Melatih kenari bersuara lebih panjang

9/12/2013

Melatih kenari bersuara lebih panjang tentu membutuhkan beberapa perhatian khusus, terutama mengenai daya tahan dan kekuatan otot dada dan sayap yang dimilikinya. Karena suara kicauan kenari tergantung pada tiga hal tersebut yang semuanya bisa dilatih dengan melakukan latihan yang ekstra rutin.


Melatih kenari agar memiliki suara kicauan yang panjang juga bukan pekerjaan yang instan, dengan kata lain butuh waktu untuk mengatur panjang pendeknya suara kicauan dari seekor burung terutama kenari, terutama pada burung yang masih bakalan, dimana untuk itu mereka harus dilatih mampu berkicau dengan suara ngerollnya dahulu secara bertahap setelah itu jika dianggap memiliki karakter bakalan bersuara panjang, misalnya burung sudah mampu berkicau ngeroll dengan suara yang lantang dan keras namun masih selalu terpotong ditengah jalan, dan biasanya setelah itu si burung langsung mengambil minum atau sayuran / makanannya. Hal itu juga bisa menjadi petunjuk bahwa burung tersebut sebenarnya memiliki kemampuan untuk bersuara lebih lama lagi atau dengan durasi kicauan yang panjang. Namun hal yang berbeda akan ditemukan pada kenari yang berkicau dengan suara pelan atau serak dengan jeda terputus-putus dan pendek, untuk melatih mereka tentu dibutuhkan waktu yang lama karena tidak jarang kemampuan mereka cuma hanya sampai disitu atau bisa jadi juga dari keturunan indukan yang tidak berkualitas. 

Hal yang terpenting dalam melatih mereka adalah melantangkan suara kicauannya, dan hal ini tentu berkaitan dengan kesehatan burung, semakin sehat burung kenari tersebut semakin lantang pula mereka akan berbunyi. Setelah suara mulai lantang, maka tahap berikutnya adalah melatih kekuatan otot dada dan sayap, dengan begitu burung akan memiliki energi yang cukup untuk menggetarkan kotak suaranya dengan otot dada dan sayap dalam waktu yang cukup lama. 

Tahap pertama 
Menjaga kesehatan burung kenari bisa dilakukan dengan teratur memberikan suplemen vitamin yang dibutuhkannya seperti BirdVit. Dengan demikian mereka akan memiliki kekebalan terhadap segala macam penyakit yang terjadi akibat perubahan cuhu atau cuaca, penyakit infeksi yang menular ataupun penyakit lain yang secara umum sering menganggu tenggorokan mereka. 
Berikan biji-bijian yang mengandung cukup protein dan energi, juga pakan tambahan seperti sayuran hijau dan buah-buahan berwarna merah. Beberapa penggemar sering memberikan kroto / telur semut pada kenarinya dengan jumlah 3 butir saja setiap satu - dua kali seminggu. 
Pejemuran diperlukan untuk melatih daya tahan mereka, serta membuat suara mereka akan menjadi lebih lantang dan kristal. Penjemuran ini bisa dilakukan setelah burung kenari tersebut diberikan mandi pagi pada pukul 06.30 lalu setelah itu diangin-anginkan agar bulu-bulu menjadi kering dan mulai dijemur di panas matahari mulai pukul 07 hingga pukul 09.00 atau 09.30.  
Berikan air larutan selama dua hari dalam seminggu, dan sisanya diberikan air mineral atau air bersih yang matang.  
 Jika dilakukan rutin setiap hari , burung kenari akan cepat memiliki suara yang lebih lantang dari biasanya, dan hal ini tentu butuh waktu atau tergantung kondisi dari burung tersebut dan selama itu pula perawatan yang tepat harus tetap diberikan. 

Tahap kedua
Melatih daya tahan dengan kandang umbaran. Kandang umbaran fungsinya adalah untuk melemaskan otot-otot burung yang kaku, seperti otot dada, otot sayap, otot ekor serta otot kakinya. Dengan melakukan pengumbaran selama seminggu satu - dua kali, maka burung akan memiliki tubuh yang segar dan hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kekuatan vokalnya.
Untuk kenari pengumbaran bisa dilakukan sambil dijemur, maupun dilakukan selama sehari penuh misalnya dari pagi hingga sore hari. 

Tahap ketiga
Memancing dengan suara kenari yang panjang. Burung kenari yang sudah matang atau dewasa pasti akan terpancing jika mendengar suara kenari lain berbunyi. memancing mereka untuk berbunyi sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering karena justru akan membuat mereka berkicau tidak lama / pendek, karena kebiasaan dan cenderung menunggu suara pancingan tersebut. Merangsang kenari untuk mengikuti suara masteran yang panjang bisa dilakukan dengan durasi sekitar setengah hingga satu jam saja, yang dilakukan pada pagi hari dan sore harinya.

Itulah beberapa tips mengenai bagaimana melatih kenari agar mau bersuara lebih panjang dari biasanya, namun semua itu juga tergantung pada karakter dari burung tersebut dan juga sangat tergantung pada kualitas indukannya. namun jika dilatih dengan sungguh-sungguh, maka bukan tidak mungkin kenari anda akan memiliki kualitas yang lebih baik dari indukan. 

 Semoga bermanfaat


Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

1 comments:

Write comments
johan martin
AUTHOR
14 May 2017 at 08:59 delete

Mau tanya!kenapa kenari jambul kalau sudah agak berumur kok kepala'y pada botak(rontok bulu kepala'y)

Reply
avatar