Seputar Anis Macan dan Anis Cendana

1/26/2014
Nama Anis macan atau anis ampenan dan juga anis cendana mungkin masih terdengar asing di kalangan kicau mania. tetapi kicauannya tidak jauh berbeda dengan kerabatnya yaitu anis kembang.

ANIS MACAN - ANIS CENDANA
Anis macan yang memiliki nama ilmiah Zoothera dohertyi ini merupakan burung endemik di kepulauan Nusa Tenggara, Sumba dan Timor, keberadaannya sudah jarang ditemui di daerah lain yang juga endemik burung ini yaitu lombok dan sumbawa, dan kemungkinan besar habitat mereka didaerah tersebut sudah hampir punah.

Untuk saat ini habitatnya kini mulai terancam oleh perusakan hutan dan penangkapan liar, namun belum ada laporan pasti mengenai berapa jumlah populasi, dan besarnya ancaman terhadap spesis burung ini.  

Sedangkan anis cendana atau dikenal juga dengan nama Zoothera peronii merupakan burung yang juga endemik dari kepulauan Banda, wilayah timur indonesia dan Timor leste. sama seperti kerabatnya anis macan, habitat anis cendana juga sudah mulai terusik oleh perusakan hutan dan penangkapan liar.

Perawatan Anis Macan dan Anis Cendana.

 
Dari segi perawatan hampir rata-rata untuk burung sejenis anis ini memiliki kesamaan dalam perawatannya, baik itu Anis kembang, Anis Merah, Anis Macan ataupun Anis Cendana dan juga jenis burung anis lainnya.

Untuk segi suara dan segi mentalnya, banyak penggemar burung yang lebih cenderung menyukai suara burung dari Anis Cendana yang memiliki kelebihan dalam suara ngeroll dan lagu serta mental yang lebih baik dibanding anis macan. 

Berikut perawatan harian untuk burung anis macan atau anis ampenan dan juga untuk burung anis cendana.

  • Pagi hari burung diembunkan lalu diberikan cacing tanah 2 ekor saja dan jangan lupa ganti air minumnya dengan yang bersih. lalu biarkan sampai matahari mulai terbit.
  • Mandikan burung pada pagi harinya baik dengan cara disemprot atau mandi karamba, setelah mandi burung diangin-anginkan dan diberikan lagi 1 ekor cacing tanah lalu di jemur ditempat yang terkena matahari.
  • Berikan Jangkrik 2 ekor sewaktu burung dijemur, dan Ulat hongkong 2 ekor.
  • Setelah penjemuran dirasa cukup antara satu hingga satu setengah jam burung kembali digantung ditempat yang sejuk.
  • Sore hari burung diberikan jangkrik 2 ekor dan cacing 1 ekor, lalu diberi krodong.
  • Master burung dengan suara masteran dari suara burung, kaset ataupun mp3.
  • Malam harinya burung dibiarkan beristirahat, dan kembali di keluarkan untuk tujuan pengembunan pada pagi-pagi hari sekali.
  • Pemberian kroto bisa diberikan seminggu dua kali saja pada pagi harinya dengan porsi satu sendok teh kecil telur kroto murni.

Memelihara burung sejenis Anis Macan ataupun Anis Cendana ini sebenarnya sangat bermanfaat jika anda juga memiliki Anis Kembang ataupun Anis Merah, karena burung tersebut juga bisa digunakan sebagai pemancing untuk burung AK ataupun AM berbunyi, selain itu pemasteran antar sesama burung anis pun akan saling melengkapi.

Semoga bermanfaat dan salam kicau !
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close