Merawat kenari ala pemula

2/19/2014
Bagi anda yang baru memelihara burung terutama jenis kenari, berikut beberapa tips perawatan harian yang bermanfaat sebagai pedoman dalam merawat burung kenari agar kenari tersebut selalu sehat fit serta rajin berbunyi.  



1. Jauhi aliran sudara 

Menggantung sangkar kenari , baik itu di dalam ruangan ataupun di luar ruangan sebaiknya hindari menggantung sangkar burung tepat di depan aliran udara / hembusan udara misalnya lubang angin, kipas angin, pendingin ruangan atau sumber angin lainnya. Begitu pula di luar ruangan, hindari lokasi dimana ditempat tersebut menjadi arus udara/aliran udara yang cukup kencang. Hal - hal sederhana inilah yang kerap diabaikan oleh banyak penggemar burung dalam merawat burung kenarinya. Untuk mengetahui apakah tempat tersebut terbebas dari aliran udara / arus udara  , bisa dengan menggunakan lilin jika api lilin bergerak itu artinya lokasi tersebut kurang aman bagi burung. Membiarkan burung kenari di tempat tersebut, bisa membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit dan melemahkan sistem kekebalan tubuhnya.

2. Hindari terkena sinar matahari langsung saat terik 

Burung kenari yang selalu diletakkan di lokasi yang sering terkena panas matahari , terutama jika waktu sinar matahari sedang terik-teriknya bisa membuat burung mudah mengalami dehidrasi yang berakhir dengan burung yang stress atau kematian akibat heat stroke. Untuk itu pola penjemuran yang tepat sebaiknya mulia diterapkan dan bisa memberik banyak manfaat bagi burung. Jika ingin menjemur burung kenari, maka waktu yang paling tepat adalah pada pagi hari dan pada sore hari menjelang matahari terbenam. Kalau pun anda harus menjemur burung pada siang hari, maka perhatikan selalu kondisi mereka, jika mulai terlihat burung yang mencoba melepas panas tubuhnya dengan membuka paruh terlebih sambil terengah - engah itu artinya segera pindahkan mereka ke tempat sejuk, atau bisa juga dengan menutupi sebagian atap sangkar dengan kain agar burung bisa berteduh jika panas mulai terik.


3. Menyediakan air bersih

Inliah yang harus menjadi perhatian anda setiap waktu, Kenari memiliki tingkar metabolisme yang tinggi dan tidak bisa hidup tanpa air selama lebih dari 24 jam. berikan air bersih dan segar setiap harinya, jangan berikan air langsung dari keran/ledeng yang mengandung banyak kaforit. Beberapa penggemar burung kenari lebih senang memberikan air mineral pada burung kenarinya agar selalu terlihat lebih segar dan sehat.

4. Menyediakan makanan biji-bijian

Makanan kenari terdiri dari biji-bijian, makanan ini harus selalu disediakan dengan cukup setiap harinya. pakan yang bagus adalah pakan yang mengandung campuran biji-bijian seperti pakan kenari, millet dan niger.

5. Makanan tambahan untuk kenari


Egg food merupakan sumber protein terbesar bagi burung kenari anda terutama selama masa perkembang biakan dan perawatan anak-anaknya. Selain eggfood burung kenari bisa diberikan makanan tambahan berupa buah-buahan dan sayur-sayuran seperti selada , wortel, brokoli, apel dan sebagainya.. 

6. Tulang Sotong

Sediakan tulang sotong dalam sangkarnya karena merupakan sumber penting dari kalsium yang dibutuhkan oleh kenari terutama pada waktu berkembang biak dan bertelur. Tulang sotong banyak dijual di toko-toko pakan burung, sedangkan Grit tidak perlu diberikan pada kenari, karena tidak seperti merpati , tekukur atau perkutut, kenari tidak mengunyah biji-bijian yang keras. 

7. Manfaat Vitamin

Meskipun pemberian pakan sudah dirasa seimbang mulai dari biji, buah, eggfood dsb. tetapi kebutuhan vitamin juga sangat diperlukan dalam beberapa kondisi seperti sakit, stress, dan masa mabung. Vitamin banyak tersedia dalam bentuk cair yang dicampurkan dengan air minumnya atau diberikan langsung pada mulut burung . Vitamin yang bagus dan banyak direkomendasikan oleh kicau mania indoneisa adalah BirdVit salah satu produk unggulan dari omkicau.

8. Jaga kebersihan kandang
 

Sangat penting untuk menjaga kondisi burung kenari agar selalu sehat  misalnya dengan memberikan makanan yang bergizi dan air minum yang selalu bersih. tetapi ada salah satu hal yang penting yang merupakan bagian penting dari perawatan harian burung kenari yaitu kebersihan kandang. Bersihkan kandang setiap harinya agar selalu terhindar dari berbagai sumber bakteri dan penyakit. bersihkan juga tenggeran burung setidaknya seminggu sekali.

9. Mencegah Kutu atau Tungau

Waspada dengan parasit ini, karena mereka bersifat membunuh secara perlahan. dengan menjaga kebersihan kandang serta selalu menggunakan desinfektan yang terpercaya seperti FreshAves akan mampu mencegah pertumbuhan bakteri ataupun tungau-tungau untuk berkembang biak dalam kandang burung. 

10. Periksa  Kuku


Setelah berusia satu tahun atau sebelum ditangkarkan atau kapanpun dibutuhkan, memotong kuku bagi burung kenari yang memiliki kuku yang sangat panjang sangat diperlukan. Gunting kuku yang panjang tersebut dengan sangat hati-hati agar tidak terkena jalur darah yang berada dipangkal kuku.


Begitulah perawatan standar yang biasa dilakukan oleh kicaumania pemula terhadap burung kenari peliharaannya agar burung kenarinya menjadi lebih sehat, lincah, aktif dan mau berkicau dengan lantang. 


Semoga bermanfaat dan Salam Kicau!.
Katalog Produk Omkicau

Artikel Terkait