Kookabura suara ketawanya unik untuk masteran

7/07/2013
Kookabura bagi kalangan pengamat dan pecinta burung di seluruh dunia dianggap sebagai burung yang kicauannya paling mudah dikenali di Australia. Suaranya yang unik karena mirip dengan orang yang tertawa terbahak-bahak tentu akan lebih mudah dikenali.
Kookaburras ( genus Dacelo ) termasuk jenis kingfisher terbesar di dunia, mereka ditemukan di sepanjang pantai timu dan mulai diperkenalkan ke Australia Barat pada tahun 1898 sampai akhirnya populasi mereka cukup stabil di negara tersebut. Kookaburras adalah julukan atau sebutan dari Suku Aborigin timur kepada burung tersebut, yang menurut mereka bahwa suara tawa kookaburra adalah sebuah pertanda bagi orang-orang di atas langit untuk menyalakan api besar ( matahari ) yang akan menerangi dan menghangatkan bumi. Padahal kenyataannya suara tawa mereka adalah sebuah penanda wilayah kekuasaan mereka ( teritori ).
Burung kookaburra si burung bersuara ketawa
Burung kookaburra si burung bersuara ketawa
Terdapat empat sub-spesies dari burung kookaburra dengan penyebarannya:
  • Rufous-bellied Kookaburra (Dacelo gaudichaud) : ditemukan di dataran rendah Papua, New Guinea dan kepulauan Saibai.
  • Spangled Kookaburra (Dacelo tyro): ditemukan di Kepulauan Aru  serta selatan New Guinea.
  • Blue-winged Kookaburra (Dacelo leachii): ditemukan di utara Australia dan selatan New Guinea.
  • Laughing Kookaburra (Dacelo novaeguineae): hanya ditemukan dan merupakan burung asli Australia timur yang dikeperkenalkan ke selatan Australia.
Pada awalnya para penduduk merasa tidak senang dengan burung tersebut karena dianggap menertawakan mereka dan tidak jarang mereka juga kerap mengusir jika melihat keberadaan burung tersebut, terlebih burung kookabura juga sering mencuri daging / sosis yang digunakan untuk acara barbeque termasuk daging yang sedang dipanggang dan masih dalam kondisi panas. Namun kini suara tertawa burung ini dianggap unik dan menyenangkan, sehingga banyak penduduk yang senang memelihara dan merawat mereka untuk didengarkan kicauannya, terlebih burung ini dikenal sangat mudah beradaptasi dan cepat jinak.
kookaburra albino
Kookaburra albino
Burung ini termasuk burung pemakan apa saja (karnivora), di alam liar mereka terkenal sering memangsa anak burung yang berada di dalam sarangnya, juga tikus, ular, serangga, reptil dan juga burung-burung kecil lainnya seperti finch. Untuk burung yang di pelihara biasanya mereka akan diberlakukan seperti halnya burung pemangsa dengan memberikan binatang lain sebagai pakannya termasuk daging mentah.
Suara burung ini memang sangat unik, dan akan lebih unik lagi jika di lantunkan oleh burung cucak hijau ataupun murai batu, jadi jika ingin tertarik memaster burung peliharaannya dengan suara tertawa dari burung ini, silahkan download suara burung kookaburra di bawah ini :
Suara burung kookabura 1 Download

Suara burung kookaburra 2 Download
Salam Kicau
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments

Komentar spam akan langsung kami hapus