close
close


Mengenali perilaku cockatiel dalam penangkaran

Bagi anda yang sedang mencoba menangkarkan Cockatiel, mungkin informasi singkat mengenai tahapan perkembang-biakannya ini bisa berguna bagi anda, selamat menyimak.


Pertanda awal dari proses perkembang biakan cockatiel ini dimulai oleh burung jantan. Setelah melakukan perkawinan burung jantan akan bergegas mencari dan memasuki kotak sarang atau gelodoknya , setelah berada didalamnya ia akan berkicau untuk memanggil burung betina agar segera menghampirinya didalam kotak sarang tersebut. Dan setelah beberapa lama burung betina akan menuju dan memasuki kotak sarang dimana terdapat burung jantan didalamnya.

Setelah keduanya berada didalam kotak sarang tersebut maka dimulailah tahap awal perkembang biakan ketika burung jantan mulai keluar dari kotak sarangnya sedangkan burung betina tetap berada didalam kotak sarang atau gelodoknya tersebut untuk mempersiapkan diri untuk bertelur . Nah, pada saat saat inilah dibutuhkan tempat yang aman dan tenang bagi mereka.

Hal ini bisa terlihat selama cockatiel jantan melakukan pembuahannya tidak akan turun dari atas betinanya sebelum menyelesaikan proses pembuahan tersebut. mereka akan memilih posisi yang sempurna untuk menyelesaikan proses tersebut yang juga merupakan salah satu kelebihan dari burung ini. sehingga kemungkinan untuk mendapatkan telur yang infertill sangat jarang terjadi pada cockatiel.

Proses pembuahan ini dimulai ketika anda akan mendengar burung jantan lebih sering bernyanyi dengan kencang dan kadang di iringi tarian dimana burung jantan akan mengangkat sayap mereka dan melakukan banyak gerakan di tenggerannya, pada saat itulah burung betina akan mulai mengambil posisi dan siap untuk dikawinkan oleh sang jantan.

Pada saat burung betina akan mulai bertelur ,burung jantan akan berada di dalam atau didekat kotak sarangnya dan kadang juga ia terliha didalam kotak sarangnya bersama burung betina seolah merayakan kehadiran telur pertamanya.
Kedua burung ini akan bergantian mengerami telur mereka dan kadang mereka juga akan berbagi masing-masing telur untuk dierami (dibagi dua).

Kalau anda memeriksa kotak sarang dengan betina didalamnya maka ia akan berbunyi seperti marah dan mencoba menjaga telurnya. kalau sudah begitu ia tidak akan meninggalkan telur-telurnya dan akan tetap didalam kotak sarangnya.

Setelah Telur menetas, Burung jantan maupun betinanya juga sama -sama merawat piyikannya. Burung jantan mungkin akan terlihat lebih agresif terhadap anak-anaknya khususnya diwaktu menyapih, alasannya sederhana saja, ia ingin mereka cepat keluar dari sarangnya untuk memulai proses pembibitan yang baru.

Semoga informasi yang singkat ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencoba menangkarkan burung cockatiel.



Salam Kicau !
Katalog Produk Omkicau

Silakan ajukan pertanyaan maupun komentar seputar tulisan di atas