Manfaat oatmeal atau sereal gandum bagi kenari

1/03/2014
Musim hujan bagi sebagian burung kicauan adalah saat-saat mereka kehilangan sebagian waktunya untuk berjemur dan memperoleh kehangatan. Kondisi cuaca yang terlalu dingin akan membuat burung cenderung lebih senang berdiam diri sambil mengembangkan bulu-bulunya untuk tujuan menghangatkan tubuhnya.  Bagi kenari, musim hujan adalah waktunya bagi mereka berhenti beraktifitas, kenari yang tadinya rajin berbunyi mendadak berkurang kegacorannya selama musim hujan tersebut.


  
 Untuk itu, jika ingin burung kenari sobat tetap dalam kondisi sehat dan aktif dengan suara nyanyiannya terutama di musim hujan dalam konsisi suhu yang dingin, maka pakan alternatif bisa sobat berikan pada burung kenari kesayangan, terutama untuk menjaga kondisi kesehatan mereka saat cuaca dan suhu sedang dingin-dinginnya.


  • Pakan alternatif yang bisa diberikan pada kenari selama suhu dingin adalah oatmeal atau bubur gandum / sereal gandum. Pakan ini bisa diberikan baik sebagai pakan tambahan yang dicampurkan bersama pakan biji-bijian atau ditempatkan dalam wadah terpisah setelah sebelumnya dilumatkan hingga menjadi butiran kecil dan bisa diberikan selama musim hujan berlangsung.
  • Selain itu, untuk pakan alternatif lainnya adalah eggfood. Eggfood adalah pakan tambahan (Ekstra Fooding) dengan telur rebus sebagai bahan dasar dari makanannya. 
  • Sedangkan untuk pakan buah dan sayuran yang bisa diberikan selama musim dingin maupun musim hujan adalah mentimun serta potongan buah jeruk, kedua jenis buah dan sayuran tersebut sangat cocok diberikan pada musim dingin maupun musim penghujan.

Di musim hujan ini terutama jika kondisi suhu terus menerus dalam kondisi yang sangat dingin, burung kenari yang hanya diberikan pakan biji-bijian akan rentan mengalami kelebihan protein yang bisa terlihat dari kakinya yang berwarna kemerahan. Lalu bagaimana mengatasi kenari yang mengalami kelebihan protein tersebut ?  Untuk itu sobat bisa juga memanfaatkan oatmeal / sereal gandum sebagai pakan alternatif sehari-harinya.




Apa saja manfaat lain dari oatmeal atau sereal gandum jika diberikan pada burung kenari kita ?  Sereal gandum yang biasa diberikan pada anak - anak ternyata memiliki manfaat yang sama jika diberikan pada burung sejenis kenari. Selain berfungsi menjaga kondisi tubuh selama musim hujan / musim dingin, sereal yang terbuat dari gandum utuh  yang bisa didapatkan dengan mudah di pasar maupun supermarket ini juga berfungsi sebagai :

  • Obat Sakit diare / mencret pada burung kenari
    Makanan ini juga bisa menjadi obat alternatif untuk menyembuhkan sakit diarea tau mencret pada burung kenari, baik yang masih anakan atau dewasa.
  • Mengembalikan berat badan kenari yang kurus / dada nyilet
    Bagi sobat yang memiliki kenari terlalu kurus dengan tulang dada yang tajam (nyilet), maka mereka tidak akan bisa diternakan karena terlalu kurus, mengabaikan kondisi tersebut juga bisa mengakibatkan hal yang lebih fatal pada burung tersebut. Untuk mengatasinya, sobat bisa memberikan makanan sereal gandum atau oatmeal ini sebagai makanan mereka sehari-hari untuk mengembalikan kembali berat badan burung yang hilang.
  • Menurunkan kolesterol
    Kandungan serat baik yang terdapa pada sereal gandum / oatmeal ini mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh, selain itu juga sangat cocok digunakan sebagai terapi untuk mengatasi kenari yang mengalami obesitas atau kegemukan.
  • Antioksidan
    Selama ini antioksidan dianggap hanya bisa diperoleh melalui pakan buah-buahan dan sayuran saja, tetapi penelitian lebih lanjut menunjukan bahwa antioksidan juga terdapat dalam sereal gandum/oatmeal.
  • Anti inflamasi
    Makanan ini terbukti mampu mencegah berbagai masalah dan gangguan kesehatan
  • Bersifat Mengenyangkan
    Sereal gandum atau oatmeal terdiri dari serat dan karbohidrat yang kompleks sehingga membuat burung kenari yang mengkonsumsi sedikit makanan ini cepat merasa kenyang, yang berimbas pada burung yang menjadi lebih aktif, lincah dan rajin berbunyi. Burung kenyang tentu akan memiliki energi yang cukup untuk semua aktifitas tersebut bukan ?

Dalam penggunaannya , terkadang ada burung yang tidak mau memakan makanan lain selain biji-bijian atau sayuran, hal itu biasanya karena burung tersebut sedari anakan tidak pernah dikenalkan dengan pakan alternatif lain selain biji-bijian dan sayurannya, namun banyak juga kenari yang memang menyukai makanan ini dan langsung makan dengan lahap. Jadi jika dalam penerapannya , burung kenari anda tidak mau menyentuh ataupun memakannya, maka latihlah terlebih dahulu untuk mengenali jenis makanan ini dengan cara mencampurkannya bersama pakan biji-bijiannya.

Semoga bermanfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close