Mengatasi Mabung Tidak Tuntas pada Burung

1/01/2014
Mabung merupakan proses alami yang terjadi pada hewan sejenis unggas termasuk burung kicauan. Proses ini memang cukup memakan waktu pada saat mabung tersebut terjadi beberapa tahap yaitu merontokan bulu, memunculkan selongsong bulu yang terdiri dari protein dan keratin dan memecah selongsong bulu. Namun terkadang , berbeda dengan proses mabung sempurna yang di alami oleh burung liar sehingga proses tersebut bisa berjalan dengan waktu yang singkat dan tidak terlalu lama, pada burung peliharaan , proses mabung tersebut kadang terganggu yang akibatnya mengganggu metabolisme burung dan secara langsung manghambat proses dan perkembangan mabung pada burung tersebut. 


Proses gangguan pada burung ini memunculkan istilah mabung stress .

Mabung yang tidak tuntas memang menjadi masalah tersendiri bagi para kicau mania , terutama jika burung tersebut termasuk burung lomba atau burung yang sedang ditawarkan dalam sebuah forum jual beli, coba anda bayangkan sendiri kalau menjual burung dalam keadaan setengah botak, hehehe

Mabung yang tidak tuntas itu sendiri, bisa saja terjadi akibat beberapa faktor seperti misalnya burung yang sedang mabung dipaksakan untuk terus bekerja, misalnya dilombakan ataupun burung yang ngedrop / jatuh sakit sewaktu mereka sedang dalam masa mabung.

Untuk mengatasi masalah macet mabung ini, beberpa hal berikut bisa anda terapkan pada burung yang sedang berada dalam kondisi tersebut. 


Burung dibuat menjadi ngedrop, disini kita akan berusaha membuat burung kita mau menghentikan aktifitas berkicaunya dengan membuat burung ngedrop, dengan demikian energi yang ada akan digunakan untuk meneruskan kembali mabung yang terganggu tersebut.  

Membuat ngedrop burung bisa dengan cara mengurangi atau menghentikan pemberian pakan tinggi protein seperti jangkrik sedangkan untuk kroto tentu tergantung jenis burung yang mengalami macet mabung tersebut, karena ada beberapa jenis burung yang begitu diberikan kroto mereka langsung ambrol , tetapi ada juga jenis burung yang diberikan kroto malah membuatnya semakin aktif dan naik birahinya, sehingga menghambat proses mabung tersebut. 

Selain itu menghentikan mandi dan jemur juga salah satu cara untuk membuat burung kembali memasuki masa mabungnya yang sempat terhambat. 

Memberikan full kerodong juga menjadi salah satu alternatif agar burung lebih fokus pada masa mabungnya dan tidak terlalu banyak melakukan aktifitas. 

Alternatif perawatan lain seperti meletakan beberapa kulit jeruk didasar sangkar dari burung yang macet mabung tersebut, sembari memberikan full kerodong juga bisa mempercepat burung cepat mengalami rontok bulu, karena zat yang terdapat dari kulit jeruk bisa menghasilkan kelembaban dalam sangkar tersebut.   Kulit jeruk yang digunakan bisa menggunakan kulit jeruk apa saja yang penting kulit dari jeruk tersebut berukuran tebal dan tidak tipis. 

Untuk metode lain adalah dengan cara menjemur burung sembari memberikan kerodong lalu, bagian luar dari kerodong tersebut diberikan semprotan halus dengan menggunakan sprayer yang biasa digunakan mandi burung, hal ini sama dengan cara menggunakan kulit jeruk diatas yaitu untuk menciptakan kelembaban dalam sangkarnya, yang bisa merangsang burung untuk meneruskan mabungnya yang terganggu. 

Nah, itulah beberapa hal seputar burung yang mengalami kondisi macet mabung, untuk membantu permasalahan diatas, selama burung mabung sebaiknya burung dilengkapi kebutuhan gizi dan nutrisinya dengan baik, misalnya dengan menyediakan suplemen khusus perawatan mabung seperti BirdMolt Pre atau BMP yang merupakan produk terkenal reputasinya dari omkicau. 

Semoga bermanfaat


Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close