Seputar perawatan burung madu

10/03/2013
Burung madu atau yang lebih populer di kalangan kicau mania kita dengan sebutan burung kolibri ( meskipun secara umum ada perbedaan mendasar dari burung madu dengan burung kolibri ini ) memang termasuk burung yang juga banyak dipelihara oleh penggemar burung di Indonesia, beberapa jenis bahkan cukup populer sebagai burung kicauan yang banyak dicari, termasuk diantaranya burung madu bakau, burung madu sriganti dan burung madu kelapa. Hal yang perlu diperhatikan disini adalah bahwa semua jenis burung madu adalah termasuk burung yang dilindungi oleh UU dan Peraturan Pemerintah No.7 tahun 1999. Jadi untuk itu harap pertimbangkan kembali jika ingin memelihara burung madu ini.

 
Beberapa jenis burung madu yang populer dan banyak dipelihara


Burung madu bisa dikembang biakan dengan cara menangkarkannya, karena seperti halnya burung pleci burung madu inipun akan sangat mudah berkembang biak jika menemukan pasangannya yang tepat.

Dan dalam perawatannya tersebut baik burung madu bakau maupun burung madu kelapa membutuhkan asupan nutrisi yang cukup tinggi, dimana di habitat aslinya mereka mendapatkan asupan nutrisi tersebut dari nektar bunga maka untuk perawatan hariannya , asupan nutrisi tersebut bisa didapatkan dari nektar buatan. 


Mengenai pemberian nektar buatan ini masih banyak kicau mania kita yang beranggapan bahwa campuran air dan gula tersebut tidak memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan padahal kalau ditelaah lebih lanjut baik berdasarkan informasi dari berbagai sumber bahwa nektar buatan ini memiliki komposisi yang mendekati dengan komposisi yang terdapat dalam bunga. 

Pada bunga, nektar adalah cairan manis yang dihasilkan oleh beberapa bunga untuk menarik perhatian penyerbuk seperti serangga, kelelawar dan juga burung.

Jumlah dan komposisi nektar ini bervariasi untuk setiap spesies bunga, tetapi umumnya mengandung sebagian besar air dan gula dengan sejumlah protein, garam dan asam amino. Kandungan gula yang terdapat dalam nektar tersebut sekitar 3- 80 persen tergantung dari jenis bunga dan kualitas tanahnya. 


Nektar inipun bisa dibuat dengan cara membeli nektar yang sudah berupa serbuk/bubuk ataupun membuat sendiri nektar buatan menggunakan campuran air dan gula dengan perbandingan 1:4 ( satu gelas untuk 4 sendok teh gula ), resep tersebut jika dibuat dengan cara yang tepat mengandung konsentrasi gula 20-25 persen, dan merupakan yang paling dekat meniru konsentrasi gula dalam nektar alami yang dibutuhkan burung. Cara lain adalah menanam bunga di dalam pot atau di halaman untuk diambil nektarnya. Jadi dalam pemberian nektar buatan ini adalah alternatif pakan yang memiliki kemiripan dan kedekatan kandungan yang dimiliki oleh nektar asli yang didapatkan dari bunga dengan mencermati bahan dan cara pembuatan yang dianjurkan, karena saya sendiri tidak prenah menemukan informasi negatif dari efek pemberian nektar buatan ini, malah kebanyakan penangkar ataupun penggemar burung di seluruh dunia menganjurkan resep tersebut, karena memang pada dasarnya burung tersebut adalah pemakan gula.

Berikut beberpa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan nektar buatan tersebut, agar diperoleh komposisi yang mendekati dengan komposisi yang terdapat pada nektar bunga:

  1. Jangan menambahkan pewarna makanan atau zat pewarna lain kedalam nektar buatan tersebut, karena tidak memiliki nilai gizi dan bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal burung.
  2. Jangan menggunakan gula merah / gula batu, gula ber-energi, ataupun jenis gula lain selain dari gula yang berwarna putih ( gula putih ), hindari menggunakan gula yang sudah bercampur bahan kimia.
  3. Pemberian madu sebaiknya tidak dicampurkan dengan larutan nektar buatan ini, karena bisa mempercepat kerusakan pada nektar buatan dan mempercepat tumbuhnya bakteri dalam larutan tersebut. Kalaupun burung ingin diberikan madu, maka gunakan madu asli yang disimpan dalam wadah terpisah dengan porsi yang secukupnya saja.
Selain diperlukan untuk burung madu atau kolibri, nektar buatan ini juga bisa dikonsumsikan pada burung jenis lain, seperti pleci, robin, cucak rante dan burung lainnya yang termasuk dalam jenis Nectariine.

