Kenari Amerika singer : kenari unggulan dari Amerika Serikat

12/05/2013
American singer canary atau kenari amerika adalah salah satu jenis kenari yang khusus dikembangkan dalam batasan wilayah negara amerika serikat. keberadaan kenari ini sangat diperhatikan secara khusus oleh para peternak di negara tersebut dan khusus dipelihara sebagai burung kenari yang memiliki kicauan yang cantik. Pada pertama kalinya kenari jenis american singer ini dikembang biakan oleh sekelompok wanita dari boston massachussets pada tahun 1930, yang kemudian setelah itu jenis kenari ini menjadi begitu populer dan terkenal dari semua jenis kenari yang ada dan dipelihara di Amerika Serikat.


Kenari yang merupakan hasil persilangan dari kenari jenis Border dan kenari jenis german Roller ini memiliki karakter tersendiri dalam lagunya yang merupakan kelebihan dari keturunan  antara kenari  border dan kenari roller ini. iramanya lebih mirip dengan border tetapi karakter lagunya sangat kuat jika dibandingkan dengan kenari jenis Roller. 



 Dalam perkembangannya kenari american singer ini sangat begitu populer di negaranya baik hanya sekedar di pelihara ataupun dilombakan karena kicauannya yang tidak hanya berkarakter tetapi juga lebih merdu dan penuh variasi dibanding kenari jenis lainnya. oleh karena itulah banyak peternak disana saling menyilangkan kenari jenis ini dengan kenari jenis lainnya untuk mendapatkan kenari unggulan, seperti yang dilakukan oleh seorang penangkar yang telah berhasil menyilangkan kenari amerika ini dengan kenari jenis lain sehingga menghasilkan kenari yang disebut japan hoso.

Pemasteran yang efektif dari usia piyikan

Sejak awal dari mulai menetasnya, kenari american singer ini telah mulai mempelajari suara atau lagu lagu dari kenari dewasa terutama suara nyanyian dari indukannya, berulah setelah berusia dua bulanan ia akan mulai belajar berkicau yang dikenal dengan istilah "ngeriwik" , dan 6 minggu setelahnya kenari muda akan mulai mampu berkicau dengan irama dan karakter yang dimilikinya sampai irama lagunya menjadi sempurna hingga berusia diatas 7  bulan, bahkan kenari betina yang masih muda pun sering terdengar sedang belajar berkicau meskipun setelah dewasa burung betina akan jarang sekali berkicau, karena itulah sangat sulit membedakan kenari american singer jantan dan betina yang masih dibawah 6 bulanan.

Hal yang terpenting dalam perawatan kenari american singer ini adalah pemasteran atau pelatihan suara untuk mendapatkan kualitas lagu yang baik, pelatihan atau pemasteran ini bisa dimulai setelah kenari tersebut menetas, metode pelatihan ini sendiri bisa menggunakan beberapa cara diantaranya mendengarkan nyanyian dari burung kenari dewasa ataupun melalui media seperti suara dari Mp3 ataupun Cd/kaset yang berkualitas tinggi.


 Lama pemasteran atau pelatihan itu sendiri jika dilakukan dalam batas maksimalnya adalah sekitar lima mingguan, setelah itu burung mampu membedakan antara lagu hasil rekaman dari mp3 ataupun CD semasa pelatihan dengan lagu aslinya dan akan menunjukan preferensi berbeda untuk mempelajari lagu aslinya. 

Oleh karena itulah banyak penangkar atau pemilik burung ini yang memaster anakan kenarinya dengan kenari yang benar-benar memiliki kualitas tinggi sebagai masterannya dan lagu cadangan dari media lain seperti suara MP3 atau CD untuk membantu menambah variasi kicauan dari anakan kenari tersebut.

Untuk menambah wawasan kita mengenai kenari jenis ini silahkan anda tonton dan dengarkan suara kenari american singer ini untuk referensi ataupun memaster kenari anda. 


Video American Singer Canary 



Suara American Canary | DOWNLOAD
Suara American Canary II | DOWNLOAD

Semoga bermanfaat


Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments

Komentar spam akan langsung kami hapus

close