Kicauan merdu burung remetuk

7/18/2013
Golden-bellied Gerygone ( Gerygone sulphurea) atau lazim dikenal dik alangan kicau mania sebagai burung remetuk laut adalah burung yang paling banyak dicari untuk dipelihara karena suara kicauannya yang merdu dan mendayu. 



Burung yang sering bersuara merdu pada pagi dan sore hari di semak atau rumpun bambu pinggiran sungai ini memiliki ukuran tubuh sepanjang 9 - 9.5 cm dengan warna tubuh bagian atas coklat keabu-abuan, dagu putih serta tenggorokan, dada dan perut yang berwarna kuning terang . Suaranya yang merdu menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang mendengarkan kicauannya yang mengalun dengan nada lemah tapi penuh getaran dan mengalun dari nada ke nada. 

Penyebarannya merata mecakup Filipina, Sulawesi, Semenanjung Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand dan Sunda Besar serta terdiri dari lima ras yang juga dengan habitat yang meliputi hutan bakau, hutan tropis dan subtropis, pinggiran sungai dan rumpun bambu, berikut adalah kelima ras dari remetuk laut ini : 

  • Gerygone sulphurea sulphurea : Semenanjung Malaysia, Cochinchina, Sunda besar dan kecil.
  • Gerygone sulphurea muscicapa: P. Enggano (ujung selatan Sumatra).
  • Gerygone sulphurea flaveola: Sulawesi, Salayar, dan Kep. Banggai (Peleng, Banggai).
  • Gerygone sulphurea rhizophorae : Filiphina selatan (Mindanao, Basilan, dan Kep. Sulu).
  • Gerygone sulphurea simplex : bagian utara, barat, dan tengah Filiphina (Luzon, Lubang, Verde, Mindoro, Marinduque, Catanduanes, Tablas, Negros, Cebu, Olango, Bohol, Siquijor, Samar, dan Palawan).

Keberadaaan remetuk laut ini memang banyak dicari oleh penggemar burung kicauan untuk dijadikan klangenan atau untuk  dijadikan pelepas kangen dengan suasana sore di pinggiran sungai di pedesaan dimana masih banyak terdengar suara merdu dari burung ini. dipasaran burung sendiri keberadaannya tidak sebanyak dulu meski di habitatnya sendiri burung ini bisa dikatakan masih banyak ditemukan. 

Burung yang bertubuh kecil ini ternyata masih sering menjadi target operasi dari burung kedasih yang menitipkan telurnya didalam sarang remetuk laut ini. burung ini memang menjadi favorit burung kedasih atau burung cuckoo yang tidak mau repot-repot mengerami dan mengasuh anaknya.  

Burung remetuk memberi makan burung kedasih

Berikut suara burung remetuk laut 





Semoga bermanfaat



Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

1 comments:

Write comments