Sejarah Kenari dan Perkembangannya

12/27/2013
Kenari ( Serinus Canaria ) merupakan salah satu jenis burung kicauan yang paling populer dan banyak penggemarnya di tanah air, bahkan kepopuleran burung ini sebagai burung peliharaan sudah lebih dahulu terkenal di seluruh penjuru dunia.
Burung yang termasuk dalam keluarga Fringillidae ini memiliki jumlah yang cukup banyak dan hampir terdapat di seluruh dunia, dan seiring dengan banyaknya penangkaran kenari inipun jumlah dan variasi warna kenari bisa dibilang terlalu banyak untuk diketahui. Indonesia sendiri memiliki burung kenari asli dari pulau jawa yang dikenal dengan sebutan kenari Jawa / Kenari gunung atau malay goldfinch atau Erinus estherae, namun keberadaannya hingga kinipun masih jarang ditemui.



Sejarah Kenari

Burung kenari mulai dikenal di negara-negara Eropa  sejak abad XIV dan burung ini dahulunya merupakan jenis burung yang paling sangat digemari oleh kalangan wanita bangsawan maupun orang-orang terpandang termasuk pejabat-pejabat negara setempat, oleh karna itulah burung kenari identik lambang status pada waktu itu, mereka yang memelihara burung kenari dianggap sebagai kalangan bangsawan dan orang-orang kaya.



Awal penyebaran burung kenari ke seluruh penjuru dunia ini bermula dari bangsa Spanyol yang membawa oleh-oleh burung kenari liar yang mereka dapatkan dari kepulauan Kenari ( Canary Island) yang berhasil ditaklukannya dan menjadi wilayah jajahannya selama beberapa waktu. Orang-orang Spanyol tersebut merasa kagum dan takjub dengan jenis burung yang sama sekali mereka belum pernah melihatnya di tanah air mereka.


Dan semenjak itulah penyebaran burung kenari ini mulai meluas hingga ke daratan Inggris, Perancis, Italia, Belanda, Jerman, Belgia dan Rusia. Pada saat itu juga hampir seluruh negara yang termasuk dalam benua eropa tersebut mulai berlomba-lomba menangkarkan burung kenari dan memproduksi kenari varian baru dengan cara kawin silang dan sejenisnya, hingga sekarang ini kita dengan mudah mendapatkan kenari jenis silangan tersebut yang diunggulkan oleh negara penghasil kenari varian tersebut, misalnya negara Jerman yang mengunggulkan kenari jenis Roller ( Edelroller) yang memiliki  kualitas suara bagus yang menyambung (terus-menerus), begitu juga dengan kenari Yorkshire asal Inggris, Crest, Frill, Border, Norwich dan Gloster. yang hingga kinipun masih bisa ditemui di pasaran lokal meski jumlahnya cukup terbatas, oleh karena itulah tidak heran kalau harga burung ini bisa semakin tinggi harganya.

Jenis jenis kenari yang merupakan kenari hasil penangkaran dari negara-negara eropa tersebut memang memiliki keunggulan dan ciri khasnya masing-masing serta mudah dibedakan dari jenis kenari lainnya seperti kenari Yorkshire yang memiliki tubuh seperti Wortel, Kenari Frill yang memiliki bulu-bulu yang sperti acak-acakan dengan bulu yang terbalik, Kenari Belgian Fancy yang memiliki tubuh bongkok dengan kepala kecil dan kenari Scoth Fancy yang memiliki bentuk badan seperti yang bengkok. 

Tidak semua kenari dari jenis diatas memiliki suara yang bagus, karena itulah dalam perkembangannya kenari-kenari ini dibagi menjadi beberapa kategori seperti kenari tipe dan kenari penyanyi. dimana untuk kenari tipe ini yang diunggulkan adalah keunikan dari bentuk tubuh dan bulu-bulunya sedangkan kenari penyanyi adalah kenari yang diunggulkan dari kualitas suara serta varian suaranya yang mengalun. 


