Tips menangani burung yang lepas

8/13/2013
Burung lepas dari kandangnya itu sering disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya yaitu dikarenakan kecerobohan kita lupa menutup kandang maupun menggantangnya di area yang gampang goyang / jatuh contohnya pada ranting pohon yang kecil atau pada pengait kandang yang telah mulai longgar mungkin saja juga dikarenakan serangan binatang lain layaknya tikus atau kucing.

Lantas apakah yang perlu kita kerjakan bila satu waktu burung yang paling disayangi kita terlepas dari kandangnya, kami dapat berikan tips bagaimana menangani kondisi yang demikianlah.

Janganlah panik umumnya demikian tahu burung kita terlepas, perihal pertama yang kita kerjakan yaitu panik, lantas upayakan terus tenang pada saat menggiring burung kita yang terlepas kembali ke kandangnya. 

Siapkan ulat hongkong / jangkrik. 

Atur kandangnya supaya pintunya senantiasa terbuka. Atau bila mempunyai 
kandang jebakan pakai kandang jebakan untuk menjebak burung kita supaya akan masuk ke kandang. 

Langkah 1
Tusukan ujung batang lidi pada jangkrik, lantas tujukan ke burung yang terlepas tadi, umumnya siburung tak lagi segera terbang namun sepanjang sebagian menit burung tersebut cuma dapat diam sembari lihat kondisi sekelilingnya ( si burung coba beradaptasi ). Umumnya siburung dapat melacak area pijaknya layaknya kandang burung yg lain, tali jemuran, batang pohon atau tembok rumah serta pada waktu tersebut kita sodorkan batang lidi yg telah diberi jangkrik / ulat hongkong tadi. Mainkan batangan lidi tadi sembari diarahkan ke kandang yang pintunya telah terbuka. Bila siburung ikuti jangkriknya segera masukan jangkrik ke lantai kandangnya, umumnya siburung dapat ikuti arah ketempat jangkrik tadi dilepaskan lantas segera sesudah burung itu masuk kandang tutup pintunya.

Langkah 2
Pegang kandangnya yang pintunya telah sengaja di buka, lantas upayakan menarik perhatian siburung memasukan sebagian jangkrik / ulat ke kandangnya. Lantas tujukan / sodorkan kandangnya dengan pintu yang menghadap siburung. Bila burung terbang ke sana - kemari, coba terus ikuti serta sembari terus memasukan sebagian jangkrik/ulat ke kandangnya hingga siburung tertarik serta kembali masuk kekandangnya.

Langkah 3
Gunakan kandang yang didesain untuk menjebak burung, masukan cepuk untuk serangga di lantai kandang yg spesial bikin menjebak. Buka/ geser pintunya lantas gantung di tempat yang tampak oleh burung tersebut. Atau anda dapat memakai getah dari pohon nangka maupun getah pohon karet yang sudah di oleskan keranting, namun langkah ini kurang demikian efisien dikarenakan siburung tak lagi segera hampiri ranting yang telah dilumuri dengan getah tersebut.

Langkah 4
Dengan bersenjatakan sprayer yang terlebih dulu berisi air sampo, semprotkan sprayer yang diisi air sampo ke tubuh burung yang terlepas ( bila posisi anda serta si burung berjarak dekat ), semprotkan pelan-pelan saja dengan lembut sembari lihat pergerakan si burung, jika si burung diam saja serta jadi menikmatinya segera putar perlahan pengatur sprayer anda ke semprotan kencang perihal ini supaya bulu kamip siburung basah oleh air sampo yang lengket yang bikin si burung mustahil lagi terbang jauh/tinggi.

Bagaimana apabila burung anda terlanjur terbang jauh keluar rumah, maka perihal yang perlu anda kerjakan yaitu mencari burung sejenis ( semakin bagus lagi bila burung betina ) masukan burung tersebut ke kandang jebakan, lantas gantang di tempat yang dapat tampak oleh burung tersebut hinggap ( dibatang pohon, tiang listrik atau atap rumah ). Tunggu hingga burung tersebut berani mendekat.

Tips - tips di atas bisa dilakukan jika ada burung peliharaan kita atau milik tetangga yang kebetulan terlepas, serta akhirnya burung tersebut kembali kekandangnya dengan selamat. 



Namun bila anda tetap belum sukses barangkali memanglah anda belum berjodoh dengan burung tersebut. Baiknya senantiasa pantau kondisi lingkungan siapa tahu ada tetangga anda yang kebetulan memperoleh burung tersebut hingga anda dapat menebusnya sebagai sinyal terima kasih.

Itu beberapa tips mengenai bagaimana menangkap burung yang terlepas dari kandangnya. Serta bila anda sukses memperolehnya kembali maka coba untuk mengkerodongnya supaya burung tersebut kembali tenang. 


Selamat mencoba.

Sumber : youtube
Katalog Produk Omkicau

Artikel Terkait