Selain pemberian nektar buatan ini, bebeberapa jenis burung madu dan juga kolibri juga sangat menyukai serangga-serangga kecil ataupun makanan lainnya, berikut beberapa makanan yang juga dikonsumsi oleh burung madu atapun burung kolibri :

  • Getah: Ketika nektar sulit ditemukan , burung madu ataupun burung kolibri akan menghisap getah pohon dari lubang yang dibuat oleh burung pelatuk. meskipun getah pohon tidak semanis nektar bunga, namun getah pohon merupakan penyedia sumber sukrosa (sucrose) yang memadai untuk kebutuhan energi burung madu ataupun burung kolibri.
  • Serangga: Serangga kecil, larva, telur serangga (kroto) dan juga laba-laba kecil merupakan sumber makanan penting yang dibutuhkan burung madu atau kolibri, mereka memiliki kandungan protein dan lemak yang tidak bisa didapatkan dari nektar. Selain itu juga merupakan kebutuhan utama dalam pertumbuhan burung anakan semasa berkembang biak. Untuk mendapatkan jumlah protein yang cukup maka burung madu atau kolibri ini harus diberikan seranggga dalam jumlah yang cukup banyak setiap harinya.
  • Pollen / Serbuk sari : Burung madu ataupun kolibri memang tidak langsung mengkonsumsi serbuk sari, tetapi banyak serbuk sari dari bunga yang menempel pada paruh mereka sewaktu menghisap nektar dari bunga. beberapa serbuk sari yang tertelan akan menjadi sumber protein yang meskipun jumlahnya cukup kecil. meskipun bukan sebagai pakan umum burung madu atau kolibri, namun serbuk sari bisa menjadi pakan alternatif untuk burung madu maupun kolibri.
  • Pasir : Siapa bisa menyangka kalau burung madu ataupun kolibri ternyata sering terlihat memakan abu dan pasir dalam jumlah yang kecil. Butiran pasir tersebut memang bisa menjadi sumber yang baik dari mineral penting dan garam, namun pemberiannya pun tidak bisa diberikan dalam jumlah banyak atau harus setiap hari, karena memang bukan makanan utama mereka. Pasir pantai bisa diberikan seminggu sekali dalam jumlah sangat kecil saja untuk memenuhi kebutuhan mineralnya.

Perawatan burung madu

Dalam perawatan burung madu ini memang tidak terlepas dari pemberian kroto dan nektar atau air gula namun selain itu pemberian serangga serta pakan yang berprotein bisa membantunya menerima asupan energi dan gizi yang dibutuhkan untuk aktifitasnya sehari-hari.  Selain dari itu pemberian multivitamin tambahan sebenarnya sangat dibutuhkan oleh burung sekelas burung madu atau kolibri, karena seperti disebutkan diatas, protein dan nutrisi yang dibutuhkan mereka sangat tinggi, sehingga membutuhkan banyak serangga untuk dikonsumsi, maka untuk mengantisipasinya, pemberian BirdVit dan juga BirdMineral bisa diberikan untuk menunjang kebutuhan mereka akan protein, vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap fit dan selalu memiliki energi yang cukup untuk beraktifitas maupun berkicau mereka.

Memancing bunyi dengan suara sejenis

Seperti halnya burung ciblek, burung madu pun bisa dipancing untuk lebih rajin berkicau dengan menggunakan suara kicauan burung madu sejenis yang diputarkan melalui perangkat elektronik baik menggunakan handphone ataupun m3 player. Beberapa jenis burung madu memang memiliki sifat teritorial atau fighter sehingga mudah sekali membalas sahutan suara burung sejenisnya.


* BirdVit dan BirdMineral dapat diperoleh di agen omkicau terdekat di kota anda
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close