Berikut ini adalah beberapa jenis kenari yang memiliki suara yang memiliki kualitas dan diunggulkan adalah :

  • Kenari Yorkshire
    Kenari ini merupakan hasil silangan antara kenari belgia dengan lancashire yang dikembangkan di daerah Yorkshire di Inggris, kenari ini juga memiliki kepandaian menirukan suara burung lain dengan cepat.
  • Kenari Waterslager
    Kenari ini diunggulkan karena memiliki kemampuan memiliki lebih dari 15 macam irama. suaranya yang mengalun mirip suara air terjun dan juga kepandaiannya menirukan suara berbagai macam seperti suara dentingan bell dan ambulan serta lain-lain.
  • Kenari Border
    Kenari border ini dikenal memiliki irama yang bagus dengan tekukan yang tajam
  • Kenari Norwich
    Kenari ini bisa dikenali dari jambulnya yang menutupi matanya dengan ukuran panjang hingga 10 cm. suara burung ini dikenal keras dan kencang ( Suara Kristal)
  • Kenari Gloster
    Kenari gloster ini selain unik juga menjadi kenari unggulan dari segi suaranya, karena cengkokan kenari ini dikenal sangat mengalun dan penuh variasi serta lagunya yang panjang. kenari gloster inipun terdiri dari kenari jambul ( Gloster Corona ) dan kenari yang tidak memiliki jambul ( Gloster Consort).
  • Kenari Roller
    Kenari Roller ini sering juga disebut kenari Herzers karena asalnya dari Jerman yang dikembangkan di pegunaungan Hartz. Memiliki nama Roller dikarenakan suara kenari ini yang terus-menerus ( dalam istilah kita 'ngeroll').
  • Kenari Fusan
    Kenari FUsan ini adalah salah satu jenis kenari yang dikembangkan di negara China tetapi asal burung ini adalah dari neara Taiwan.

Sedangkan beberapa jenis dari kenari tipe adalah:

  • Kenari Frill
    Kenari ini memiliki bentuk yang unik dan juga suaranya yang merdu yang melengking. keunikan dari burung ini adalah bulu-bulunya yang tampak acak-acakan dengan bentuk bulu yang saling terbalik.
  • Kenari Belgia
    Kenari ini memiliki bentuk yang unik sehingga mirip dengan burung yang memiliki cacat, gaya berdiri burung ini sangat berbeda dimana kepalanya yang kecil ini selalu lebih rendah bahunya.
  • Kenari Scoth Fancy
    Kenari yang tampak seperti bertulang bengkok ini adalah salah satu jenis kenari yang populer dikembang biakan dan dipelihara sebagai burung jenis postur atau tipe. dilombakan karena bentuk tubuhnya bukan suaranya.
  • Kenari Gibber Italicus
    Kenari ini bisa dibilang memiliki keunikan ganda, selain bulunya yang menggulung dan terbalik seperti halnya kenari Frill,bentuk badanya juga bungkuk seperti kenari belgia dan kalau sedang berdiri tegak ia akan terlihat seperti angka tujuh.
  • Kenari Crested
    Kenari ini memiliki keunikan seperti halnya kenari border dan kenari norwich yang memiliki jambul di kepalanya. dikenal juga dengan sebutan " King of Fancy" dimana jambul tebal yang ada ditengah kepalanya tersebut bila mengembang akan menutup matanya, bahkan merata hingga bagian belakang kepala sehingga kenari inipun sering juga dijuluki dengan kenari mahkota.

Dari semua jenis kenari tersebut ada beberapa jenis kenari yang populer di negara kita dan bisa ditemukan dipasar-pasar burung adalah :

Kenari Taiwan
Kenari taiwan ini memiliki ciri yang tidak berbeda dengan kenari lainnya yaitu warna bulunya yang kuning. yang membedakan dari kenari lainnya adalah bulunya yang tampak kasar dan kicauannya yang bisa dibedakan dari jenis kenari lainnya yaitu yang dicirikan dengan suara tirrr.. yang cukup panjang dan jarang dilakukan oleh jenis kenari lainnya misalnya lokal. dari segi kualitas kenari jenis taiwan ini sangat jarang digunakan dalam berbagai even ataupun kontes. karena cengkok suara kenari ini tidak dalam dan jarang melakukan kocokan suara serta tidak begitu pandai menirukan suara burung lainnya ( tidak bisa dimaster).

Kenari RRC atau kenari China
Kenari RRC yang banyak di pasaran adalah yang memiliki ukuran tubuh 12-13 cm dan fisiknya yang terlihat ramping. Bulu kenari RRC ini secara umum adalah berwarna kuning keputihan, kualitas suara bisa dibilang biasa saja dan juga lagu yang dinyanyikannya pun tidak terlalu tebal dan tidak bisa bersuara keras. akan tetapi kenari RRC ini memiliki keunggulan diatas Kenari Taiwan yang memiliki ukuran badan lebih besar ini yaitu memiliki cengkok suara yang sangat dalam dan kocokan suara yang sangat baik. Burung kenari jenis inipun sangat jarang digunakan dalam even atau kontes burung dan sering dipelihara hanya sebagai burung rumahan (klangenan) saja.

