Seputar burung Kutilang emas

10/07/2013
Burung kutilang memang termasuk burung dengan penyebaran yang global meliputi wilayah Asia termasuk India, China dan merata di Asia tenggara termasuk semenanjng Malaysia dan Indonesia. Termasuk diantaranya burung kutilang emas (Pycnonotus melanicterus) yang banyak ditemukan di wilayah Sunda Besar ( Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali ) memiliki kemiripan dengan burung kutilang sutera atau cucak kurincang (Pycnonotus atriceps), hanya saja perbedaan terletak pada bulu kutilang emas yang lebih panjang dengan perut yang berwarna kuning dan iris mata yang putih, sedangkan warna bulu burung cucak kurincang adalah kuning zaitun.


(a) Kutilang emas dan (b) kutilang sutera


Suara burung kutilang emas jika kita dengarkan dengan jalan menikmati suara kicauannya pasti akan terasa berbeda dan lain dari yang lain, karena suara burung ini akan terdengar lebih merdu meski kedengarannya cenderung monoton, namun jika kita memelihara burung ini sejak dari anakan, mereka memiliki kemampuan untuk menirukan suara burung jenis lainnya atau bisa dimaster dengan suara kicauan baik dari mp3 atau suara burung aslinya.

Membedakan jenis kelamin burung kutilang emas

Sebenarnya, semua jenis burung kutilang maupun dari jenis cucak-cucakan yang termasuk dalam keluarga Pycnonotidae ini baik yang berjenis kelamin jantan maupun betina sama-sama memiliki kemampuan yang sama dari segi kicauannya. 



Tetapi meskipun demikian, orang lebih memilih memelihara burung kutilang emas yang berjenis kelamin jantan dikarenakan sifatnya yang lebih aktif dan lebih cerewet dibanding burung betina.

Dan untuk membedakan jenis kelamin mereka , bisa dilakukan dengan cara melihat warna merah yang terdapat apda bagian bawah paruhnya atau di lehernya yaitu :

Pada bagian bawah paruh atau bagian lehernya memiliki warna merah yang sangat mencolok dibanding dengan yang terdapat pada burung betina yang kadang tidak bisa terlihat atau warna merahnya yang tidak mencolok atau sedikit.
 

Perawatan harian kutilang emas

Makanan utama burung kutilang emas adalah buah-buahan dan serangga seperti ulat hongkong dan juga jangkrik atau belalang, sedangkan kroto bisa diberikan untuk membuat mereka lebih rajin berbunyi. 

Perlu diperhatikan juga kalau burung kutilang emas ini termasuk burung yang senang menjaga penampilannya, jadi pemberian mandi beberapa kali dalam satu hari bisa membuat mereka selalu dalam kondisi yang aktif, lincah dan rajin berbunyi dan suara burung kutilang emas ini bsia di dengar atau di download suara burung dibawah ini:

Suara burung atau suara panggilan kutilang emas dari Xeno Canto
  





 

Semoga bermanfaat dan salam kicau






tags dan keywords:
suara burung kutilang , suara burung kutilang emas , beda jantan betina kutilang emas , cara merawat kutilang emas , cara merawat burung kutilang , suara kicauan kutilang , download saura kutilang emas , cara berternak kutilang emas , suara burung
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close