Tips agar perkutut jadi rajin berbunyi

7/15/2013
Pada dasarnya burung perkutut jika dalam kondisi yang sehat dan merasa nyaman atau senang, biasanya  akan lebih rajin berbunyi, terlebih jika burung tersebut sudah memasuki kondisi birahi atau mulai menyukai lawan jenis dengan kata lain sudah cukup umur. 

Jadi perhatikan dan pastikanlah burung perkutut anda dalam kondisi yang sehat jika ingin mendengarkan suara mereka. Ciri-ciri burung perkutut yang sehat secara umum adalah memiliki bulu-bulu yang mulus, halus dan tidak mengkorok. Selain itu burung juga tidak dalam kondisi tubuh yang kurus ataupun tidak dalam kondisi terlalu gemuk, karena burung yang kegemukan bukan hanya perkutut saja , juga aakan memiliki kecenderungan malas berbunyi.

Burung yang sehat rata-rata memiliki kotoran yang agak bulat serta solid dan biasanya  memiliki warna agak kecoklatan serta agak padat setelah mengering. Sedangkan burung perkutut yang mencret (kotaran yang bercampur air) menandakan burung dalam kondisi sedang kurang sehat. Meski begitu, terkadang ada juga burung perkutut yang sangat doyan minum sehingga kotorannya menjadi berair. Bukan hanya itu saja kotoran yang terlalu berwarna hijau juga menandakan burung yang kurang sehat.

Setelah di pastikan burung anda sehat maka pastikan juga burung perkutut anda senang hatinya. Burung yang senang hatinya akan senang sekali berbunyi. Jadi anda harus membuatnya merasa senang dan nyaman di lingkungan anda.

Salah satu cara untuk membuat peliharaan anda senang adalah dengan memberikan pakan kesukaannya. Sudah lumrah jika perkutut gemar sekali mengacak-acak pakannya hingga terkadang berantakan di lantai. Jika terlalu banyak yang di buang berarti pakan tersebut tidak di sukai perkutut.

Cobalah memberikan beberapa pakan di wadah yang terpisah. Yang duluan habis maka itulah yang di sukainya.

Langkah berikutnya adalah coba perhatikan tempat gantungan kesukaannya. Cobalah dengan mengubah satu lokasi sehari. Misalkan hari ini disisi kanan teras dan perhatikan tingkah lakunya. Jika dia tampak tenang dan mau bunyi maka itulah lokasi favoritnya. Setelah ketemu lokasi kesukaannya, maka tiap hari harus di cantol disitu sampai dia rajin bunyi. Setelah burungnya rajin bunyi baru coba di lokasi lainnya agar terbiasa bunyi dimana saja.

Tetapi jika perkutut tampak tidak nyaman waktu digantung dimana saja terlebih jika di lokasi tersebut banyak aktifitas manusia, maka cara terbaik adalah menjinakan burung dengan cara sering memandikan dengan tangan.

Tips lain adalah memancing mereka untuk birahi, caranya bisa dengan mengumbar burung perkutut tersebut dengan beberapa betina dalam kandang umbaran ataupun kandang yang berukuran luas.

Usahakan betina yang anda satukan dengan perkutut kesayangan anda berumur lebih muda dan perkutut kesayangan anda harus masuk umbaran duluan sehari sebelumnya supaya dia jadi yang berkuasa di kandang tersebut.



Kalaupun mereka berkelahi biarkan saja selama perkutut kesayangan anda yang menang. Biarkan kejar-kejaran apalagi sampai bekur dan berjodoh. 

Semoga bermanfaat. 

Sumber : Perkutut SBY
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close