Manfaat Tulang Sotong atau Cuttle Bone pada Burung

11/16/2013
Tulang sotong atau cuttle bone ini sebenarnya bukalah sebuah tulang melainkan cangkang internal dari sotong, hewan laut sejenis cumi-cumi kecil seperti Cephalopod. Tulang sotong ini biasanya banyak ditemukan dipinggir-pinggir pantai dimana hewan hewan tersebut terdampar akibat laut yang pasang dan tinggal cangkangnya saja yang tersisa. 
Karena merupakan hewan laut, maka dalam tulang sotong tersebut banyak mengandung kalsium , mineral dan iodum yang sangat dibutuhkan oleh burung dan hewan peliharaan lainnya seperti reptil.



Tulang sotong ini juga banyak dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan burung akan kalsium dan garam sebagaimana telah dilakukan oleh pemilik burung dari jenis perkutut, kenari ataupun burung paruh bengkok seperti parkit dan lovebirds. Bagi burung yang sedang dikembang biakan, pemberian tulang sotong ini bisa memicu produktivitas dan kesehatan dari telur yang dihasilkan serta bisa mencegah indukan yang sering memakan telur-telurnya sendiri karena kekurangan kalsium .

Sotong yang bagian cangkang internalnya dimanfaatkan untuk burung kicauan
Tulang Sotong banyak ditemukan di pinggiran pantai
Dipasaran kita banyak melihat tulang sotong dijual dalam bentuk batangan dengan harga yang cukup murah dan untuk panduan bagi anda , berikut cara pemasangan tulang sotong dalam sangkar burung , karena tidak sedikit juga penggemar burung kicauan yang mengaku kesulitan dalam memasang tulang sotong disangkarnya misalnya tulang  yang menjadi hancur sewkatu dilubangi untuk dipasang kaitan atau masalah lainnya.

Pada panduan kali ini, kita akan menggunkan tali pengikat untuk mengikat tulang sotong tersebut pada bagian sangkarnya, jadi bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut:


  1. 1 (satu) buah tulang sotong
  2. Piring kertas atau kertas koran
  3. Tali pengikat
  4. Obeng berujung lancip

Cara pemasangan

Letakan tulang sotong diatas piringan keras atau kertas koran yang tebal, lalu dengan menggunakan obeng yang memiliki ujung lancip ( obeng x ) kita akan membuat lubang dengan cara melubangi bagian sisi tengah dari tulang tersebut sesuai gambar dibawah ini:


 

Setelah dua buah lubang selesai dibuat, tali pengikat bisa langsung dimasukan kedalam lubang tersebut , untuk kemudian mulai dipasang pada bagian sangkar dengan menempelkan pada bagian jeruji dilokasi yang diinginkan lalu meulai mengencangkan talinya. 




Tulang sotong telah selesai dipasang dan burung bisa mulai mengkonsumsi atau memanfaatkan tulang sotong tersebut.




-

Itulah manfaat dari penggunaan tulang sotong pada burung kicauan serta bagaimana memasang tulang sotong pada sangkarnya dengan tepat .

Semoga bermanfaat dan Salam Kicau!
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close