Kenari Gloster
Seperti sudah disebutkan diatas kenari gloster ini memiliki dua jenis yaitu jambul ( Gloster Corona) dan non jambul ( Gloster Consort), kualitas suara bisa dibilang cukup baik, dan sering digunakan dalam even ataupun kontes burung. Suaranya tidak berbeda dengan kenari holland.

Kenari Holland
Menurut catatan, kenari holland adalah hasil persilangan dari berbagai jenis kenari yang didatangkan dari inggris, jerman dan belgia. penangkar kenari dari belanda ini secara konsisten menyilangkan kenari tersebut dengan kenari lokal belanda yang menghasilkan beberapa jenis kenari unggulan, Kenari holland ini sendiri merupakan kenari penyanyi dan tidak tergolong dalam jenis resmi didunia. Sebutan kenari holland ini hanya ada di indonesia saja karena memang kenari ini adalah kenari impor dari belanda. Ukuran tubuh kenari holland ini berukuran 13-14 cm, warna bulunya pun sangat beragam misalnya kuning, coklat, merah wortel dan bond. kenari hollang ini juga sering digunakan dalam even atau kontes burung karena suara kicauannya yang bisa dibilang cukup memiliki nilai kualitas, karena selain tebal dan keras, suara variasinya pun cukup banyak dan cengkok suaranya serta kocokan suaranya bisa mengalun secara berulang apalagi jika terus dilatih. kelebihan tersebut karena kenari holland ini merupakan keturunan dari kenari jenis border, keunggulan lain adalah lehernya yang akan menggembung dan menjadikan burung ini tampak menarik dipandang terlebih sewaktu berkicau.

Kenari Yorkshire
Kenari yorkshire ini bisa ditemukan di pasaran burung, bahkan ada beberapa jenis kenari ini yang merupakan hasil silangan dengan kenari holland dan juga silangan dengan kenari gloster, yang mana kenari yorkshire hasil silangan tersebut tidak memiliki kualitas suara yang bagus seperti halnya kenari yorkshire impor (asli), Jenis kenari ini termasuk kenari yang banyak digunakan dalam even atau kontes burung dan kadang menjadi salah satu burung favorit dalam arena tersebut karena suaranya yang berkualitas. kualitas suara dari yorkshire ini sendiri bisa dibilang masih kalah dari jenis holland dari segi cengkok suara dan variasi suaranya. namun ketebalan dan kekerasan suaranya yang membuat kenari yorkshire ini banyak diminati penggemar kenari di indonesia .

Kenari Silangan lokal

Perkembangan kenari di indonesia sendiri sudah banyak kemajuan, dan penangkaran kenari pun sudah banyak bermunculan di seluruh wilayah di indonesia, sehingga kenari hasil silangan pun banyak ditemukan dipasar-pasar burung. Kenari yang disilang dengan jenis kenari lainnya adalah kenari yang paling banyak dicari dan populer dipelihara di sini, misalnya kenari yorkshire yang disilangkan dengan jenis lain misalnya betina holland ataupun betina lokal, dimana anakannya mulai diperdengarkan dengan burung-burung masteran, keberadaan kenari tersebut menjadi salah satu alternatif dikarenakan mahalnya harga burung-burung impor di pasaran indonesia. 


Setelah kenari dengan kenari kini bisa juga ditemukan kenari Black-ken yang merupakan hasil silangan antara Blackthroat jantan dengan kenari betina biasa atau dari jenis lain. dari situlah muncul lagi kenari jenis Black-Sang yang merupakan silangan antara Blackthroat jantan dengan Elde Sanger Betina. 

Pelopor kenari silangan di indonesia dikenal berasal dari Malang, dimana kota ini juga menjadi salah satu penghasil kenari-kenari yang dipasarkan keseluruh indonesia.  perkembangan kenari silangan lokal inipun tidak berhenti sampai disitu masih ada banyak penangkar yang menyilangkan beberapa kenari dengan jenis lain dan akan terus bereksperimen hingga suatu hari nanti akan muncul kenari yang memiliki ciri khas dan menjadi kebanggaan sebagai kenari produk indonesia. 


Semoga bermanfaat dan Salam Kicau!

Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus