna belang dengan karakter suara yang sama dengan indukannya yaitu memiliki suara yang kencang, kristal dan sangat variatif.

BLACKKEN ( BLACKTHROAT - KENARI )

Blackthroat yang banyak dijadikan sebagai master bagi burung kenarinya ternyata membuat para penangkar mencoba mengawinkan mereka dengan kenari, dan ternyata tidak sedikit juga peternak yang berhasil mengawinkan blackthroat dengan kenari ini, meski ukuran tubuh keduanya memiliki perbedaan yang nyata, dimana ukuran tubuh blackthroat lebih kecil dari ukuran tubuh kenari. Hasil silangan tersebut dikenal dengan nama black-ken 

Black-ken ini dihasilkan dari persilangan antara blackthroat jantan dengan kenari betina, yang tentu saja akan memiliki karakter suara yang lebih bagus dan mudah di latih terutama jika dimaster ulang dengan blackthroat lainnya. 

-

Perkawinan silang memang bisa menghasilkan keturunan baru yang bisa lebih baik dari kualitas indukan, namun karena kebanyakan penangkar kita bersifat coba-coba serta jarangnya melakukan pencatatan yang rapi yang membuat kenari tersebut sulit dilacak asal-usulnya terutama untuk peternak lokalan. Mungkin sudah waktunya peternak kenari di Indonesia bergabung dalam satu wadah khusus, yang memberlakukan satu cincin khusus dengan kode-kode dan warna tertentu yang berisi informasi penangkar sehingga memudahkan kita dalam menelusur asal-usul kenari tersebut. 

Salam Kicau dan semoga bermanfaat
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

loading...