Merawat cucak jenggot kapas tembak macet bunyi

12/12/2013
Dalam kondisi tertentu , cucak jenggot ataupun kapas tembak yang pada tadinya bersuara rajin atau gacor, tiba-tiba menjadi jarang berbunyi setelah beberapa hari kemudian. Masalah inilah yang dikenal oleh kalangan penggemar burung sebagai macet bunyi. 



Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tentu harus dicari terlebih dahulu apa sebenarnya penyebab burung menjadi tidak mau bersuara tersebut, apakah memang kondisinya sudah mulai memasuki masa mabung yang bisa terlihat dari mulai berjatuhannya bulu-bulu halus dari tubuh mereka, atau karena hal lainnya. Untuk masalah mabung tentu kita mau tidak mau harus mulai memberlakukan perawatan mabung pada burung kesayangan kita tersebut, sedangkan untuk permasalahan yang disebabkan oleh hal lain diluar mabung maka kita bisa memberikan perawatan yang berbeda kepada mereka. Beberapa penyebab burung macet tersebut bisa disebabkan oleh kondisi burung seperti berikut ini:
  • Burung dalam kondisi yang kurang sehat atau tidak fit.
  • Burung yang sedang dalam kondisi stress karena kaget atau ketakutan.
  • Burung yang sedang dalam kondisi kalah mental.
Untuk mengatasi masalah cucak jenggot dan kapas tembak macet bunyi, maka beberapa cara bisa dilakukan sebagai bentuk perawatannya, antara lain :
  • Burung sebaiknya dipisahkan dahulu dari burung lain dengan cara digantung ditempat yang tenang dan sepi.
  • Berikan makanan seperti biasa dengan buah-buahan yang full variasi, dan bisa juga pemberian buah tersebut dibarengi dengan mengoleskan tipis madu asli pada buah-buahan tersebut sebelum diberikan.
  • Pemberian Ekstra Fooding seperti Jangkrik atau Ulat Hongkong bisa diberikan dalam porsi 2 ekor saja Pagi dan Sore harinya.
  • Untuk sementara burung tidak perlu dimandikan terlebih dahulu
  • Jika memungkinan cobalah ganti sangkar dengan sangkar yang lebih luas agar burung menjadi aktif dan lebih cepat ke kondisi normal.
Lakukan perawatan secara teratur sampai burung tersebut mau kembali gacor seperti biasa, dan selama perawatannya tersebut hindari bertemu dengan burung sejenis jika kondisi masih belum memungkinkan .

Semoga bermanfaat
 
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait