Eggfood sebagai makanan pendamping burung pemakan serangga

2/16/2014
Eggfood adalah sejenis makanan yang dibuat dengan menggunakan telur rebus sebagai bahan dasarnya. Manfaat eggfood yang mengandung protein yang tinggi serta zat-zat yang bermanfat sangat dibutuhkan bagi burung semisal jenis paruh bengkok seperti parkit, lovebird, cockatiel maupun kenari. 


Namun siapa sangka kalau eggfood ini ternyata bisa juga di aplikasikan pada burung pemakan serangga (insectivorous) sebagai makanan pendamping pengganti kroto. Eggfood bisa diberikan pada burung sejenis ciblek atau tledekan gunung, tetapi tidak tertutup juga kemungkinan eggfood ini bisa diberikan pada burung sejenis kacer, murai batu atau anis merah.

Penggemar burung di luar negeri kerap memberikan eggfood pada burung dari jenis pemakan serangga pada burung rawatannya , hal itu cukup wajar mengingat keberadaan kroto segar sangat sulit ditemukan.  

Eggfood di anggap sebagai makanan tambahan yang bisa memenuhi kebutuhan gizi dari burung peliharaan. Bahkan untuk membuatnya pun kita tidak direpotkan dengan mencari bahan-bahannya, lantaran yang digunakan biasanya serangga hidup seperti ulat hongkong dengan telur rebus, baik menggunakan telur ayam, telur bebek atau telur puyuh. 

Untuk membantu anda membuat pakan eggfood ini, berikut adalah resep bagaimana membuat eggfood , baik sebagai pengganti kroto ataupun pakan tambahan baru. 

Bahan yang digunakan :
  • Telur rebus 
  • Tahu putih mentah
Sedangkan bahan lain anda bisa menggunakan semua atau salah satunya saja, yaitu:
  • Ulat hongkong 
  • Kroto
  • Tepung jangkrik
  • Vitamin 
-
Cara membuat:
  • Telur rebus yang sudah matang ini di tumbuk hingga kasar lalu dimasukan dalam blender bersama dengan bahan lainnya (serangga) sampai menjadi butiran lembut. Jika adonan masih terasa kasar bisa dicampur lagi dengan tahu mentah. 
  • Berikutnya anda bisa menambah bahan makanan lain pada adonan tersebut, misalnya tepung jangkrik atau kroto dan Vitamin, lalu diaduk dengan menggunakan sendok, hingga merata.
Pakan racikan yang telah menjadi serbuk itu bisa langsung diberikan pada burung peliharaan anda di rumah. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

loading...