Tips mencari burung perkutut sesuai keinginan

9/23/2013

Perkutut meskipun kurang banyak diminati oleh Penggemar burung kicauan namun masih mendapat tempat di hati para kicau mania yang tertarik ingin mendengar kemerduan alunan suara kicauannya yang khas.

Di pasaran banyak dijual perkutut dalam kondisi sudah rajin bunyi maupun masih bakalan yang disimpan dalam kandang ombyokan, biasanya perkutut tersebut adalah hasil ternakan ataupun hasil tangkapan hutan. Untuk jenisnya sendiri tentu tergantung apa keinginan anda. mau melihara perkutut bangkok apa lokal? hasil ternakan atau tangkapan alam yang cenderung murah meriah ? semua jawaban ada di tangan anda.

Jika anda tertarik ingin memelihara burung perkutut sebagai klangenan di rumah, maka tips berikut bisa anda jadikan panduan bagaimana memilih perkutut berdasarkan keinginan kita.

  • Jika dimungkinkan, sebaiknya pilih burung yang sudah rajin bunyi atau sudah berusia dewasa (bukan burung muda), syukur-syukur bisa dapat yang gacor dengan suara kicauan yang cocok dengan suasana hati anda.
  • Banyak penggemar burung perkutut yang menyukai burung ini karena alunana suaranya sesuai dengan apa yang diinginkannya ( cocok dengan keinginannya ), ada yang suka dengan suara yang mengalun misalnya kuer ..kete..kuk .. kuk  ada juga yang menyukai alunan seperti kuer.kuk..kuk..kuk . kuk , semua tentu tergantung keinginan kita, kalau kebetulan burung perkutut yang kita incar memiliki suara irama seperti yang sangat kita harapkan , maka jangan tunggu apa-apa lagi, langsung saja bayarin burung tersebut ( setelah nego harga tentunya ), karena jarang sekali burung yang mau bersuara sesuai dengan seperti apa alunan yang kita inginkan.
  • Memilih burung perkutut yang baik dan sehat bisa dengan cara memegang burung tersebut ( atau suruh pedagangnya untuk memegang perkutut tersebut ) lalu memeriksa apakah bagian dadanya normal atau kurus (nyilet yang kalau diraba terasa tulang rusuknya yang tajam ) dan tidak ada bulu sayap yang jatuh.
  • Dalam memilih perkutut ini juga selain berdasarkan keinginan hati kita, ada beberapa jenis suara yang harus diperhatikan juga dalam memilih burung berkualitas lomba, myaitu suara depan (angkatan), suara tengah dan suara ujung, seperti disebutkan diatas, masing-masing tentu memiliki minat tersendiri terhadap alunan suara perkutut yagn dirasa bagus.
  • Kebersihan kandang juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan perkutut ini, terutama jika kandang yang digunakan sangat kotor dan tidak pernah dibersihkan maka kemungkinan burung terkena infeksi bakteri / kutu /tungau bisa saja terjadi.
  • Cermati harga pasaran burung perkutut baik bahan maupun sudah jadi, agar tidak menjadi korban akal-akalan pedagang. Untuk pasaran harga perkutut bisa anda cari tahu dahulu informasinya baik di website ataupun teman-teman penghobi perkutut.

-
Itulah beberapa informasi mengenai bagaimana memilih dan  mencari perkutut yang bagus sesuai dengan keinginan dan harapan kita. 

Semoga bisa bermanfaat dan Salam kicau !
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close