Testosterone bisa membuat burung betina jadi Tomboy

11/18/2013
Testosterone bisa membuat kenari betina rajin berkicau, hal ini terungkap setelah seorang peneliti Belanda Tessa Hartog menemukan cara bagaimana membuat burung kenari betina berkicau dengan menggunakan hormon testosteron dipadukan protein BDNF, kalau biasanya burung kenari betina tidak bernyanyi tetapi dengan beberapa "setelan" struktur otak kenari betina bisa diubah dengan cara yang bisa membuat mereka bernyanyi bahkan dengan lagu yang atraktif. 





Pengaruh hormon dalam otak kenari serta proses pembelajaran serta memory dari kenari ini merupakan satu hal yang sangat kompleks untuk ditelaah dan satu satunya model yang cocok untuk dianalisa dari proses tersebut adalah suara nyanyiannya, jadi hatrog pun menganalisa zat mana yang berperan dalam perilaku dari nyanyian kenari betina serta bagaimana zat ini mampu mengubah anatomi otaknya.

Penelitan atas multi fungsi dari testosteron in menunjukan bahwa testosteron mampu mempengaruhi burung untuk rajin berkicau , ini menimbulkan neuron baru (sel saraf) di daerah otak yang mengontrol nyanyiannya. namun sejauh mana peran protein lain seperti BDNF masih belum jelas.  Dalam percobaan ini hartog menemukan bahwa BDNF bisa membuat burung betina bernyanyi, walaupun sebenarnya burung kenari betina juga bisa bernyanyi dengan terbatas tetapi dengan menggabungkan BDNF dan testosteron bisa memungkinkan kenari betinapun mampu berkicau dengan atraktif dan variatif seperti halnya burung jantan. 

Yang paling menarik adalah testosteron memiliki dua efek yang benar benar independen, hal ini bisa merangsang produksi dan  fusi dari neuron baru dalam jaringan yang ada di otak burung dan menghasilkan pelebaran pembuluh darah dan perubahan struktur dan anatomi otak yang berhubungan dengan nyanyiannya. Efek pertama tergantung pada protein BDNF tetapi efek yang kedua tampaknya independen dari BDNF. 

Dengan hasil penelitiannya tersebut Hartog telah menunjukan bahwa perubahan dalam sel sel saraf tidak hanya menghasilkan perubahan fisik saja tetapi juga perubahan dalam tingkah laku termasuk efeknya terhadap burung betina. 

Nah , jika anda kebetulan memiliki burung betina dan ingin mereka menjadi rajin bersuara seperti halnya burung jantan, coba saja dengan obat pemicu hormon testosterone dari Omkicau yang namanya TestoBird Booster, saya sendiri dulu pernah mencobanya pada kenari betina saya dan hasilnya memang kenari tersebut menjadi rajin berkicau mirip jantan , mungkin lebih tepatnya kita sebut saja kenari Tomboy,, hehehe 

Selain bisa untuk kenari betina, hormon testosterone yang diracik dalam bentuk TBB ini juga bisa diberikan pada burung betina dari jenis lainnya misalnya kacer, murai batu, cucak hijau dan sebagainya. Tetapi tidak bisa diberikan pada burung betina yang hanya memilik suara panggilan saja atau satu suara saja, seperti Ciblek, Robin, Poksai, Hwamei dsb.

Selamat mencoba

Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close